https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Antara Pembelajaran di SMK dan Pendapatan Lulusan terhadap Kepuasan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dari Lulusan SMK Menggunakan Structural Equation Modeling

Authors

  • Doni Setyawan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Syukrul Hamdi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29313/statistika.v24i2.4087

Keywords:

SMK, Structural Equation Modeling, Tracer Study

Abstract

ABSTRAK

SMK menjadi lembaga pendidikan formal yang dirancang untuk mempersiapkan siswa agar dapat langsung terlibat dalam dunia kerja. Faktanya, pada tahun 2022 lulusan SMK memberikan kontribusi Tingkat Pengangguran Terbuka tertinggi di Indonesia. Melalui tracer study SMK yang dikembangkan Direktorat Mitras DUDI, Kemendikbudristek bertujuan menyediakan data dan informasi penyelenggaraan pendidikan SMK di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh antara pembelajaran (teori, praktik, dan sikap) di SMK, pendapatan lulusan, dan kepuasan DUDI terhadap lulusan menggunakan Structural Equation Modeling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder dari tracer study SMK 2023. Populasi penelitian ini adalah lulusan SMK yang bekerja dan DUDI pada tahun 2022 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 1538 data yang terdiri dari lulusan yang bekerja dan DUDI (pimpinan perusahaan/lembaga/instansi tempat lulusan bekerja) yang mengisi instrumen tracer study. Teknik analisis data menggunakan pendekatan SEM berbantuan program R-Studio. Model SEM dapat menguji model pengukuran dan struktural secara simultan, serta mengevaluasi signifikansi variabel laten. Penelitian menunjukan data tidak mengikuti distribusi normal multivariat sehingga model diestimasi menggunakan metode Maximum Likelihood with Robust Standard Errors (MLR). Dalam penelitian ini diperoleh ukuran kecocokan model χ2Scaled = 260,7, RMSEA Robust = 0,07, CFI Robust = 0,972, TLI Robust = 0,949, dan SRMR = 0,051. Dengan demikian, model fit dan model yang digunakan dalam penelitian ini dijadikan dasar untuk analisis terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teori, praktik, dan sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan DUDI dari lulusan SMK; dan pendapatan lulusan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan DUDI dari lulusan SMK.

ABSTRACT

SMK are formal educational institutions designed to prepare students for immediate engagement in the workforce. However, in 2022, SMK graduates contribute the highest percentage to the Open Unemployment Rate in Indonesia. The tracer study for SMK, developed by the Direktorat Mitras DUDI, Kemendikbudristek, aims to provide data and information on the implementation of vocational education in Indonesia. Purpose of this research is analyzing the relationship between learning (theory, practice, and attitude) in SMK, graduates' income, and DUDI satisfaction with graduates using Structural Equation Modeling. This quantitative research utilizes secondary data from the 2023 SMK tracer study. The population comprises SMK graduates employed and DUDI in Yogyakarta Special Region Province in 2022. The sample includes 1538 data points from employed graduates and DUDI (company/institution leaders) who completed the tracer study instrument. Data analysis employs SEM using RStudio. SEM tests measurement and structural models simultaneously and evaluates latent variable significance. The data did not follow multivariate normal distribution, so the model was estimated using maximum likelihood with robust standard errors (MLR). The model fit indices were χ2Scaled = 260,7, RMSEA Robust = 0,07, CFI Robust = 0,972, TLI Robust = 0,949, and SRMR = 0,051, indicating a good fit. Results show that theoretical, practical, and attitudinal learning do not significantly influence DUDI satisfaction with vocational school graduates, while graduate income significantly effects DUDI satisfaction with vocational school graduates.

References

Abuhassna, H., Al-Rahmi, W. M., Yahya, N., Zakaria, M. A. Z. M., Kosnin, A. B. M., & Darwish, M. (2020). Development of A New Model on Utilizing Online Learning Platforms to Improve Students’ Academic Achievements And Satisfaction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00216-z

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Anita, K., Wahyudi, A. D., & Susanto, E. R. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Smk Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.213

Badan Pusat Statistik. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2021-2022. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

Badan Pusat Statistik. (2023). Perkembangan Upah Minimum Provinsi (UMP) (Rupiah), 2021-2023. https://sumbar.bps.go.id/indicator/19/193/1/perkembangan-upah-minimum-provinsi-ump-.html

Fahmi, M. P. (2022). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran Terdidik di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(4), 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jep.v4i4.3049

