PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA KOTA BANDUNG

Authors

  • Firari Giannindra

DOI:

https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.325

Keywords:

pariwisata, sarana promosi, daya tarik wisata, motivasi wisatawan, media sosial

Abstract

Kota Bandung memiliki berbagai potensi yang dapat menjadi daya tarik wisatanya. Namun, potensi ini belum terekspos seluruhnya karena kurangnya mediasi mengenai tempa-tempat wisata tersebut. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pertukaran informasi menjadi semakin cepat. Hal tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mediasi yang lebih efektif. Kementrian Pariwisata dapat menjadikan media sosial instagram sebagai sarana promosi pariwisata dan meningkatkan daya tarik wisata serta motivasi wisatawan di Kota Bandung. Dengan adanya penyampaian pendapat dan aspirasi warga dari artikel ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Kementrian Pariwisata untuk lebih mengefektifkan mediasi keindahan alam Indonesia melalui media sosial instagram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan pemberian kuesioner terhadap 20 responden yang berusia 17-22 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.  Dari data-data yang didapat melalui kuesioner, dapat disimpulkan bahwa instagram dapat dijadikan salahsatu media promosi wisata Kota Bandung.

References

Atiko, Gita, dkk. 2016. Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial oleh Kementrian Pariwisata RI (Studi Deskriptif pada Akun Instagram @indtravel).
Fotis, J., Buhalis, D., Rossides, N. 2011. Social Media Impact on Holiday Travel Planning. The Case of the Russian and the FSU Market. International Journal of Online Marketing.
Hamzah, Yeni Imaniar. 2013. Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.
ITB World Travel Trends Report. 2016.
McIntosh, R. 1977. Social Tourism. Annal of Tourism Research. Pergamon. Jurnal Ilmiah
Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 01 Tahun 2013 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Tahun 2012-2015 Kepariwisataan Daerah Tahun 2012-2025.
Prihandini, Fetiyana Luthfi. 2015. Tingkat Pemanfaatan SocialMedia terhadap Branding Pariwisata Jawa Tengah oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah.
Rukmiyati, Ni Made dan Suastini, Ni Made. 2016. Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan.

Published

2021-11-03

How to Cite

Giannindra, F. . (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA KOTA BANDUNG. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 16(2), 26–31. https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.325

Issue

Section

Articles