ANALISIS POLA DAN ESTIMASI PERGERAKAN BARANG SEBAGAI PERTIMBANGAN PRIORITAS PEMBANGUNAN JALAN DI KABUPATEN BENGKALIS - PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.29313/jpwk.v11i2.255Keywords:
pola pergerakan barang, estimasi pergerakan barang, linkage, nodeAbstract
Bagi daerah dengan luas daerah yang besar, kepadatan penduduk rendah dan sebaran penduduk tidak merata seperti Kabupaten Bengkalis, maka identifikasi pola pergerakan dan estimasi pergerakan barang sebagai pendorong perekonomian daerah menjadi bagian pertimbangan penting dalam penyediaan sarana dan prasarana transportasi. Melalui analisis regresi atas gunalahan eksisting dan rencana pengembangannya di masa datang terhadap data OD, disintesiskan dengan analisis LQ, dan Shift-share atas data produksi beberapa komoditi unggulan Kab.Bengkalis, dapat disimpulkan bahwa pembangunan jaringan jalan internal Kabupaten Bengkalis dan sarana pendukungnya yang terintegrasi (linkage) melalui titik-titik simpul (node) dengan ruas jalan menuju arah Sumatera Utara, Pekanbaru dan Sumatera Selatan penting untuk mendapat prioritas pembangunan guna mendukung pergerakan barang di internal dan eksternal Kabupaten Bengkalis.
References
BPS Kab.Bengkalis, 2005. Kabupaten Bengkalis dalam Angka 2005.
Glasson, John., 1982. An Introduction to Regional Planning, 2nd ed. Hutchinson, London.
Mc.Donald, Patricia A,2003. The Movement of People and Goods : Its Challenges, Economic Impacts and Its Future Trans, Vermont Agency of Transportation
Ortuzar S., Juan de Dios, Luis G. Willumen, 1994, Modelling Transport, 2nd ed., John Willey & Sons, New York, USA.
Siregar Muchtarudin, 1990.Beberapa Masalah Ekonomi dan Managemen Pengangkutan, Fakultas Ekonomi UI, Jakarta .
Taaffe, Edward J.,et.all. 1996, Geography of Transportation, 2nd ed, Prentice Hall, New Jersey, USA.
Tamin, Ofyar Z, 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung, Penerbit ITB.