Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB <p><a title="JRMB" href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis </strong>(JRMB)</a> adalah jurnal <em>peer review</em>&nbsp;dan dilakukan dengan&nbsp;<em>double blind review</em>&nbsp; yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian manajemen. <strong><a title="Jurnal Riset Manajemen Bisnis" href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB" target="_blank" rel="noopener">JRMB</a>&nbsp;</strong>ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan&nbsp; eISSN&nbsp; <a title="eISSN JRMB" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210715371185706" target="_blank" rel="noopener">2798-6608 </a>yang diterbitkan oleh <a title="UPT Publikasi" href="https://publikasi.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">UPT Publikasi</a>,&nbsp;<a title="unisba" href="https://www.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Islam Bandung</a>. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini ter-<em>indeks </em>di&nbsp;<a title="JRMB" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;authuser=9&amp;user=F7oWTLYAAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>,&nbsp;<a title="Id Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/25650" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>,&nbsp;<a title="doi" href="https://search.crossref.org/?q=unisba&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a>, dan&nbsp;<a title="DOAJ" href="https://doaj.org/search/journals?ref=quick-search&amp;source=%7B%22query%22%3A%7B%22filtered%22%3A%7B%22filter%22%3A%7B%22bool%22%3A%7B%22must%22%3A%5B%7B%22terms%22%3A%7B%22bibjson.publisher.name.exact%22%3A%5B%22Universitas%20Islam%20Bandung%22%5D%7D%7D%5D%7D%7D%2C%22query%22%3A%7B%22query_string%22%3A%7B%22query%22%3A%22universitas%20islam%20bandung%22%2C%22default_operator%22%3A%22AND%22%2C%22default_field%22%3A%22bibjson.publisher.name%22%7D%7D%7D%7D%7D" target="_blank" rel="noopener">DOAJ</a>.&nbsp; Terbit setiap <strong>Juli</strong> dan <strong>Desember.</strong></p> en-US uptpublikasi@unisba.ac.id (Muhardi) JRMB@unisba.ac.id (Unang Arifin) Fri, 05 Jul 2024 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Creative Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan PT. AHRS https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3012 <p class="07StyleBodyAbstrak" style="line-height: normal;"><span lang="SV" style="letter-spacing: .2pt;"><strong>Abstrak. </strong>Dengan berkembangnya industri kreatif tentunya menuntut organisasi untuk menjadikan karyawannya semakin kreatif baik secara perorangan ataupun tim. Pentingnya peran pimpinan dalam organisasi akan sangat mempengaruhi kualitas hasil dari kinerja yang dilakukan oleh karyawan. Salah satu yang harus diperhatikan oleh pimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan melihat creative self-efficacy yang dimiliki karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan SPSS 25. Pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Metode penarikan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan di PT. AHRS yang berjumlah 68 karyawan. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) gaya kepemimpinan, creative self-efficacy, dan kinerja karyawan di PT. AHRS termasuk ke dalam kategori baik. 2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di PT. AHRS. 3) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara creative self-efficacy terhadap kinerja karyawan di PT. AHRS. 4) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara gaya kepemimpinan dan creative self-efficacy terhadap kinerja karyawan di PT. AHRS.</span></p> <p class="07StyleBodyAbstrak" style="line-height: normal;"><strong><span lang="SV" style="letter-spacing: .2pt;">Abstract. </span></strong>The development of the creative industry, of course, requires organizations to make their employees more creative, both individually and as a team. The importance of the leadership role in the organization will greatly affect the quality of the performance results carried out by employees. One thing that must be considered by leaders in improving employee performance is to look at the creative self-efficacy of employees. This research uses descriptive and verification methods using a quantitative approach and operates the calculations using SPSS 25. Collecting data obtained through questionnaires, observation, and literature study. The sampling method is nonprobability sampling using a saturated sampling technique. Respondents in this study were employees at PT. AHRS totaled 68 employees. The results of the study found that: 1) leadership style, creative self-efficacy, and employee performance at PT. AHRS is included in the good category. 2) there is a significant and positive influence between leadership style on employee performance at PT. AHRS. 3) there is a significant and positive influence between creative self-efficacy on employee performance at PT. AHRS. 4) there is a significant and positive influence between leadership style and creative self-efficacy on employee performance at PT. AHRS.