Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

 Pedoman Umum

 

  • Jurnal Statistika atau JSTAT menerima artikel ilmiah mengenai berbagai aspek teoritis dan aplikasi pada bidang statistika. Artikel dapat berupa hasil penelitian, studi kasus, dan kajian pustaka.

 

  • Naskah yang dikirim merupakan naskah asli yang belum pernah dipublikasikan pada media manapun, atau tidak sedang dikirimkan ke publikasi manapun.

 

  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan memperhatikan kaidah bahasa yang digunakan, dilengkapi dengan Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Abstract dalam Bahasa Inggris. Naskah yang isi dan format yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan JSTAT akan ditolak oleh Dewan Redaksi dan akan dikembalikan kepada penulis.

 

  • Naskah ditulis dengan menggunakan Microsoft Word pada kertas putih berukuran A4 (8.27” x 11.29”). Font yang digunakan dalam badan teks adalah Bookman Old 9pt. Perhatikan bahwa setiap artikel tidak boleh melebihi 15 halaman. Jangan memberikan nomor halaman.

 

Format Naskah

 

JUDUL. Judul naskah ditulis dengan menggunakan font Book Antiqua, bold, berukuran 20-point dan terletak di tengah bagian atas dari halaman pertama; Tulisan judul berjarak dua spasi dengan bagian atas dan dengan tulisan berikutnya (lihat ilustrasi pada halaman depan).

NAMA PENULIS. Nama ditulis dengan menggunakan font Copperplate Gothic Light, bold, berukuran 11-point dan center (lihat ilustrasi pada halaman depan).

AFILIASI. Afiliasi atau Institusi, ditulis dengan menggunakan font Book Antiqua, regular, berukuran 9-point dan terletak di tengah di bawah nama; diikuti dengan dua spasi sesudahnya.

ALAMAT EMAIL. Alamat email diberikan hanya untuk penulis korespondnesi, dan ditempatkan setelah afiliasi ditulis dengan menggunakan font Book Antiqua, regular, berukuran 9-point dan terletak di tengah di bawah afiliasi

ABSTRAK. Sertakan abstrak pada bagian pertama dari makalah. Bagian ini mempunyai judul Abstrak yaitu bold, berukuran 10-point dan block justified, diikuti dengan sebuah titik dan spasi satu karakter, diikuti dengan teks dalam italics. Abstrak menggunakan indentasi 1.5 cm dari bagian kiri dan kanan margin.

KATA KUNCI. Kata kunci dituliskan setelah abstrak. Bagian ini mempunyai judul Kata Kunci yaitu bold, berukuran 9-point dan block justified, diikuti tanda titik dua (:) dan spasi satu karakter, kemudian diikuti setidaknya 3 sampai dengan 5 buah kata kunci yang relevan dengan permasalahan yang sedang ditulis. Kata kunci menggunakan indentasi 1.5 cm dari bagian kiri dan kanan margin.

TEKS. Teks ditulis dengan satu spasi, menggunakan font Bookman Old, regular, berukuran 9-point dan justified. Tidak ada spasi yang diperlukan antar paragraf. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).

UCAPAN TERIMA KASIH. Bagian ini bersifat opsional. Jika disertakan, bagian ini seharusnya diletakkan setelah teks; satu spasi dan justified. Ukuran font yang digunakan adalah Bookman Old 9-point, regular.

DAFTAR PUSTAKA. Daftar pustaka ditulis setelah Ucapan terima kasih. Gunakan font Bookman Old berukuran 8.5-point, regular, dan tidak diberi nomor, serta diurutkan secara alfabet menggunakan gaya Harvard.

 

Struktur Naskah

 

Struktur naskah atau artikel ilmiah meliputi judul, nama penulis dan afiliasinya, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, penutup, ucapan terima kasih, daftar pustaka, serta lampiran-lampiran (jika ada).

 

1)      Judul naskah menggambarkan isi pokok tulisan, ditulis secara ringkas dan jelas.

