Kajian Peranan Pariwisata Halal Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Untuk Peningkatan Sektor Pariwisata Pulau Lombok

Authors

  • Arina Gita Nararya
  • Ivan Chofyan
  • Bambang Pranggono

DOI:

https://doi.org/10.29313/jpwk.v17i1.592

Keywords:

Kriteria Pariwisata Halȃl, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Peranan KEK Mandalika

Abstract

Islam memberikan dorongan kepada umatnya untuk berinovasi dalam keilmuan selama yang terkandung di dalamnya tidak menyimpang dari syariat Islam. Salah satunya kegiatan melakukan perjalanan atau pariwisata. Dalam nawacita terdapat program pengembangan 10 (sepuluh) destinasi wisata nasional, salah satunya berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok yang akan dibangun dalam konsep pariwisata halal. Hasil analisis menunjukan kriteria yang diperlukan dalam pariwisata halal diantaranya terdapat fasilitas ibadah yang layak, terdapat makanan halal atau jaminan makanan tidak mengandung babi dan olahan bahan haram lainnya, serta kegiatan yang dilakukan terhindar dari kemusrikan, dan tindakan tercela lainnya. Pulau Lombok pernah mengalami bencana gempa bumi berkekuatan 7 (tujuh) Skala Ritchers yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerugian karena hancurnya rumah penduduk dan sarana prasarana pariwisata. Peranan KEK Mandalika untuk meningkatkan kembali sektor pariwisata di Lombok, yaitu menguatkan hubungan manusia dengan Allah, memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Lombok, membantu pelestarian budaya masyarakat lokal.

References

Ardana, I., dkk. 2020. Kesiapan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Untuk Berkontribusi Dalam Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah. Journal of Economics and Business, 6(2), 102 - 113. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v6i2.50

Awalia, H. (2017). Komodifikasi Pariwisata Halal NTB dalam Promosi Destinasi Wisata Islami di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi, 1(1), 19-30. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i1.64

Ferdiansyah, Hendry. 2020. PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA MELALUI KONSEP SMART TOURISM. Jornare. 2(1)

Hamzana, A. 2017. Pelaksanaan Standarisasi Pelayanan Pariwisata Halal dalam Pengembangan Pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Pena Justisia. 17(2)

Humaidi, M. (2021). PENGANTAR ILMU USHUL FIQH: Periodisasi, Sumber, dan Metode Istinbath Hukum. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=uyJeEAAAQBAJ

Mahsun, M., Bagiastra, I. and Gadu, P. (2019) “BIMTEK MANAJEMEN KEUANGAN PEDAGANG CENDERAMATA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA KUTA LOMBOK TENGAH”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 8(2), pp. 87-94. doi: 10.47492/jih.v8i2.15.

Oktarini, P. W., & Atmadi, G. (2020). Manajemen Krisis Destinasi Wisata Pasca Bencana Tsunami Selat Sunda oleh Humas Pemerintah. 02(02), 28–38.

Oktorie, O., & Padang, U. N. (2019). Model kebijakan responsif pemulihan bencana letusan gunung sinabung. September.

Permadi, L. A., Darwini, S., Retnowati, W., Wahyulina, S., Kunci, K., & Muslim, W. (2018). Persepsi dan preferensi wisatawan muslim terhadap sarana dan prasarana wisata halal di lombok (studi kasus kawasan ekonomi khusus mandalika). 4, 57–70.

Rachmiatie, Atie., dkk. 2020. STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA HALAL STUDI KASUS IMPLEMENTASI HALAL HOTEL DI INDONESIA DAN THAILAND. Amwaluna. 4(1)

Rinuastuti, B. H., Saufi, A., & Asmony, T. (2019). PENGARUH POSITIF PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN HIDUP DAN NILAI CO CREATION PADA KOMUNITAS DI LINGKAR KEK MANDALIKA. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 8(3), 234–243. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.444

Sari, F., dkk. 2019. Persepsi, Sikap dan Minat Pariwisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking. 2(2)

Sayekti, N. 2019. STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA. Kajian. 24(3)

Sector, P., Tahun, M., & Bengkulu, U. M. (2019). MODEL PENTAHELIK DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA SEMARANG Tri Yuniningsih Titi Darmi Susi Sulandari Tri Yuningsih : Model Pentahelik Dalam Pengembangan .. 3(2).

Semiawan, J. R. R. P. D. C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC

Subarkah, Alfawi Ridho. 2018. Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat. Intermestic: Journal of International Studies, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 188-203

Suteja, I Wayan. 2018. POTENSI KULINER LOKAL DALAM MENUNJANG CULLINARY TOURISM DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Media Bina Ilmiah. 12(12)

Wulandari, Sri. 2019. Communication Marketing Strategy For Mandalika Special Economic Zone As The 2018 Post Earthquake Priority Destination By The West Nusa Tenggara Tourism Office. JCOMMSCI. 2(3)

Yunarni, B. dan Haris, A. 2020. Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 4(3)

Zulkifli, L., Syukur, A., Idrus, A. A., & Mahrus, M. (2020). Penyuluhan Strategi Konservasi dan Pengembangan Ekowisata Mangrove di Desa Mertak Sebagai Daerah Penyangga KEK Mandalika Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.574

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Gita Nararya, A. ., Chofyan, I. ., & Pranggono, B. . (2022). Kajian Peranan Pariwisata Halal Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Untuk Peningkatan Sektor Pariwisata Pulau Lombok. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.29313/jpwk.v17i1.592

Issue

Section

Articles