</p> Kirenia Hasna Bilqis, Firman Shakti Firdaus Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3012 Sat, 06 Jul 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Bandung pada Pandemi Covid-19 https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3013 <p><strong>Abstrak. </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi kerja, disiplin kerja, dan kinerja pegawai di Dinas Kesehatan Kota Bandung pada masa pandemi Covid-19, serta untuk menguji seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja berada pada ketegori baik, disiplin kerja berada pada kategori sangat baik, dan kinerja pegawai berada pada kategori baik. Selain itu motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat pengaruh sebesar 31,4%, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat pengaruh 44,8%, dan motivasi kerja dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat pengaruh 53%.</p> <p><strong>Abstract. </strong>This study aims to describe work motivation, work discipline, and employee performance at the Bandung City Health Office during the Covid-19 pandemic, and to examine the effect of work motivation and work discipline on employee performance. This research is a type of causal associative research with a quantitative approach. The sampling technique used in this study is probability sampling with a total of 96 employees as respondents. Data collection was carried out using questionnaires. Data analysis techniques used in this study were descriptive analysis and verification analysis. The results of this study indicate that work motivation is in the good category, work discipline is in the very good category, and employee performance is in the good category. In addition, work motivation has a positive and significant effect on employee performance with an influence level of 31.4%, work discipline has a positive and significant effect on employee performance with an influence level of 44.8%, and work motivation and work discipline simultaneously have a positive and significant effect on employee performance with an influence level of 53%.</p> Shafa Aula Lathifa, Affandi Iss, Allya Roosallyn Assyofa Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3013 Sat, 06 Jul 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Nakes UPT Puskesmas https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3053 <p><strong>Abstrak. </strong>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja di Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Pasawahan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 104 tenaga kerja dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukan gaya kepemimpinan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Puskesmas Kujangsari dan Pasawahan, dengan pengaruh langsung sebesar 54,32% dan pengaruh tidak langsung sebesar 15,77%. Budaya Organisasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Pasawahan, dengan pengaruh sebesar 4,58% dan pengaruh tidak langsung sebesar 15,77%. Diperoleh bahwa Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Pasawahan. Budaya Organisasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap memberikan pengaruh simultan sebesar 86,6% terhadap Kepuasan Kerja, sedangkan sisanya sebesar 13,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini.</p> <p><strong>Abstract. </strong>The purpose of this study was to determine the effect of leadership style and organizational culture on job satisfaction in Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Pasawahan. This research method uses a quantitative approach with descriptive analysis and multiple regression analysis. This research source uses primary data. The data collection in this study used a questionnaire. The sample of this study were 104 health workers using total sampling technique. The results of this study indicate that leadership style has a significant influence on job satisfaction in Puskesmas Kujangsari dan Pasawahan, with a direct effect of 54.32% and an indirect effect of 15.77%. Organizational Culture has a significant influence on the work satisfaction in Puskesmas Kujangsari Puskesmas Pasawahan, with an direct effect of 4.58% and an indirect effect of 15.77%. It was found that leadership style and organizational culture had a significant influence on job satisfaction in Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Pasawahan. Organizational culture provides a significant influence on giving a simultaneous influence of 86.6% on job satisfaction, while the remaining 13.4% is influenced by other factors not observed in this study.</p> Prasta Osakawa Tambora, Muhardi, Albert Hendarta Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3053 Sat, 06 Jul 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Perawat https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3154 <p><strong>Abstrak.