https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Ihsan Dalam Tinjauan Aksiologi Filsafat Islam

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i2.4833

Kata Kunci:

Ihsan, Aksiologi, Filsafat Islam, Etika, Hermeneutik

Abstrak

Ihsan, sebagai nilai etika tertinggi dalam Islam, mencakup dimensi spiritual dan moral, melibatkan kesempurnaan tindakan yang disertai niat tulus dan kesadaran akan kehadiran Allah. Ihsan mencerminkan nilai-nilai seperti keikhlasan, keadilan, kebaikan, kesempurnaan, dan tanggung jawab, yang semuanya berakar pada keyakinan bahwa Allah adalah pengawas tertinggi setiap perbuatan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka untuk mengeksplorasi konsep ihsan dalam perspektif aksiologi filsafat Islam. Analisis dilakukan terhadap hadis, literatur klasik tentang etika Islam, dan karya-karya kontemporer terkait filsafat aksiologi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai moral dan spiritual dalam konsep ihsan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa ihsan memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan seperti etika bisnis, pendidikan, hubungan keluarga, dan interaksi sosial, serta relevan dalam konteks modern, terutama di era globalisasi dan perkembangan teknologi. Ihsan berfungsi sebagai landasan moral dan spiritual yang membantu umat Islam menjaga integritas di tengah perubahan sosial, memberikan panduan untuk menjalani kehidupan yang bermakna sesuai dengan ajaran agama

Referensi

Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452

Abdul Karim Syeikh. (2018). Rekonstruksi Makna Dan Metode Penerapan Amar Ma’Ruf Nahi Munkar Berdasarkan Al-Qur’an. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 2(2), 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4009

Agung, I. M. (2021). Psikologi Amanah: Konsep, Pengukuran, dan Tantangan. Buletin Psikologi, 29(2), 187– 203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.46193

Ahmad, A., & Aljufri, S. (2019). Pendidikan Islam Membentuk Nilai Dan Karakter Peserta Didik. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i1.21

Ahmad Mujahid, & Haeriyyah. (2020). Interpretasi Ayat-Ayat Ihsān Dalam Pengembangan Hukum Islam. Jurnal Mazahibuna, 2(2), 270–283. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mh.v2i2.18274

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Schularism al Attas. In Comparative Secularisms in a Global Age (hal. 1–159). International Institute of Islamic Thought and Civilization. https://ia801808.us.archive.org/23/items/islam-and-secularism-al-attas/Islam-and-Secularism al attas.pdf

Amin, M. (2014). Konsep Keadilan Dalam Perspektif Filsafat Hukum Islam. Jurnal Hukum dan Perundangan Islam, 4(2), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/ad.2014.4.02.322-343

As-Syaibany, O. (1975). Terjemah Falsafah Pendidikan Islam (H. Langgulung (ed.)). Bulan Bintang.

Asilha. (2022). Hadits Soft Sebuah Aplikasi Praktis Pencari Hadits. Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia. https://www.asilha.com/2020/11/02/hadits-soft-sebuah-aplikasi-praktis-pencari-hadits/

Auliana, K. (2024). 3 Pilar Penting Dalam Beragama : Iman,Ihsan, Islam. hijratunaa.com. https://hijratunaa.com/3-pilar-penting-dalam-beragama-imanihsan-islam/

Azra, A. (2000). Islam Substantif. Mizan.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches). SAGE Publications, Inc.

Daud, M. R. H., Muthalib, S. A., & Djuned, M. (2017). Konsep Ikhlas dalam Al-Qur‘An. Tafse: Journal of Qur’anic Studies, 2(2), 180–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/tafse.v2i2.13635

Departemen Agama RI. (2011). AL-QUR ’ AN DAN TAFSIRNYA (Disempurnakan) Jilid 10 Jakarta : Departemen Agama RI. Widya Cahaya.

Firdaus, S. (2017). Relasi Suami Isteri Berbasis Ihsan. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 2(2), 132–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/mahkamah.v2i2.2033

Hadi, N. (2022). Islam, Iman Dan Ihsan Dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi: Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi SAW. Intelektual, 9(April), 196. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ji.v9i01.811

Hakim Maulana, R. Y. A. H. (2023). Konsep Kebahagiaan Perspektif Filsuf Muslim (Al-Farabi dan Al-Kindi). Gunung Djati Conference Series, Volume 19, 828–839.

