Konsep Adab Makan dalam Kitab Tanqih al-Qaul Bab Fadhilah al-Iqlal min al-Akli wa an-Naum wa ar-Rahah
DOI:
https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6310Keywords:
Adab, Makan, Kitab Tanqih Al-QaulAbstract
Bab Fadhilah Al-Iqlal Min Al-Akl Wa An-Naum Wa Ar-Rahah pada Kitab Tanqih al-Qaul karya Nawawi al-Bantani merupakan sebuah syarah dari kitab Lubab al-Hadits karya Jalaluddin as-Suyuthi. Dalam bab ini, ditekankan bahwa mengurangi makan (al-iqlal min al-akli), tidur (an-naum), dan istirahat (ar-rahah) memiliki keutamaan dalam menjaga kesehatan fisik dan meningkatkan kualitas ibadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka, dengan tujuan menganalisis hadis-hadiss dan menelaah berbagai literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan berbagai literatur hadis-hadis secara mendalam kemudian ditelaah dan dianalisis dengan pendekatan deskriptif-analitis guna menemukan kandungan makna dengan mengungkap hikmah yang tersirat di dalam hadis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Kitab Tanqih al-Qaul menekankan pentingnya pengendalian diri dalam makan, tidur, dan penggunaan waktu secara bijak. Konsep makan yang beradab yang dirumuskan berdasarkan analisis hadis-hadis meliputi: (1) Makan berlebihan mengeraskan hati, sementara lapar (terutama puasa) melembutkan hati; (2) Makan berlebihan berkonsekuensi pada kesulitan di akhirat dan bahkan diharamkan; dan (3) Lapar ketika berpuasa merupakan inti ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.
References
Afnan, D. (2018). Laku Tasawuf sebagai Terapi Psikospiritual. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1), 265271. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jike.v1i1.42
Al-Bantani, A.-N. (2012). Syarh Tanqih al-Qaul al-Hatsits fi Syarh Lubab al-Hadits. Al-Haramain Jaya.
Al-Ghazali, I. (2005). Ihya’ Ulum al-Din.
Al-Hamid, Z. H. (2018). Terjemah Tanqihul Qoul Syarah Lubaabul Hadits. Mutiara Ilmu.
Ali, A., & Yusuf, M. (2021). The Importance of Moderation in Eating for Physical and Mental Health. Journal of Islamic Studies and Health, 45–60.
Amarullah, R. Q. (2024). Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 84–101. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.4026
As’ad, A. (1978). Terjemah Ta’limul Muta’allim Bimbingan bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Menara Kudus.
As-Suhaibani, A. H. bin A. (2006). Adab-adab Makan dan Minum. https://almanhaj.or.id/4005-adab-adab-makan-dan-minum.html
Ats-Tsaary, A. I. (2022, Desember). Kekeliruan Kaum Sufi dalam Hal Makanan dan Minuman. radiorodja.com. https://www.radiorodja.com/52537-kekeliruan-kaum-sufi-dalam-hal-makanan-dan-minuman/
Azhar, T. N. (2019, Oktober). Mengendalikan Nafsu Makan. dtpeduli.org. https://www.dtpeduli.org/megendalikan-nafsu-makan
Aziz, M. A., & Martoyo, M. (2024). Sikap Wara’Seorang Siswa:(Studi dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karya Az-Zarnuji). Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 320–329. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1279
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi Online. https://kbbi.web.id.
Fadliyanur. (2018). Tafsir dan Hadits Tematik tentang Kesehatan. Al Falah, XVIII. https://doi.org/https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/download/83/102
Gaffar, A. (2015). Telaah Kritis atas ‘Ilal al-Hadis dalam Kesahihan Hadis (Sebuah Rekonstruksi Metodologis). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/591
Hafiz, D. Al, Zakiyan, M. A. F., & Pratama, M. H. (2023). Dampak Puasa untuk Kesehatan Mental dan Fisik. Islamic Education, 1(3), 811–818. https://doi.org/https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/622/534
Hakis. (2020). Adab Bicara Dalam Perspektif Komunikasi Islam. Jurnal Mercusuar, 1(1), 43–68. https://www.dakwatuna.com/2015/05/22/69038/ada
Kurniawan, A. (2022, Februari). Empat (4) Jalan Riyadhah Menurut Iman Al-Ghazali. nu.or.id. https://nu.or.id/tasawuf-akhlak/4-jalan-riyadhah-menurut-imam-al-ghazali-QJblb#:~:text=Imam%20Al%2DGhazali%20menyebut%20empat,orang%20lain%20yang%20tidak%20menyenangkan.
Lidwa, S. (2010). Aplikasi Ensiklopedia Hadits.
Liling, A. (2019). Konsep Utility Dalam Prilaku Konsumsi Muslim. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 71–91. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1040
Nasution, S. (2014). Kajian Naskah: Kitab Sairu Al-Salikin Li Babi Ihya’Ulumuddin Karya Syekh Ali Ibn Abdurrahman al-Kalantani. Sosial Budaya, 11(1), 70–90. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/sb.v11i1.827
Nurzakka, M. (2021). Study of Tanqih al-Qaul al-Hatsits: The Book of Sheikh Nawawi al-Bantani. Jurnal Living Hadis, 6(1), 21. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2021.2356
Obesity and Overweight Statistics (2023).
Pane, S. R. T. S. (2013). Kualitas Hadis-Hadis tentang Al-Qalb dalam Kitab Minhaj Al-’Abidin [Program Pascasarjana IAIN Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/1726/1/TESIS%20SITI%20RIF%27A%20TUSSA%27ADAH%20S.pdf
Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB. (2019). Kajian Kitab Matan Tanqihul Qoul Bab 34: Keutamaan Mengurangi Makan, Tidur, dan Menganggur. https://www.piss-ktb.com/2018/01/5372-kajian-kitab-matan-tanqihul-qoul.html.
Rahman, F. (2020). Dietary Habits and Stress Management in Islamic Perspective. International Journal of Islamic Health Research, 3(1), 22–35.
Rofiq, A. (2023). Tafakur dan Dzikir dalam Mencapai Ketenangan Hidup. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.170
Sakinah, F. (2020). EPISTEMOLOGI SYARAH HADIS NUSANTARA: Studi Syarah Hadith Tanqih al-Qawl al-Hatsits fi Syarh Lubab al-Hadits Karya Nawawi al-Bantani. Riwayah Jurnal Studi Hadis, 6(1), 71–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i1.6776
Setiadi, K., Mufarrihah, A., Koba’a, H., Bidjai, T., Laabute, E., Hamid, K., & Ningsi, M. (2024). Pelatihan Adab Makan Dan Minum Sesuai Ajaran Islam di SD Banggai, Sulawesi Tengah. Bisma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 186–190. https://doi.org/https://doi.org/10.61159/bisma.v2i1.180
Setriani, L. (2023). 7202-Article Text-24097-1-10-20231031. Jurnal Studi Ilmu Quran dan Hadis (SIQAH), II, 132–145.
Shofwan, A. M. (2017). Metode belajar menurut Imam Zarnuji: telaah kitab Ta’lim al muta’alim. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 408–423.
Sohrah. (2016). Etika Makan dan Minum. Al-Daulah Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ad.v5i1.1439
Sudargo, T., Freitag, H., & Aini, N. (2014). Pola Makan dan Obesitas. Gadjah Mada University Press.
Taufiq, M. (2019). Aplikasi Quran Kemenag in Word. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
World Health Organization. (2024, Maret). Obesity and Overweight. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight.
Yugo, T. (2024a). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394
Yugo, T. (2024b). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Dari Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Konteks Pendidikan Modern. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 102–123. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.4408
Zhoafir, M., Marzuki, I., & La Ode, Z. (2023). Keutamaan Kalimah Laa Ilaha Illa Allah Kitab Tanqihul-Qoul Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Perspektif Studi Agama Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2). https://doi.org/https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/viewFile/5043/pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah Aprilyani, Anisa Indah Sabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/