</strong> Rumah Sakit Tentara Nasional Indonesia (RS TNI) merupakan salah satu rumah sakit yang melayani keluarga besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat. Pada tahun 2014 telah terjadi perubahan system yang mendasar pada rumah sakit dikarenakan berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Perubahan ini khusunya system tata kelola keuangan dan pembiayaan menjadi pemicunya perubahan kinerja pegawai Rumah Sakit khususnya perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran gaya kepemimpinan situasional, gambaran motivasi kerja, gambaran kinerja perawat, pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja perawat, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja perawat, dan pengaruh gaya kepemimpinan situasional dan motivasi kerja terhadap kinerja perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Dustira. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan situasional kepala keperawatan termasuk kategori baik, motivasi kerja kategori tinggi dan kinerja perawat termasuk<br />dalam kategori sangat baik. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan sangat rendah gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja perawat (2,19%), terdapat pengaruh signifikan sangat rendah motivasi kerja terhadap kinerja perawat (3,48%), dan terdapat pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien (sebesar 5,7%).</p> <p><strong>Abstract.</strong> The Indonesian National Army Hospital (RS TNI) serves the extended family of the Indonesian National Army (TNI) and the community. In 2014 there has been a fundamental system change in hospitals due to the enactment of the National Health Insurance (JKN) which provides health insurance for all Indonesian people. This change, especially the financial governance and financing system, is the trigger for changes in the performance of hospital employees, especially nurses. The purpose of this study is to know and analyze situational leadership style, work motivation, nurse performance, the influence of situational leadership style on nurse performance, the influence of work motivation on nurse performance, and influence of situational leadership style and work motivation on nurse performance in the inpatient room of Dustira Hospital. The results showed that the situational leadership style of the head of nursing included the good category, high category work motivation, and nurse performance included in the excellent category. In addition, there was a very low significant influence of situational leadership style on nurse performance (2.19%), there was a very low significant effect of work motivation on nurse performance (3.48%), and there was a significant influence of hospital image and service quality on patient loyalty (by 5.7%).</p> Muhammad Hilmy Ayundra, Sri Suwarsi, Aminuddin Irfani Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3154 Mon, 08 Jul 2024 00:00:00 +0800 Kegiatan Pengelolaan Bank Sampah dalam Clean and Green di Perguruan Tinggi https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3432 <p><strong>Abstrak. </strong>Sampah merupakan masalah yang tidak terpecahkan dari tahun ke tahun, penyebab limbah sampah semakin bertambah jumlahnya Penelitian ini di lakukan di perguruan tinggi Universitas Islam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sampah di Bank Sampah Clean and Green dan mengetahui peran Bank sampah sebagai pusat daur ulang dan pengurangan sampah pada skala lokal. Menjaga keberlanjutan operasional bank sampah merupakan hal yang penting. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi, sedangkan pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kelompok internal pengelolaan bank sampah terdiri dari aktivis lingkungan, <em>Cleaning service</em>, lalu manajemen pengelolaan. Sedangkan media yang digunakan adalah media sosial, lalu pengumuman fisik, dan diskusi. Lalu komunikasi yang digunakannya pertemuan tatap muka dan chat grup.</p> <p>Sampah merupakan masalah yang tidak terpecahkan dari tahun ke tahun, penyebab limbah sampah semakin bertambah jumlahnya Penelitian ini di lakukan di perguruan tinggi Universitas Islam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sampah di Bank Sampah Clean and Green dan mengetahui peran Bank sampah sebagai pusat daur ulang dan pengurangan sampah pada skala lokal. Menjaga keberlanjutan operasional bank sampah merupakan hal yang penting. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi, sedangkan pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kelompok internal pengelolaan bank sampah terdiri dari aktivis lingkungan, <em>Cleaning service</em>, lalu manajemen pengelolaan. Sedangkan media yang digunakan adalah media sosial, lalu pengumuman fisik, dan diskusi. Lalu komunikasi yang digunakannya pertemuan tatap muka dan chat grup.