https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Variabel yang Menjelaskan Penggunaan Angkutan Umum Trans Semarang Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM)

Authors

  • Alfino Pramuji Akbar Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Indonesia
  • Nurul Fitriani Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Indonesia
  • Bambang Istiyanto Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29313/statistika.v24i2.4397

Keywords:

Angkutan Umum, Variabel Eksogen, Variabel Endogen, Structural Equation Modelling

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan jumlah penduduk turut menyebabkan adanya permasalahan transportasi, seperti kemacetan dan polusi udara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan angkutan umum. Akan tetapi, minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum masih tergolong rendah, tidak terkecuali dengan masyarakat di Kota Semarang. Padahal, saat ini Pemerintah Kota Semarang telah menyediakan transportasi umum modern yaitu Trans Semarang. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk menganalisis variabel-variabel yang menjelaskan penggunaan Trans Semarang dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Metode SEM memungkinkan mengetahui signifikansi pengaruh antar variabel lebih dari satu variabel bebas maupun terikat. Penelitian menggunakan kepuasan penumpang dan kualitas pelayanan sebagai variabel bebas. Adapun persepsi dan perilaku penumpang menjadi variabel terikat. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa empat variabel penelitian dianggap berpengaruh terhadap penggunaan Trans Semarang.

ABSTRACT

The increase in population causes transportation problems, such as traffic jams and air pollution. One effort that can be done is use public transport. However, people’s interest to using  public transport is still relatively low, no exception people in Semarang. In fact, currently The Goverment of Semarang has provided modern public transport, that is Trans Semarang. Therefore, the researcher intends to analyze variables that influence of Trans Semarang usage using Structural Equation Modelling (SEM) method. SEM method makes it posible to determine the significance of influence between variables of more than one independent or dependent variable. Research uses passenger satisfaction and service quality as independent variables. Perceptions and passanger behavior are dependent variables. The result of this research showed that four variables are considered to influence using Trans Semarang.

References

Achmad, Z. (2019). Theory of Planned Behavior, Masihkah Relevan?. (http://zakarija.staff.umm.ac.id/files/2010/12/Theory-of-Planned-Behavior).

Alo, K. Y. M. dan Novianty, R. F. (2024). Persepsi Penumpang terhadap Penerapan Bagasi Berbayar Maskapai Wings Air di Bandar Udara Hajji Hassan Aroebosman Ende. Jurnal Ground Handling Dirgantara, 6(1), pp. 1–7. doi: 10.56521/jgh.v6i1.1078.

Ardini, C. P. dkk. (2022). Integrasi Antarmoda Di Kawasan Poris Plawad Kota Tangerang dengan Prinsip Perancangan Transit Oriented Development. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur, 5(2), pp. 292–301. (https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/index).

Dima, A. dkk. (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Statistika, 23(2), pp. 132–146. doi: 10.29313/statistika.v23i2.2642.

Fakhri, A. F. dan Nugroho, M. S. P. (2018). Karakteristik Perilaku Calon Penumpang Kereta Prameks. Jurnal Arsitektur, 15(2), pp. 87–92. (http://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika).

Helmmie, E. dkk. (2021). Perbandingan Nilai Elastisitas Waktu dan Biaya Perjalanan Saat Menggunakan Transportasi Publik. 24, pp. 330–342.

Immamah, E. dkk. (2023). Kualitas Pelayanan pada Maskapai: Fasilitas dan Perilaku Penumpang. Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 20(1), pp. 1–9.

Isa dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Menggunakan Jasa Angkutan Penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sibolga. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), pp. 164–181. doi: 10.36778/jesya.v2i2.90.

Kasmuri dkk. (2015). Pendekatan Covarian Based SEM dengan Estimasi Bollen-Stine Covariance Based approach SEM with Bollen-Stine Estimation. Jurnal ILMU DASAR, 16(2), pp. 81–88.

Kusumastutie dkk. (2021). Perilaku Berkendara Sepeda Motor pada Siswa SMP Ditinjau dari Izin dan Persepsi Orang Tua. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 8(1), pp. 1–11. doi: 10.46447/ktj.v8i1.298.

Lois, Y. W. dkk. (2021). Analisis Perilaku Penumpang KRL Bogor-Jakarta Kota pada Masa Pandemi dan Pengaruhnya terhadap Pola Perjalanan. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(1), pp. 43–52. doi: 10.24912/jmts.v0i0.10464.

Merfazi, M. dkk. (2019). Persepsi Masyarakat terhadap Kebijakan Trans Koetaradja pada Koridor Pusat Kota - Mata IE dan Pusat Kota - Ajun - Lhoknga Menggunakan Indikator Variabel Laten. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan (JARSP), 2(1), pp. 58–67. doi: 10.24815/jarsp.vlil.

Nadi, M. A. B. (2018). Analisa Pemilihan Moda Transportasi Umum Rute Tanjung Karang – Bandara Radin Inten II Dengan Stated Preference dan Uji Crame’s V. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 2(2), pp. 137–147. doi: 10.35334/be.v2i2.621.

Oktopianto, Y. dkk. (2021). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan (Black Site) dan Titik Rawan Kecelakaan (Black Spot) Provinsi Lampung. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 5(1), pp. 40–51. doi: 10.35334/be.v5i1.1777.

Pamungkas, A. T. dkk. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Bus Trans Patriot Bekasi Dengan Metode Fuzzy Logic. Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, 2(1), pp. 125–132. doi: 10.19184/berkalafstpt.v2i1.909.

Pranatawijaya, V. H. dkk. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), pp. 128–137. doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Primayandi, A. M. dan Gunawan, A. I. (2022). Analisis Persepsi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Terhadap Keamanan dan Kualitas Layanan di Stasiun Bandung. Prosiding Industrial Research, pp. 1040–1044. (https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4367).

Purwaningrum, R. . (2022). Analisis Pengaruh Penggunaan dan Kepuasan Pengguna Terhadap Net Benefits Dengan Variabel Eksogen Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan.

R. Setyo, A. dkk. (2022). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak di Rumah Sakit Marinir Cilandak degan Metode SEM PLS. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(5), pp. 143–161.

Rachmah, D. (2022). Dampak Resiko Umum pada Kepercayaan , Kepuasan dan Niat Merekomendasikan Makanan Halal di Indonesia. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(05), pp. 89–108.

Ratnasih, C. (2016). Analisis Penggunaan Variabel Intervening Terhadap Variabel Endogen (Kasus pada UMKM “X”). Jurnal Manajemen, 4(2), pp. 1–98. (http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/).

Rusmandani, P. dkk. (2022). Model Pemilihan Moda serta Potensi Penggunaan Angkutan Umum dan Non Motorized Transport pada Masa New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 24(1), pp. 62–75.

Sari, C. A. N. dkk. (2021). Analisis Karakteristik Perilaku Perjalanan dan Willingness to Walk Penumpang BRT Trans Jateng (Purwokerto-Purbalingga). Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 1, pp. 221–226. doi: 10.30595/pspfs.v1i.157.

Shofiah, S. dkk. (2023). Road Safety Go To School Sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Berlalu Lintas. Community Development Journal, 4(2), pp. 2136–2140.

Utami, S. dan Suriyani, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Warukin Tanjung pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. JAPB, 3(2), pp. 1125–1137. (http://www.nber.org/papers/w16019).

Utari, N. dkk. (2023). Model Persamaan Struktural Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Pemeriksaan Kesehatan di UPTD Puskesmas Pasir Putih Sawangan Depok. Jurnal Statistika, 16(2), pp. 565–573.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles