https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Variabel-Variabel yang Menjelaskan Tingkat Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa FMIPA Universitas XYZ

Authors

  • Yekti Widyaningsih Universitas Indonesia
  • Aprilia Rahmawati Universitas Indonesia
  • Saskya Mary Soemartojo Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29313/statistika.v24i1.3054

Keywords:

Classification and Regression Tree, Purposive Sampling, Regresi Linier Berganda

Abstract

ABSTRAK

Mahasiswa diharapkan untuk menempuh pendidikan sarjananya dengan baik dan selesai dalam tepat waktu. Sebagai mahasiswa mempunyai aktivitas cukup banyak di luar rutinitas kuliah sudah menjadi hal yang lazim. Dengan banyaknya rutinitas, mahasiswa seringkali menunda belajar atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosennya inilah yang disebut dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik pada mahasiswa dapat berdampak pada penurunan prestasi akademiknya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui variabel-variabel yang menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa, mengetahui profil mahasiswa yang mempunyai tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi, dan mengetahui perbedaan antara kedua metode yang digunakan berdasarkan urutan variabel-variabel yang signifikan menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Variabel yang diduga menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik adalah jenis kelamin, tempat tinggal, kondisi fisik, kondisi psikologis, kondisi lingkungan, motivasi belajar, persepsi mahasiswa, dukungan sosial orang tua, dan dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda dan Classification and Regression Tree (CRT). Penelitian ini memanfaatkan data primer yaitu 660 mahasiswa FMIPA Universitas XYZ yang dipilih melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel-variabel yang secara signifikan menjelaskan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa FMIPA Universitas XYZ adalah jenis kelamin, kondisi fisik, kondisi psikologis, motivasi belajar, persepsi mahasiswa, dukungan sosial orang tua, dan dukungan sosial teman sebaya. Profil mahasiswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi yaitu mahasiswa dengan kondisi fisik dan kondisi psikologis yang buruk, serta dukungan sosial orang tua yang rendah. Dan juga adanya perbedaan urutan variabel-variabel yang signifikan antara metode Regresi Linier Berganda dan CRT, tetapi variabel kondisi fisik berada pada urutan pertama kedua metode tersebut.

ABSTRACT

Students are expected to be able to undertake their undergraduate studies satisfactorily and graduate as scheduled.  As a student, it is normal having with numerous activities outside academic routine. Consequently, students often delay studying and completing the tasks given by their lecturers. This is called academic procrastination. Academic procrastination may lead to a declining academic achievement. This study aimed to determine variables that affect academic procrastination levels, to find out the profile of students with high levels of academic procrastination, and to the difference between the two methods on the sequence of significant variables explains the level of academic procrastination of students. The variables considered to affect the level of academic procrastination include gender, living place, physical conditions, psychological conditions, environmental conditions, learning motivation, student perception, parental social support, and peer social support. The methods used are Multiple Linear Regression and Classification and Regression Tree (CRT). This study used primary data, namely 660 FMIPA students of University of XYZ obtained through purposive sampling.  The results showed that the variables that significantly affect the level of academic procrastination of FMIPA students of University of XYZ include gender, physical conditions, psychological conditions, learning motivation, student perception, parental support, and peer support. Students who demonstrate a high level of academic procrastination are characterized by poor physical and psychological conditions, as well as low parental support. In addition, there is a significant difference in the sequence of variables between the Multiple Linear Regression method and CRT, but both have one thing in common, that is, the highest variable is physical condition.

References

Breiman, L., 2017. Classification and regression trees. Routledge.

Fauziah, H.H., 2015. Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), pp.123-132.

Herdini, F., 2019. Analisis Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 10 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Hidayah, I.R., 2020. Pengaruh Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikaan Agama Islam SD N GULON I Salam (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Hungu, 2007. Pengertian Jenis Kelamin. Jakarta: PT. Gramedia.

Jiao, Q.G., DaRos-Voseles, D.A., Collins, K. and Onwuegbuzie, A.J., 2011. Academic procrastination on the performance of graduate-level cooperative groups in research methods courses. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, pp.119-138.

Knaus, W., 2010. End procrastination now!: Get it done with a proven psychological approach. McGraw Hill Professional.

Lastary, L.D. and Rahayu, A., 2018. Hubungan dukungan sosial dan self efficacy dengan prokrastinasi akademik mahasiswa perantau yang berkuliah di Jakarta. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), pp.17-23.

Mattson, M. & Hall, J. G. (2011). Health as communication nexus: A service learning approach. Iowa: Kendall Hunt Publishing Company.

Nafeesa, N., 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), pp.53-67.

Naibaho, H. and Adi, F., 2010. Pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), pp.22-26.

Putri, N.I., 2020. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Task Aversiveness dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas “X” Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Riyadiningsih, H., 2010. Peran kondisi psikologis dan karakteristik pribadi dalam pengembangan kepemimpinan efektif: sebuah tinjauan konseptual. Makalah, Call for Paper STIE Stikubank Semarang.

Saputra, Y.A.A., 2020. Hubungan Antara Academic Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yang Bekerja. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

Steel, P., 2007. The nature of procrastination: a meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological bulletin, 133(1), p.65.

Wenburg, J. R., Wilmot, & William, W.,1973. The personal communication process. New York: John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2024-05-29

Issue

Section

Articles