</p> <p><strong>Abstract. </strong>Garbage is a problem that is not solved from year to year, the reason is that the amount of waste continues to increase. This research was conducted at Bandung Islamic University. This research aims to analyze waste management at the Clean and Green Waste Bank and determine the role of the Waste Bank as a recycling and waste reduction center on a local scale. Maintaining the sustainability of waste bank operations is important. The method used was descriptive qualitative with an ethnographic approach, while the data collection used in this research was interviews and observation. The results of this research showed that the internal waste bank management group consisted of environmental activists, cleaning services, and management. Meanwhile, the media used are social media, then physical announcements and discussions. Then the communication used is face-to- face meetings and group chats<em>.</em></p> Ajeng Siti Fatimah Azzahra, Dadi Ahmadi Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3432 Sat, 20 Jul 2024 00:00:00 +0800 Manajemen Proyek Pengembangan Sistem Informasi PPDB dengan Metode Agile Scrum https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3916 <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV">SMP Swasta Ikal Medan masih menerapkan pendekatan konvensional dalam menerima peserta didik baru, dengan proses pengelolaan data yang dilakukan secara manual yakni menggunakan Microsoft Excel, yang terkadang memakan waktu lama dan kurang efisien. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan mengatasi kendala tersebut, penelitian ini dilakukan untuk manajemen proyek mengembangkan sistem penerimaan peserta didik baru. Sistem ini dirancang dengan mengikuti alur data yang sudah ada dalam sistem konvensional yang saat ini digunakan oleh sekolah. Metode pengumpulan data untuk pengembangan sistem ini dilakukan melalui wawancara dan observasi yang mengacu pada metode agile scrum. Pemanfaatan metode Agile Scrum efektif dalam merencanakan, merancang, mengembangkan dan mengelola proyek Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Swasta Ikal Medan. Perancangan dan implementasi mencapai target dari kebutuhan product backlog. Review Sprint menyatakan bahwa sebagian besar daftar product backlog telah berhasil dikerjakan tepat waktu. Namun, terdapat product backlog untuk fitur tambahan yang belum selesai karena masih berada dalam tahap pengerjaan. Prioritas untuk menyelesaikan fitur tambahan tersebut menjadi penting untuk memastikan keseluruhan backlog dapat diselesaikan dengan efisien dalam waktu yang ditetapkan.</span></p> <p><strong><span lang="SV">Abstract. </span></strong>SMP Swasta Ikal Medan still applies a conventional approach in accepting new students, with data management processes carried out manually using Microsoft Excel, which sometimes takes a long time and is less efficient. In an effort to improve efficiency and overcome these constraints, this research is conducted to project manage the development of a new student admission system. This system is designed to follow the existing data flow in the conventional system currently used by the school. Data collection methods for system development are conducted through interviews and observations that adhere to the Agile Scrum method. The utilization of Agile Scrum method is effective in planning, designing, developing, and managing the New Student Admission (PPDB) project at SMP Swasta Ikal Medan. The design and implementation have achieved the target from the product backlog requirements. Sprint reviews indicate that most of the product backlog items have been successfully completed on time. However, there are backlog items for additional features that are not yet completed as they are still in progress. Prioritizing the completion of these additional features is crucial to ensure that the entire backlog can be efficiently completed within the specified time frame.</p> Nafi Beckhamsyah Siahaan, Yahfizham Yahfizham Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3916 Sat, 20 Jul 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/4019 <p><strong>Abstrak. </strong>Kinerja merupakan perilaku nyata yang ditunjukkan oleh setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan lingkungan kerja dalam perusahaan dan beban kerja stres kerja merupakan faktor-faktor penting yang dapat memengaruhi kesejahteraan dan produktivitas karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana beban kerja dan stres kerja karyawan berkorelasi dengan kinerja karyawan di tempat kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur, digunakan untuk mengevaluasi dan mensintesis hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan mengenai hubungan antara beban kerja, stres kerja, dan kinerja karyawan. Diketahui bahwa beban kerja yang tidak seimbang dapat menyebabkan kelelahan, penurunan motivasi, dan peningkatan tingkat absensi, yang pada akhirnya berdampak negatif terhadap kinerja pegawai. Selain itu, stres kerja yang tidak terkelola dengan baik dapat menurunkan kemampuan pegawai untuk fokus, mengambil keputusan, dan berkolaborasi secara efektif. