https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Perceived Value dan Brand Image terhadap Buying Interest

Authors

  • Shinta Ajeng Pratiwi Universitas Islam Bandung
  • Dede R. Oktini Universitas Islam Bandung
  • Nindya Saraswati Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i2.5022

Keywords:

Persepsi Nilai, Citra Merek, Minat Beli

Abstract

Abstract. The transformation of technology is increasingly sophisticated, including the music industry, creating a switch in music formats from traditional formats to digital formats. This switch in music format created digital music streaming application, one of them is Spotify. This study focuses on perceived value, brand image and buying interest. The purpose of this study is to determine the effect of perceived value, brand image on buying interest in premium services for generation Z Spotify users in Bandung City. This research is a type of descriptive and verification research using a quantitative approach. The research method used is the survey method with a questionnaire instrument as a data collection technique. The sampling technique used in this research is nonprobability sampling with purposive sampling. The population in this study were generation Z free Spotify users who live in Bandung City with sample of 195 respondents. The data analysis used in this study is descriptive and verification analysis using multiple linear regression analysis, and hypothesis testing using the F test and T test analysis. The results showed that perceived value partially had a positive and significant effect on buying interest, and brand image partially had a positive and significant effect on buying interest. Perceived value and brand image simultaneously have a positive and significant effect on buying interest.

Abstrak. Transformasi teknologi yang semakin canggih, termasuk pada industri musik, menciptakan peralihan terkait format bermusik dari format tradisional ke format digital. Peralihan format musik ini melahirkan aplikasi streaming musik digital, salah satunya yaitu Spotify. Penelitian ini berfokus pada perceived value, brand image dan buying interest. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perceived value, brand image terhadap buying interest pada generasi Z pengguna Spotify di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z pengguna Spotify gratis yang berdomisili di Kota Bandung dengan sampel sebanyak 195 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying interest, dan brand image secara pasial berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying interest. Perceived value dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying interest.

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Aswaja Pressindo.

Amalia N. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). J Stud Manaj dan Bisnis. 2019;6(2):96–104.

Arifianto FL, Bianka A. Pengaruh Celebrity Endorsement, Pengetahuan Produk, Kemasan Produk Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention. J Kaji Ekon Dan Bisnis. 2023;18(2):148–61.

Aryudi YB. Analisis Pengaruh Perceived Value, Promosi Penjualan Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Pembelian (Studi Pada Pengguna Aplikasi Video Game Gratis). J Ilm FEB. 2021;9(2)

Anjani, D. D., & Tresnati, R. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad di Kota Bandung). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.219

Faratika, N. L. A., Oktini, D. R., & Nugraha, Y. D. (2023). Pengaruh Brand Association dan Price Terhadap Purchase Decision. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 93–100. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2875

Hasanah, L. S. U., & Nurdin. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.542

Nagara, D. N., & Hendrati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 55–61. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001

Priansa D. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemproer. Bandung: Alfabeta, CV.; 2021.

Rahayu, R. O. C., & Mulyaningsih, H. D. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.544

Salimun, Sugiyanto. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Pros Semin Nas Humanis. 2019;563–77.

Sari SP. Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo J Ilm Psikol. 2020;8(1):147.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Setiyawami, editor. Bnadung: Alfabeta, CV.; 2022.

Sitorus, A S et al. Brand Marketing: the Art of Branding. 2022.

Tugiman, Herman, Yudhana A. Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. 2022;9(2):1621–30

Zeithaml VA, Verleye K, Hatak I, Koller M, Zauner A. Three Decades of Customer Value Research: Paradigmatic Roots and Future Research Avenues. J Serv Res. 2020;23(4):409–32.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Shinta Ajeng Pratiwi, Dede R. Oktini, & Nindya Saraswati. (2024). Pengaruh Perceived Value dan Brand Image terhadap Buying Interest . Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 99–106. https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i2.5022