https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

ANALISIS POLA DAN ESTIMASI PERGERAKAN BARANG SEBAGAI PERTIMBANGAN PRIORITAS PEMBANGUNAN JALAN DI KABUPATEN BENGKALIS - PROVINSI RIAU

Authors

  • Tonny Judiantono

DOI:

https://doi.org/10.29313/jpwk.v11i2.255

Keywords:

pola pergerakan barang, estimasi pergerakan barang, linkage, node

Abstract

Bagi daerah dengan luas daerah yang besar, kepadatan penduduk rendah dan sebaran penduduk tidak merata seperti Kabupaten Bengkalis, maka identifikasi pola pergerakan dan estimasi pergerakan barang sebagai pendorong perekonomian daerah menjadi bagian pertimbangan penting dalam penyediaan sarana dan prasarana transportasi. Melalui analisis regresi atas gunalahan eksisting dan rencana pengembangannya di masa datang terhadap data OD, disintesiskan dengan analisis LQ, dan Shift-share atas data produksi beberapa komoditi unggulan Kab.Bengkalis, dapat disimpulkan bahwa pembangunan jaringan jalan internal Kabupaten Bengkalis dan sarana pendukungnya yang terintegrasi (linkage) melalui titik-titik simpul (node) dengan ruas jalan menuju arah Sumatera Utara, Pekanbaru dan Sumatera Selatan penting untuk mendapat prioritas pembangunan guna mendukung pergerakan barang di internal dan eksternal Kabupaten Bengkalis.

References

Bappeda Kab.Bengkali, 2006. Masterplan Transportasi Kabupaten Bengkalis 2006 – 2016
BPS Kab.Bengkalis, 2005. Kabupaten Bengkalis dalam Angka 2005.
Glasson, John., 1982. An Introduction to Regional Planning, 2nd ed. Hutchinson, London.
Mc.Donald, Patricia A,2003. The Movement of People and Goods : Its Challenges, Economic Impacts and Its Future Trans, Vermont Agency of Transportation
Ortuzar S., Juan de Dios, Luis G. Willumen, 1994, Modelling Transport, 2nd ed., John Willey & Sons, New York, USA.
Siregar Muchtarudin, 1990.Beberapa Masalah Ekonomi dan Managemen Pengangkutan, Fakultas Ekonomi UI, Jakarta .
Taaffe, Edward J.,et.all. 1996, Geography of Transportation, 2nd ed, Prentice Hall, New Jersey, USA.
Tamin, Ofyar Z, 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung, Penerbit ITB.

Published

2021-10-08

How to Cite

Judiantono, T. (2021). ANALISIS POLA DAN ESTIMASI PERGERAKAN BARANG SEBAGAI PERTIMBANGAN PRIORITAS PEMBANGUNAN JALAN DI KABUPATEN BENGKALIS - PROVINSI RIAU. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 11(2). https://doi.org/10.29313/jpwk.v11i2.255

Issue

Section

Articles