https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Kapasitas Jalan Dalam Menentukan Jalur Alternatif di Area Persimpangan Jalan Joglo Baru, Kembangan, Jakarta Barat

Authors

  • Eva Reshinta Universitas Negeri Jakarta https://orcid.org/0009-0009-6391-3994
  • Sucahyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Jakarta
  • Ode Sofyan Hardi Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29313/jpwk.v18i2.2585

Abstract

Kemacetan merupakan salah satu dampak negatif dari masalah trasnportasi. Pada jam sibuk sering terjadi kemacetan dikarenakan kapasitas jalan yang tidak memadai maka terjadilah ketidakmampuan jalan untuk menangani lalu lintas. Persimpangan Jalan Joglo Raya Baru merupakan persimpangan yang berada di Jalan Joglo Raya, Kecamatan Joglo, Kelurahan Kembangan, Jakarta Barat. Jalan Joglo Raya itu sendiri berada di wilayah pemukiman yang terdapat tempat urusan pemerintahan, Pendidikan, dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Jalan Basoka Raya dan Jalan Strategi Raya dapat dijadikan jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan di titik Persimpangan Jalan Joglo Raya Baru dlihat dari volume lalu lintas dan kapasitas jalan yang ada. Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodologi analisis deskripsi survey dengan teknik pengumpulan data dengan survey volume lalu lintas, kapasitas jalan, dan tingkat kemacetan. Volume kendaraan di Jalan Joglo Raya arah Jakarta dan arah Tangerang didapatkan angka 993,08 dengan VCRatio 0,50 dengan kelas kemacetan Level C. Jalan Basoka Raya memiliki volume kendaraan rata-rata 457,44 di kedua arahnya dengan VCRatio 0,092 dengan kelas kemacetan Level A. Sedangkan Jalan Strategi Raya memiliki rata-rata volume kendaraan 229,91 dengan VCRatio 0,092 dengan kelas kemacetan Level A. Masalah kemacetan di Persimpangan Jalan Joglo Baru dapat di atasi dengan menggunakan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah pada saat jam sibuk.

References

Akhirul, A., Witra, Y., Umar, I., & Erianjoni, E. (2020). Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk Terhadap Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 1(3), 76-84.

Ariani, N. A. & Susanti. (2015). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Financial Literacy Mahasiswa Angkatan 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). 3(2):1-11.

Bertarina, O. M., Lestari, F., & Safitri, D. (2022). Analisis Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Raya Za Pagar Alam di Bawah Flyover Kedaton Kota Bandar Lampung). Jurnal Teknik Sipil ITP, 30-36.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta. (1991). Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 228 Tahun 1991 Tentang Batas Wilayah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta. (2022). Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2022 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Perencanaan Provinsi DKI Jakarta.

Hidayat, R. & Sapha, D. (2017). Dampak Kemacetan Terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. 2(1):176-186.

Jakarta. Badan Pusat Statistik. (2021). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis.

Jakarta. Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. (2017). Data Jaringan Jalan DKI Jakarta.

Kadarisman, M. (2017). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Rosada.

Kawulur, M., O., D., Naukoko, T., A., & Maramis, Th.B., M. (2020). Analisis Dampak Kemacetan Terhadap Ekonomi Pengguna Jalan Depan Tugu Taman Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 20 No.01.

Lomendra, V. P., Sharmila, J., Roubina, D., Gannes, S. N. M., & Zabeen. (2018). Assessing The Dimensions on Customer Satisfaction in Commercial Bank of Mauritius. Studies in Business and Economics. 14(1):259-270. https://doi.org/10.2478/sbe-2019-0020.

Rahane, S.K., & Saharkar, U.R. (2014). Traffic Congestion-Causes and Solutions: A Study of Talegaon Dabhade City. Journal Inf. Know. Res. Civil Engineering. 10(3):160-163.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD. Bandung: Alfabeta.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan & Rekayasa Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Reshinta, E., Sucahyanto, & Sofyan Hardi, O. (2023). Analisis Kapasitas Jalan Dalam Menentukan Jalur Alternatif di Area Persimpangan Jalan Joglo Baru, Kembangan, Jakarta Barat. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 18(2), 53–61. https://doi.org/10.29313/jpwk.v18i2.2585

Issue

Section

Articles