STUDI PERUBAHAN TINGKAT KEKUMUHAN PERMUKIMAN NELAYAN DI KELURAHAN SUNGAI LIAT KECAMATAN SUNGAI LIAT KABUPATEN BANGKA

Authors

  • Windy Fiona Viska
  • Dadan Mukhsin

DOI:

https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.326

Keywords:

permukiman kumuh, penataan, tingkat kekumuhan

Abstract

Perkembangan penduduk yang tinggi mengakibatkan meningkatnya kepadatan penduduk maupun peningkatan kepadatan bangunan untuk permukiman, terjadinya peningkatan kebutuhan sarana prasarana untuk melakukan aktivitas dalam memenuhi kebutuhan hidup. Peningkatan kebutuhan ruang tersebut hampir disertai dengan pertumbuhan dan perkembangan permukiman kumuh di suatu kawasan. Kabupaten Bangka adalah kabupaten yang memiliki kawasan kumuh, yaitu kawasan permukiman nelayan Sungailiat yang terletak di Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat. Bila dibiarkan tanpa penanganan perbaikan akan memperluas kawasan kumuh. Usaha yang ditempuh pemerintah untuk mengatasi hal ini adalah melalui pelaksanaan program penataan permukiman kumuh yang telah dilaksanakan sejak dulu dengan berbagai pendekatan. Salah satu program pemerintah dalam menangani kawasan kumuh adalah menata permukiman kumuh secara ideal diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan dan masyarakat berpenghasilan rendah melaui penataan dan perbaikan kualitas pada kawasan yang sangat kumuh. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perubahan tingkat kekumuhan setelah adanya penataan permukiman kumuh terhadap masyarakat nelayan Sungailiat. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menilai tingkat kekumuhan berdasarkan 29 indikator. Analisis menggunakan klasifikasi tinggi, sedang dan rendah dalam penilaian, sedangkan secara kualitatif dilakukan dengan memberikan argumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan tingkat kekumuhan yaitu kumuh sedang menjadi kumuh ringan. Rekomendasi dari studi ini adalah perlunya menidaklanjuti studi ini lebih mendalam dengan melibatkan seluruh komponen dari program penataan permukiman kumuh dan melalukan penanganan terhadap 7 indikator yang berubah.

References

CA Doxiadis. (1970). Ekistics, the science of human settlements. JSTOR.
Grigg, N. S., & Washington, Y. (2003). Water, Wastewater, and Stormwater Infrastructure Management.
Komarrudin. (1997). Menelusuri Pembangunan Perumahan dan Permukiman. Yayasan REI Jakarta.
Masyhuri. (2014). PEMBIAYAAN USAHA PERIKANAN TANGKAP DAN MOBILITAS SOSIAL NELAYAN. Jurnal Masyarakat & Budaya, 16(1). Karya.2000. Studi Pengembangan Penataan Kawasan Permukiman Nelayan Kota dan Desa.
Direktorat Jenderal Cipta Karya. 1997. Kamus Tata Ruang. Jakarta: Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum, Ikatan Ahli Perencana Indonesia.
Direktorat Jendral Perumahan dan Permukiman, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2002. Petunjuk Operasional Penilaian Tingkat Kekumuhan.
RTRW Kabupaten Bangka Tahun 2010 - 2030.
Undang-undang Nomor 01 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Published

2021-11-03

How to Cite

Fiona Viska, W. ., & Mukhsin, D. . (2021). STUDI PERUBAHAN TINGKAT KEKUMUHAN PERMUKIMAN NELAYAN DI KELURAHAN SUNGAI LIAT KECAMATAN SUNGAI LIAT KABUPATEN BANGKA. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 16(2), 32–39. https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.326

Issue

Section

Articles