https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Matematika di Universitas Negeri Medan

Authors

  • Eliya Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Juliana Tampubolon Universitas Negeri Medan
  • Sudianto Manulang Universitas Negeri Medan
  • Sisti Nadia Amalia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.3257

Keywords:

Mahasiswa Tingkat Akhir, Skripsi, Stres

Abstract

ABSTRAK

Stres adalah respons adaptif individual terhadap stimulus yang dianggap mengancam, dapat dialami oleh siapa saja, termasuk mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi tingkat stres mahasiswa tingkat akhir S1 Matematika di Universitas Negeri Medan, dengan penekanan pada penyusunan tugas akhir (skripsi). Beberapa faktor, seperti tuntutan akademik, masalah pribadi (manajemen waktu, motivasi, dukungan keluarga), dan aturan batas masa studi, diidentifikasi sebagai penyebab stres.Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan korelasi cukup kuat (0.380) antara faktor kejadian stres dan tingkat stres mahasiswa. Meskipun tidak mencapai tingkat signifikansi yang umum, temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa yang mengalami berbagai faktor kejadian stres cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas faktor-faktor yang berkontribusi terhadap stres mahasiswa tingkat akhir, menunjukkan perlunya pendekatan holistik dan intervensi terintegrasi dari perguruan tinggi untuk membantu mahasiswa mengelola stres dengan lebih efektif. Temuan ini juga memberikan dasar bagi pengembangan program dukungan dan pembinaan untuk membantu mahasiswa mengatasi tantangan akademik dan pribadi.

ABSTRACT

Stress is an individual adaptive response to a stimulus that is perceived as threatening, can be experienced by anyone, including final year students. This research focuses on the factors that influence the stress level of final year undergraduate mathematics students at Medan State University, with an emphasis on the preparation of the final project (thesis). Several factors, such as academic demands, personal problems (time management, motivation, family support), and study period limit rules, were identified as causes of stress.The research method used a non-experimental quantitative approach with the Spearman Rank correlation test. The results showed a moderately strong correlation (0.380) between stress event factors and students' stress levels. Although not reaching the usual level of significance, this finding indicates that college students who experience multiple stressful event factors tend to have higher stress levels. This study provides an in-depth insight into the complexity of factors contributing to final year university students' stress, suggesting the need for a holistic approach and integrated interventions from universities to help students manage stress more effectively. The findings also provide a basis for the development of support and coaching programs to help college students overcome academic and personal challenges.

References

Abi Manyu, F. H., Deniati, K., & Indrawati, L. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa di STIKES Medistra Indonesia. Borneo Nursing Journal (BNJ), 5(1), 1-8.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.

Ambarita, R. V. N. (2022). Hubungan Antara Tingkat Stres dengan Coping Stress Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Hkbp Nommensen Medan.

Aprilina, A., Taurisiawati Rahayu, D., Yuliawati, D., Raidanti, D., Sri Purwandar, E., Gita Maringga, E., Maulina, R. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Kebidanan di Era Pandemi Covid-19.

Arisandi, W & Pradana,A.S. (2021). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Mitra Indonesia Tahun 2020. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Indonesia (JIKMI), 2(2).

Asmita, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa IAIN Batusangkar.

Bunyamin, B. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres pada Tenaga Kesehatan di Klinik Pratama Radjak Grup. Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan, 2(1), 1-11.

Fatimah, P. L. (2021). Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115-130.

Hamzah, B., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59-67.

Hardiyanti, A. Y. (2020). Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Insomnia Pada Mahasiswa/i Bimbingan Penyuluhan Islam Semester Delapan Tahun Akademik 2019/2020 IAIN Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Harjono, F. N. J. (2020). Gaya Hidup Mahasiswa (Studi Deskriptif Tentang Pemilihan Tempat Nongkrong Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Husnia, F. (2023). Hubungan Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi).

Jamaludin, J., Syarifah, A., Karyadi, K. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 6(2), 138-155.

Milla Dunna, H. A. N. A. N. A. M. (2023). Hubungan Antara Tingkat Stres dan Strategi Koping Mahasiswa Bekerja Sebagai Perawat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Munjirin, A. (2020). Efektivitas Terapi Relaksasi Zikir Dalam Upaya Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa Semester Satu Prodi Bimbingan Konseling Islam TA 2019 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Musmiler, E. (2020). Aktivitas Spiritual Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 4(2), 129-135.

Pala, M. G. T., Nurina, R. L., & Sagita, S. (2021). Hubungan Study From Home Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Kedokteran Saat Pandemi Covid-19 di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 169-177.

Rabbani, M. R., & Wahyudi, H. (2023, January). Pengaruh Academic Self-Efficacy terhadap Stress Akademik Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. In Bandung Conference Series: Psychology Science (Vol. 3, No. 1, pp. 202-211).Rabbani, M. R., & Wahyudi, H. (2023, January). Pengaruh academic self-efficacy terhadap stress akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. In Bandung Conference Series: Psychology Science (Vol. 3, No. 1, pp. 202-211).

Ramadhan, H. (2022). Gambaran Tingkat Stress Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi. Journal Education of Batanghari, 4(10), 01-08.

Rasak, Y. A. (2022). Pengaruh Senam Aerobic Low Impact terhadap Tingkat Stres, Tingkat Depresi dan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Prodi Fisioterapi Universitas Hasanuddin= The Effect of Low Impact Aerobic Gymnastics on Stress Levels, Depression Levels and Anxiety Levels in Students of the Hasanuddin University Physioterapy Study Program (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91-95.

Syafitri, D. U. (2020). Evaluasi Psikometris General Health Questionnaire (GHQ) 28 Pada Subjek Mahasiswa di Semarang, Jawa Tengah. Wacana, 12(1), 1-19.

Syauwalinda, P. (2023). Ketaatan Hukum Mahasiswa Terhadap Larangan Jarimah Ikhtilath Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat (Studi Di Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Ar-Raniry) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum).

Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2020). Gambaran Stress Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan KTI ditengah Wabah COVID 19 dan Sistem Lockdown yang diberlakukan di Kampus Akper YPIB Majalengka. Jurnal Akper YPIB Majalengka, 6(12), 1-14.

Downloads

Published

2024-05-29

Issue

Section

Articles