Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Penggunaan Fintech terhadap Peran Inklusi Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2826Keywords:
Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Financial Technology, InklusiAbstract
Abstrak. Pada tahun 2021, para pelaku UMKM mulai merasakan peran Inklusi Keuangan dengan menggunakan produk keuangan yaitu Financial Technology, dan menggunakannya untuk pendanaan modal usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Penggunaan Financial Technology, terhadap Peran Inklusi Keuangan dalam Pendanaan Modal UMKM di Kampoeng Radjoet Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan secara parsial berpengaruh secara signifikan, dan memiliki hubungan yang sedang terhadap Inklusi Keuangan. Perilaku Keuangan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Inklusi Keuangan namun memiliki hubungan yang sedang terhadap Inklusi Keuangan. Penggunaan Financial Technology berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan yang kuat terhadap Inklusi Keuangan. Lalu secara simultan Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Penggunaan Financial Technology berpengaruh signifikan terhadap Peran Inklusi Keuangan dalam Pendanaan Modal UMKM di Kota Bandung khususnya di Kampoeng Radjoet.
Abstract. Until 2021, MSME players began to feel the role of Financial Inclusion by using financial products, namely Financial Technology. And use it for business capital funding. This study aims to determine the influence of Financial Literacy, Financial Behavior, Use of Financial Technology, on the Role of Financial Inclusion in MSME Capital Funding in Kampoeng Radjoet Bandung. This research is a type of descriptive and verifiative research with quantitative methods. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis used is descriptive and verifiative analysis using multiple linear regression analysis, F test, t test, and coefficient of determination. The results of this study show that Financial Literacy has a partial significant effect, and has a moderate correlation with Financial Inclusion. Financial Behavior has no partial effect on Financial Inclusion but has a moderate correlation with Financial Inclusion. The use of Financial Technology has a significant effect and has a strong correlation to Financial Inclusion. Then simultaneously Financial Literacy, Financial Behavior, and the Use of Financial Technology have a significant effect on the Role of Financial Inclusion in MSME Capital Funding in Bandung City, especially in Kampoeng Radjoet.
References
Al Kholilah, N., & Iramani, R. (2013). Studi financial management behavior pada masyarakat surabaya. Journal of
Business & Banking, 3(1), 69–80.
Bakhtiar, F., Prayoga, R., & Mulya, A. (2022). Analisis literasi keuangan dan financial technology terhadap inklusi
keuangan pada pelaku UMKM perempuan. AKUNTABEL, 19(2), 260–268.
Cruz, L. da, Suprapti, N. W. S., & Yasa, K. (2015). Aplikasi theory of planned behavior dalam membangkitkan niat
berwirausaha bagi mahasiswa fakultas ekonomi unpaz, dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Udayana, 4(12), 895–920.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Sohilauw, M. I. (2018). Moderasi Inklusi Keuangan Terhadap Hubungan Literasi Keuangan dan Keputusan Struktur
Modal UKM: Array. JBIMA (Jurnal Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 92–114.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi.
Wicaksono, E. D. (2015). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Pembayaran Kartu Kredit Pada Karyawan di
Surabaya. Finesta, 3(1), 85–90.