2)      Nama Penulis dibuat taat azas tanpa penggunaan gelar dan dilengkapi dengan penjelasan asal instansi atau universitas, dan asal negara. Khusus penulis pertama mencantumkan email untuk korespodensi.

3)      Abstrak naskah diketik satu spasi, tidak lebih dari 200 kata dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak menggambarkan intisari dari permasalahan, metode, hasil, dan simpulan, serta dilengkapi kata kunci sebanyak 3 – 5 kata pada bagian bawah abstrak

4)      Pendahuluan meliputi uraian tentang latar belakang masalah, ruang lingkup penelitian, rumusan hipotesis (jika ada), serta tujuan dan manfaat penelitian. Uraian pendahuluan maksimum 20% total halaman.

5)      Tinjauan pustaka memuat tinjauan singkat dan jelas mengenai teori-teori, keterangan-keterangan atau segala sesuatu yang berkaitan dan mendukung masalah yang diajukan baik bersumber pada kepustakaan formal (buku, jurnal, laporan ilmiah tertulis) maupun kondisi nyata yang dapat dibuktikan/diamati.

6)      Metode Penelitian meliputi uraian yang rinci tentang bahan atau data yang digunakan, metoda yang dipilih, teknik, dan cakupan penelitian. Uraian Metode Penelitian maksimum 15% total halaman.

7)      Hasil dan Pembahasan merupakan uraian obyektif tentang hasil-hasil penelitian dan pembahasannya. Hasil bisa dalam bentuk tabel, teks, atau gambar.  Sedangkan dalam pembahasan adalah untuk menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai dan menafsirkan/analisis hasil. Tekankan aspek baru dan penting, sertakan juga bahasan dampak penelitian dan keterbatasannya. Uraian hasil dan pembahasan minimum 45% total halaman.

8)      Simpulan dirumuskan berdasarkan hasil-hasil penelitian.

9)      Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad dengan menggunakan gaya Harvard, dan disesuaikan dengan rincian berikut:

  1. Buku: nama penulis, tahun penerbitan, judul lengkap buku, penyunting (jika ada), nama penerbit, dan kota penerbitan.
  2. Artikel dalam buku: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan, judul buku, nama penyunting, kota penerbitan, nama penerbit, dan halaman.
  3. Terbitan berkala: nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, judul terbitan (bila disingkat, sebaiknya menggunakan singkatan yang baku), volume, nomor, dan halaman.
  4. Artikel dalam internet: nama penulis, judul, dan situsnya, serta disebutkan tanggal mengakses laman tersebut.

10)  Tabel diberi nomor dan judul dilengkapi dengan sumber data yang ditulis dibawah badan tabel, diikuti tempat dan waktu pengambilan data.

11)  Ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta, dan foto diberi nomor dan judul.

12)  Nomor persamaan dimulai dari 1, 2, 3, …, dan seterusnya. Nomor tersebut diletakkan di sebelah kanan persamaan menggunakan tanda titik tiga kali dan diapit oleh kurung. Sebelum persamaan dan sesudah persamaan diberi jarak satu spasi. Persamaan diletakkan di tengah (centre aligned).

 

Pengiriman Naskah

 

Seluruh naskah dikirimkan secara elektornik melalui:

 

https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/statistika/index

 

Pengiriman melalui email tidak diterima. Oleh karena itu diperlukan proses registrasi dan login pada laman web di atas.

 

Proses Review

 

Artikel setelah diterima redaksi akan dikirim kepada Mitra Bestari untuk dinilai, dan hasilnya dapat berupa:

  • Diterima tanpa perubahan
  • Diterima dengan perubahan ringan
  • Diterima dengan perubahan besar
  • Ditolak

Dalam hal perubahan ringan dapat diperbaiki oleh Redaksi, namun untuk perubahan besar, perlu dilakukan sendiri oleh penulis. Diharapkan naskah yang telah diperbaiki oleh penulis, dikembalikan ke Redaksi paling lama 2 minggu. Selanjutnya artikel dikoreksi oleh Dewan Redaksi.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.