ANALISIS DAYA DUKUNG KAWASAN WISATA PANTAI SEBANJAR KABUPATEN ALOR DALAM MENDUKUNG PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN

Authors

  • LELY AKLIYAH
  • MUHAMMAD ZULKARNAIN UMAR

DOI:

https://doi.org/10.29313/jpwk.v13i2.266

Keywords:

Pariwisata, Pantai Sebanjar, Daya Dukung, Berkelanjutan

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang dapat menunjang pengembangan suatu wilayah. Indonesia memilki potensi dan daya tarik wisata alam keanekaragaman hayati yang secara optimal perlu dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. Pantai Sebanjar merupakan salah satu potensi wisata yang dimilki oleh Kabupaten Alor dan khususnya Desa Alor Besar. Walaupun objek wisata ini menjadi favorit wisatawan lokal, pengembangan wilayah ini sebagai daerah tujuan wisata masih belum optimal. Untuk dapat mengoptimalkan kawasan wisata tersebut, salahsatu aspek yang harus dilihat adalah daya dukung yang tersedia di kawasan tersebut sehingga di masa yang akan datang perkembangan pariwisatanya dapat berkelanjutan. Untuk menunjang tujuan itu, maka dalam studi ini dilakukan analisis daya dukung kawasan wisata Pantai Sebanjar. Berdasarkan hasil analisis, dihasilkan bahwa kondisi Kawasan Wisata Pantai Sebanjar belum melebihi kapasitas daya dukung, dimana daya dukung Kawasan Wisata Pantai Sebanjar yaitu sebesar 28.931 orang pengunjung dengan luas kawasan wilayah baik zona darat maupun perairan adalah 492.484 m2.

References

Kecamatan Alor Barat Laut. 2012. Alor Barat Laut Dalam Angka 2012 . Pemerintah Kecamatan ABAL. Alor.
Yulinda, F. 2007. Ekowisata Sebagai Alternatif Pemenfatan Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi. Bogor. MSP – FPIK IPB.
Umar, Muhammad Zulkarnain. 2013. Strategi Untuk Mengembangkan Pantai Sebanjar Sebagai Objek Pariwisata Unggulan di Kabupaten Alor Propinsi NTT. Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung.

Published

2021-10-09

How to Cite

AKLIYAH, L., & UMAR, M. Z. (2021). ANALISIS DAYA DUKUNG KAWASAN WISATA PANTAI SEBANJAR KABUPATEN ALOR DALAM MENDUKUNG PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 13(2). https://doi.org/10.29313/jpwk.v13i2.266

Issue

Section

Articles