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya strategi manajemen stres dan pengaturan beban kerja yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai dan mencapai kinerja yang optimal. Temuan dari studi literatur ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi manajer dan praktisi sumber daya manusia dalam merancang kebijakan dan program yang mendukung kesehatan mental dan fisik pegawai.</p> <p><strong>Abstract. </strong>Performance is the actual behavior demonstrated by each person as a work achievement produced by employees according to the work environment within the company. Workload and work stress are important factors that can affect employee well-being and productivity. The purpose of this research is to explore how employee workload and work stress correlate with employee performance in the workplace. This type of research is a literature study, used to evaluate and synthesize relevant previous research findings regarding the relationship between workload, work stress, and employee performance. It is known that an imbalanced workload can lead to fatigue, decreased motivation, and increased absenteeism rates, ultimately negatively impacting employee performance. Additionally, poorly managed work stress can reduce employees' ability to focus, make decisions, and collaborate effectively. This research also highlights the importance of stress management strategies and better workload management to enhance employee well-being and achieve optimal performance. The findings from this literature study are expected to provide insights for managers and human resource practitioners in designing policies and programs that support the mental and physical health of employees.</p> Risma Sukmawati, Cecep Hermana Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/4019 Sat, 20 Jul 2024 00:00:00 +0800 Akuntansi Aktivitas https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3243 <p class="07StyleBodyAbstrak" style="line-height: normal;"><span lang="SV"><strong>Abstrak. </strong>Akuntansi aktivitas dikenal sebagai <em>Activity-Based Costing</em> (ABC) yang merupakan metode yang lebih akurat dalam pengalokasian biaya overhead ke produk atau layanan. Akuntansi aktivitas menyajikan informasi mengenai aktivitas-aktivitas dan biaya aktivitas yang sesungguhnya dibandingkan dengan rencananya sehingga memberikan umpan balik untuk membuat tindakan koreksi yang diperlukan. Tujuan akuntansi aktivitas adalah untuk mengukur efisiensi dan efektivitas pengelolaan biaya dalam suatu organisasi. Akuntansi aktivitas dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti perencanaan, pengendalian, penilaian kinerja, penetapan harga, dan pengambilan keputusan. Mengevaluasi seberapa baik perusahaan menangani biayanya adalah inti dari akuntansi aktivitas. Di antara banyak aplikasi akuntansi aktivitas adalah pengambilan keputusan, penetapan harga, evaluasi kinerja, pengendalian, dan perencanaan. Data yang kami buat ini merupakan jenis kajian pustaka kualitatif. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan mengumpulkan sumber pustaka sebagai sumber informasi yang berasal dari tinjauan literatur kualitatif yaitu buku, terbitan berkala, dan ensiklopedia adalah beberapa sumber perpustakaan yang paling berharga untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian.</span></p> <p class="07StyleBodyAbstrak" style="line-height: normal;"><strong>Abstract. </strong>Activity accounting, or Activity-Based Costing (ABC), is a more accurate method of allocating overhead costs to products or services. Activity accounting is based on tracking cost and performance data on activities thereby minimizing or eliminating allocations based on chance, activity accounting relies on monitoring performance. Activity accounting presents information about activities and actual activity costs compared to plans, thus providing feedback to make necessary corrective actions. Activity accounting can be used for various purposes, such as planning, controlling, performance assessment, pricing, and decision-making. Evaluating how well a company handles its costs is the essence of activity accounting. Among the many applications of activity accounting are decision-making, pricing, performance evaluation, controlling, and planning. The data we created is a type of qualitative literature review. The research steps were carried out by collecting library sources as sources of information originating from qualitative literature reviews, namely books, periodicals, and encyclopedias, which are some of the most valuable library sources for collecting information for research.</p> Khoirun Nisa’ Zahrotul Fitriyah; Ahmad Shodiq Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/3243 Sat, 20 Jul 2024 00:00:00 +0800