Hasiah. (2013). Peranan Ikhlas Dalam Perspektif Al- Qur’an. Jurnal Darul ‘Ilmi, 01(02), 21–44.

Hidayah, N., Rosidi, A. R., & Shofiyani, A. (2023). Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Agama Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(2), 190–207. https://doi.org/: https://doi.org/10.54437/juw

Hossein Nashr, S. (2008). Islamic Spirituality. Routledge.

Hulaify, A. (2019). Entitas Budaya Sebagai Karakteristik Etos Kerja Dalam Pespektif Ekonomi Syariah. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 5(1), 31. https://doi.org/10.31602/iqt.v5i1.2141

Ihwanto, M. A., & Sutoyo, A. (2017). Desain Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Ihsan Bagi Siswa MI NU Salafiyah Kudus. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1

Maulana, D. A. M., Sohibul Ansori, & Fitriyana Agustin. (2022). Analisis Penerapan Konsep Kejujuran,Adil, Dan Ihsan Dalam Jual Beli Online Melalui Whatsapp Di Pamekasan. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 2(1), 27–50. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v2i1.223

Murni. (2014). Konsep Ma’riifatulloh Menurut Al-Ghazali ( Suatu Kajian Tentang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak al- Karimah ). Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 2(1), 123–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jar.v2i1.7420

Nawwir, Y. (2021). Penyakit dalam Perspektif Ihsan. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 56. https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.82

Othman, N. S., Zabidi, M. M., Fakhrurrazi, A., Zabidi, M., & Burhan, N. M. (2024). The Concept of Ihsan in Education Based on The Book Ihya‘ Uumuddin. Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies, 33(3), 157–164. https://al-qanatir.com/aq/issue/view/63

PABU, H. (n.d.). Kesempurnaan Dalam Tindakan Menurut Ajaran Islam. PABU: Pundi Amal Bhakti Umat. Diambil 1 September 2024, dari https://pabu.or.id/berita/detail/kesempurnaan-dalam-tindakan-menurut-ajaran-islam

Ramyani, I. (2022). Konsep Ikhlas dalam Implementasi Daqu Method di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Bandung. Jurnal Riset Agama, 2(2), 431–444. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.17909

Saepullah, A. (2021). Tasawuf Sebagai Intisari Ajaran Islam Dan Relevansinya Terhadap Kehidupan Masyarakat Moderen. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 9(2), 109–123. https://doi.org/10.15548/turast.v9i2.1828

Saihu, M., Suparto, S., & Balgis, L. F. (2021). Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 181–198. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1844

Sari, N. M. (2024). Konsep Ikhlas Dan Relevansi Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.62281/v2i6.470

Siregar, A. K., Tobroni, T., & Faridi, F. (2023). Pembentukan Manusia Ihsan dan Karakter Rabbani Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001), 1219–1232. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5940

Syahdan, & Mulkiah, D. S. (2023). Dzikir dan Fikir dalam Pespektif Imam Al Gozali. 5(2), 1–20. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/3827

Syamsuri, S., & Ridwan, M. (2019). Konsep Adil dan Ihsan dalam Transaksi Ekonomi menurut Imam Al-Ghazali dan Pengaruh Tasawuf Terhadapnya (Studi Analisis Terhadap Kitab Ihya’ al-‘Ulum al-Din). Tasfiyah, 3(1), 67. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v3i1.2982

Taufiqurrohman. (2020). Ikhlas dalam Perspektif Al Quran. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(September 2019), 280–312. https://doi.org/: https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.3

Ujud Supriaji. (2021). Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Konsep Pendidikan Karakter Akhlak. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 3(02), 108–116. https://doi.org/10.53863/kst.v3i02.219

Diterbitkan

2024-11-01

Cara Mengutip

Tri Yugo, & Surana, D. (2024). Ihsan Dalam Tinjauan Aksiologi Filsafat Islam. Tamadduna: Jurnal Peradaban, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i2.4833

Terbitan

Bagian

Articles