Fantinelli, S., Cortini, M., Di Fiore, T., Iervese, S., & Galanti, T. (2024). Bridging The Gap Between Theoretical Learning and Practical Application: A Qualitative Study in The Italian Educational Context. Education Sciences, 14(2). https://doi.org/10.3390/educsci14020198

H.Kutner, M., J.Nachtsheim, C., Neter, J., & Li, W. (2005). Applied Linear Statistical Statistical Models (Fifth Edit). McGraw-Hill Companies. https://doi.org/10.1080/00224065.1997.11979760

Hair, J., C.Black, W., J.Babin, B., & E.Anderson, R. (2019). Multivariate Data Analysis, Eighth Edition. In Book (8th ed., Vol. 87, Issue 4). Annabel Ainscow. www.cengage.com/highered

Hamdi, S., Ghufron, A., Jaedun, A., Sudiyatno, Djidu, H., Pambayun, N. A. Y., Tafakur, Isnaini, B., & Saputra, T. A. (2022). Laporan Kajian Pengolahan Data dan Analisis Data Hasil Tracer Study Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Pascasarjana UNY dan Direktorat Mitras DUDI.

Hidayati, A. (2015). Relevansi Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kebutuhan Dunia Usaha Dan Industri (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Batang). Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, November. http://snpe.fkip.uns.ac.id

Istiqamah, S. H. N., & Jalal, N. M. (2020). Gambaran Kesiapan Bekerja Pada Siswa SMK Description of Readiness to Work in SMK Students. 4, 74–80.

Korompis, R. C. Y., Lengkong, V. P. K., & Walangitan, M. D. (2017). Pengaruh Sikap Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1238–1249.

Lestari, D. A. (2023). Pengaruh Gaji, Tunjangan Dan Motivasi Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Palma Inti Lestari Di Sei Jernih Bangkinang Kabupaten Kampar Menurut Perspektif Ekonomi Syariah.

Marliana, R. R. (2019). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Pengaruh Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 16(2), 174. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851

Prasasti, A. D., Yohana, C., & Lutfia, A. (2023). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja. Journal of Comprehensive Science, 2(5), 31–41. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.308

Prasetyowati, D., Indiati, I., & Nayla, A. (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan Dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik Di Smk Selama Pandemic Covid 19. Jurnal Riptek, 15(2), 69–74. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.121

R Core Team. (2022). R: A Language And Environment For Statistical Computing. R Foundation For Statistical Computing, Vienna, Austria. https://www.r-project.org/

Rindiantika, Y. (2016). Pengembangan SMK Melalui Dunia Usaha Dan Industri (DUDI):Kajian teoritik. May, 31–48.

Sagala, R., Permana, T., & Permana, E. (2019). Studi Penelusuran Lulusan SMK Program T-Tep Yang Kerja Di Industri Kota Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 105–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/18250

Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2010). A Beginner’s Guide to Structural Equation Modeling. In New York London (Third Edit). Routledge.

Shinta, S. N. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Upah Minimum Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Di Indonesia Tahun 2011-2015. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(2), 185–192. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jep.v15i2.5364

Sodiq, J., Musarokah, S., Hawa, F., & Setyorini, A. (2021). Keterserapan Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang Dalam Dunia Kerja. 7(2), 152–162. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jp3.v7i2.9725

Suhartini, E., Awaluddin, M., & S, M. I. A. (2015). Analisis Kesesuaian Kompetensi Alumni UIN Alauddin Terhadap Kepuasan Stakeholder. Minds, 27–58.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan Kompetensi Kerja Berbasis Integrasi Soft Skills, Hard Skills dan Entrepreneur Skills Program Keahlian Kuliner Melalui Penerapan Teaching Factory SMK. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(8), 152–167. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/596

Utomo, W. (2021). Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 65–72. http://almufi.com/index.php/AJMAEE

Wang, J., & Wang, X. (2020). Structural Equation Modeling: Application Using Mplus ( and R. S. T. David J. Balding, Noel A.C. Cressie, Garrett M. Fitzmaurice, Harvey Goldstein, Geert Molenberghs, David W. Scott, Adrian F.M. Smith (ed.); 2nd ed). Hoboken: John Wiley & Sons.

Yoopetch, C., Nimsai, S., & Kongarchapatara, B. (2021). The Effects of Employee Learning, Knowledge, Benefits, and Satisfaction on Employee Performance and Career Growth in The Hospitality Industry. Sustainability (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/su13084101

Yulianti, I., & Khafid, M. (2015). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Kemampuan Soft Skills Terhadap Tingkat Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 389–403.

Yundari, T., & Artati, D. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Keuangan. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/830

Downloads

Published

2024-12-04

Issue

Section

Articles