https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pendugaan Indikator Rasio Angka Partisipasi Sekolah Anak Disabilitas terhadap Nondisabilitas di Pulau Nusa Tenggara Tahun 2023

Authors

  • Adit Kholiq Program Studi Statistika, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
  • Afriani Kartika Putri Program Studi Statistika, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
  • Sri Rohmanisa Simangunsong Program Studi Statistika, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
  • Isnaini Rahma Dewi Program Studi Statistika, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
  • Fayza Zaki Asmi Nuraini Program Studi Statistika, Politeknik Statistika STIS, Indonesia
  • Nofita Istiana Program Studi Statistika, Politeknik Statistika STIS, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29313/statistika.v24i2.4536

Keywords:

Angka Partisipasi Sekolah, Disabilitas, Pendugaan Area Kecil

Abstract

ABSTRAK

Salah satu target dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) adalah menghapuskan diskriminasi di bidang pendidikan, termasuk bagi penyandang disabilitas. Ukuran yang digunakan pemerintah untuk menilai pencapaian target ini adalah rasio angka partisipasi sekolah (APS) anak penyandang disabilitas terhadap nondisabilitas usia 7 – 17 tahun. Namun, pendugaan langsung menghasilkan standard error yang besar. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pendugaan rasio angka partisipasi sekolah anak disabilitas terhadap nondisabilitas berusia 7 – 17 tahun pada tingkat kabupaten/kota di Pulau Nusa Tenggara tahun 2023. Penelitian ini menerapkan metode Small Area Estimation (SAE) dengan pendekatan Hierarchical Bayes (HB). Data penelitian bersumber dari Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan model SAE-HB menghasilkan pendugaan yang lebih presisi daripada pendugaan langsung pada anak disabilitas. Diketahui pula, rasio angka partisipasi sekolah anak disabilitas terhadap nondisabilitas berusia 7 – 17 tahun di Pulau Nusa Tenggara berada pada rentang 40,47 sampai 78,15 dengan Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Rote Ndao berstatus perlu perhatian.

ABSTRACT

One of the targets set out in the Sustainable Development Goals (SDGs) is to eliminate discrimination in education, including for people with disabilities. The measure used to assess the achievement of this target is the ratio of school enrollment rates (APS) of children with disabilities to those without disabilities aged 7-17 years. However, direct estimation results in a large standard error. The objective of this study is to predict the school enrollment ratio of children with disabilities to non-disabled children aged 7-17 years at the district/city level in Nusa Tenggara Island in 2023. This research employs the Small Area Estimation (SAE) method with the Hierarchical Bayes (HB) approach. The research data is sourced from the Badan Pusat Statistik. The findings of this study indicate that the SAE-HB model yields more precise predictions than direct estimation of children with disabilities. Additionally, the school enrollment ratio of children with disabilities to those without disabilitie aged 7-17 years on Nusa Tenggara Island is estimated to be within the range of 40.47 to 78.15, with West Sumba Regency and Rote Ndao Regency identified as requiring attention.

References

Al Faiq, M. F., & Suryaningsi, S. (2021). Hak Anak Penyandang Disabilitas untuk Sekolah. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.56393/nomos.v1i2.568

Anjoy, P., Chandra, H., & Basak, P. (2019). Estimation of Disaggregate-Level Poverty Incidence in Odisha Under Area-Level Hierarchical Bayes Small Area Model. Social Indicators Research, 144, 251–273. https://doi.org/10.1007/s11205-018-2050-9

Bappenas. (n.d.). GOAL 4 - SDGs Indonesia. Retrieved 8 June 2024, from https://sdgs.bappenas.go.id/17-goals/goal-4/

Firmando, G., & Ubaidillah, A. (2021). Pendugaan Area Kecil untuk Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 651–661. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.466

Gusti, N. S. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 532. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3469

Hapsari, E. N., & Ubaidillah, A. (2022). Implementasi Small Area Estimation pada Rata-rata Lama Sekolah Penduduk Disabilitas di Indonesia Tahun 2021. Polstat STIS.

Hasyim, M. N. A., Puspitasari, F., & Veriyanto, A. (2022). Determinan Partisipasi Sekolah Pada Pekerja Anak Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 2(2), 18–25. https://ojs-ejak.id/index.php/Ejak/article/view/36

Kementrian PPPA. (2023). Indeks Perlindungan Anak Tahun 2022.

Kennedy, P. S. J., Tobing, S. J. L., Toruan, R. L., Tampubolon, E., & Nomleni, A. (2019). Isu Strategis Kesenjangan Pendidikan DI Provinsi Nusa Tenggara Timur. 2(1), 619–629.

Mahfiyah, A., & Agoestanto, A. (2021). Pemodelan multilevel survival dengan Bayesian Markov Chain Monte Carlo pada penyakit DBD. Unnes Journal of Mathematics, 10(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/48233%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/48233/20643

Michael, D. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi bagi Penyandang Disabilitas di Universitas Brawijaya. Jurnal HAM, 11(2), 201. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.201-217

Pemerintah Indonesia. (1990). Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of The Child (Konvensi Tentang Hak-Hak Anak).

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. LN.2016/NO.69, TLN NO.5871, LL SETNEG : 70 HLM.

Permatasari, N., & Ubaidillah, A. (2022). Estimation of Education Indicators in East Java Using Multivariate Fay-Herriot Model. Proceedings of The International Conference on Data Science and Official Statistics, 2021(1), 108–118. https://doi.org/10.34123/icdsos.v2021i1.51

Rao, J. N. K., & Molina, I. (2015). Small Area Estimation. Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118735855

Rodliyah, R., & Ubaidillah, A. (2023). Pendugaan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Jenis Kelamin dan Level Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 dengan Pendekatan Model Hierarchical Bayes Berdistribusi Beta dengan Measurement Error. Seminar Nasional Official Statistics, 2023(1), 859–868. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2023i1.1906

You, Y., & Rao, J. N. K. (2002). Small area estimation using unmatched sampling and linking models1. In Canadian Journal of Statistics (Vol. 30, Issue 1).

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles