Pengaruh Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Tahu Ratu Khas Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i2.5479Keywords:
kualitas layanan, Lokasi, Keputusan pembelianAbstract
Abstract. Achieving the success of a company is one of them is creating purchasing decisions for consumers, because it will provide benefits to the company in the long term. This is also what Tahu Ratu Rasa Khas Sumedang wants to achieve, experiencing a decline and increase in sales in recent years. This study focuses on the variables of service quality, location, and purchase decision. The purpose of this research is to determine the relationship between service quality and location on purchase decisions at Tahu Ratu Rasa Khas Sumedang in Palabuhanratu, Sukabumi. This research is a descriptive and verificative study with a quantitative approach. The sampling technique used in this study is nonprobability sampling, specifically purposive sampling. The population in this study consists of consumers who have purchased food products from Tahu Ratu Rasa Khas Sumedang, with a sample size of 110 respondents. In this study, it was analyzed using multiple linear regression, F test, T test and coefficient of determination. The results show that service quality partially has a significant effect on purchase decisions, and location partially has a significant effect on purchase decisions. Furthermore, simultaneously, service quality and location significantly affect purchase decisions.
Abstrak. Tercapainya keberhasilan suatu perusahaan salah satunya adalah menciptakan keputusan pembelian pada konsumen, karena akan memberikan keuntungan kepada perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut juga ingin dicapai oleh Tahu Ratu Rasa Khas Sumedang yang mengalami penurunan dan peningkatan.penjualan di beberapa tahun terakhir. Penelitian ini berfokus pada variabel kualitas layanan, Lokasi dan Keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan dan Lokasi terhadap Keputusan pembelian pada usaha Tahu Ratu Rasa Khas Sumedang di Palabuhanratu, Sukabumi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk makanan dari Tahu Ratu Rasa Khas Sumedang dengan sampel sebanyak 110 responden. Dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linear berganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, dan Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Lalu secara simultan kualitas layanan dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian.
References
Apriyani, D. A. (2017). ( Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo ). 51(2), 1–7.
Dinata, M. F., Muradi, M., & Kartini, D. S. (2018). Komunikasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Pengembangan Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(2), 150–162. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i2.1663.
Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). Unitomo Press.
Nur Indahsari, L., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1, 51–60. https://doi.org/10.58561/margin.v1i1.18
Nurlia, L. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v3i1.75
Puspitasari, N. B. (2018). Consumer’s Buying Decision-Making Process in E-Commerce. E3S Web of Conferences, 31.
Saota, S., Buulolo, P., & Fau, S. H. (2021). Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di UD. TRIAL VELA kecamatan fanayama kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 135–142.
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303
Syahriyah, A., & Arifiansyah, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Nako Depok. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8), 3429–3434. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.1061
Rosyidi, M. A. Z., Muhtarom, A., & Khitam, M. C. (2023). Analisis Harga, Cita Rasa, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian Pada Usaha Wakhid Pentol (Metode Structural Equation Modeling (Sem) – Partial Least Square (Pls)). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, Vol. 16, N(10.46306/jbbe.v16i1), : 2721-7213. 10.46306/jbbe.v16i1.300
Zulfikri, A., & Iskandar, Y. (2022). Strategi Pengembangan UMKM Industri Kuliner Di Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi. Jurnal Multidisiplin West Science, 01(01), 42–49. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jmws/article/view/12%0Ahttps://wnj.westscience-press.com/index.php/jmws/article/download/12/7