Implementasi Model Pembelajaran Design for Change untuk Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Mengajar Santri
DOI:
https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6163Keywords:
Implementasi, Design for Change, Digital LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman santri Pondok Pesantren Al Basyariyah Bandung dalam keterampilan mengajar, namun daripada itu terdapat program masa bakti yang mengharuskan santri untuk berkiprah di masyarakat dengan mengajar di berbagai lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman santri dalam menguasai keterampilan mengajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman santri antara sebelum dan sesudah pelatihan model pembelajaran Design for Change berbasis teknologi yang merupakan bagian dari model pembelajaran Problem Based Learning yang utama. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 83,2319 dan nilai rata-rata postest sebesar 92,9658. Dikuatkan dengan uji Paired Sample Test menunjukkan nilai < 0,001 pada uji pretest dan postest yang dilakukan, sehingga jika dinyatakan Nilai Signifikan (sig) pada Based on Mean < 0,05, menandakan data tidak homogen. Terlihat bahwa terdapat perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah materi model pembelajaran disampaikan yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman keterampilan mengajar.
References
Almulla, M. A. (2022). Using Digital Technologies for Testing Online Teaching Skills and Competencies during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095455
Ariyana, A. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa pada Kurikulum Merdeka. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8125
Baniati, H., Isnaini, M., & Fauzi, M. (2023). Problematika Tugas Mengajar Dengan Bidang Keahlian Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3). https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.455
Bistari, B. (2018). KONSEP DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082
Budimansyah, D. (2012). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Widya Aksara Press.
Damanik, R., Sagala, Rahmat, W., & Rezeki, Tri, I. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pembelajaran Kreatif: Identifikasi Perilaku Dan Karakteristik Peserta Didik Wujud Tanggungjawab Tunjangan Sertifikasi Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. J. Basicedu, 6(3).
Faizin, M. (2016). Peran Manajemen Qalbu Bagi Pendidik. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1). https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.1.122-139
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1). https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fan, M., & Cai, W. (2022). How does a creative learning environment foster student creativity? An examination on multiple explanatory mechanisms. Current Psychology, 41(7). https://doi.org/10.1007/s12144-020-00974-z
Fawri, A., & Neviyarni, N. (2021). Konsep Manajemen Bimbingan dan Konseling. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.266
Goleman, D. (2013). Primal Leadership Unleashing the Power of Emotional Intelligence - Daniel Goleman, Richard Boyatzis, Annie McKee - Google Books. In Harvard Business Press.
Halimah, L. (2017). Keterampilan mengajar sebagai inspirasi untuk menjadi guru yang excellent di abad ke-21. In Refika Aditama.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. In Teori Belajar dan Pembelajaran.
Harahap, A. A. S., Yasmin Salsabila, Nabila Fitria, & Nisaiy Darussakinah harahap. (2023). Pengaruh Perkembangan Kemampuan Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1). https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.741
Hasanah, A. (2013). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Insan Komunika.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kusumalestari, R. R., Satriani, A., Permatasari, A. N., Faraumina, K. D., & Larasati, S. A. (2022). Amar Maruf Nahi Munkar and Tabayyun as embodiment of Islamic journalism. In Islam, Media and Education in the Digital Era. https://doi.org/10.1201/9781003219149-76
Latif, Y. (2013). Negara paripurna. Gramedia Pustaka Utama.
Lim, J., Leinonen, T., Lipponen, L., Lee, H., DeVita, J., & Murray, D. (2023). Artificial intelligence as relational artifacts in creative learning. Digital Creativity, 34(3). https://doi.org/10.1080/14626268.2023.2236595
Mirna, W., & -, N. (2022). Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1). https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3544
Muhammad, G., Elmuna, L., & Suhardini, A. D. (2024). Peran Guru Penggerak terhadap Pembentukan Sikap Spiritualitas Berbasis Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 123–137.
Muhammad, G., Rahmat, M., & Ganeswara, G. M. (2020). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 10–20.
Muhammad, G., Rofiani, R., Arifin, B. S., & Ruswandi, U. (2022). Penerapan Pendidikan Agama Islam untuk menjaga kualitas pendidikan islami di Aisyiyah Boarding School Bandung. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 388–399.
Muhammad, G., Ruswandi, U., Nurmila, N., & Zakiyah, Q. Y. (2023). Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools. European Journal of Education and Pedagogy, 4(6), 113–120.
Muhammad, G., Suhartini, A., & Ahmad, N. (2022). Pendidikan Multikultural Pada Budaya Pesantren Modern. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2).
Muhammad, G., Surana, D., Sanusi, I., & Suhartini, A. (2024). Islamic Education as An Effort To Strengthen Morals In The Era Of Globalization. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 9(1), 108–125.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.
Mustafida, F. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 173–185. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191
Nasional, D. P. (2005). Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger creative learning model with RME principles on creative thinking skill by considering numerical ability. International Journal of Instruction, 12(3). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a
Ningsih, W. R., Mursilah, M., & Sinta, V. (2021). Pengaruh Iklim Kelas Kondusif Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp N 2 Buay Madang Timur. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01). https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1169
Nur’aeni, U., & Ramdan, A. H. (2023). Ideological Contestation on Youtube Between Salafi and Nahdhatul ‘Ulama In Indonesia. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 7(1), 28–64.
Nurani, Y., Hartati, S., Utami, A. D., Hapidin, & Pratiwi, N. (2020). Effective communication-based teaching skill for early childhood education students. International Journal of Higher Education, 9(1). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p153
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.
Sanusi, I. (2019). Program Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik di SMA Melalui Kegiatan Pembelajaran Berbasis PAI di Luar Kelas.
Sari, E. N., Fauziah, H. N., Muna, I. A., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble dengan Pendekatan Socio-Scientific terhadap Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.177
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sitorus, A. S. (2023). Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional Anak; Studi Korelasional dan Stimulasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54350
Sitorus, W. I., & Sojanah, J. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11769
Suswandari, M., Mahendra, M., Sutrisno, T., & Prasetyo, K. (2021). Kapasitas Guru Memahami Psikologi Pendidikan Dan Karakter Siswa Selama Pandemi Covid-19. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 3(2). https://doi.org/10.32585/cessj.v3i2.2103
Tafsir, A. (1995). Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Widiyani. (2021). Indikator Pembelajaran Efektif Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2).
Zhang, J., Pan, Q., Zhang, D., Meng, B., & Hwang, G. J. (2024). Effects of Virtual Reality Based Microteaching Training on Pre-Service Teachers’ Teaching Skills from a Multi-Dimensional Perspective. Journal of Educational Computing Research, 62(3). https://doi.org/10.1177/07356331231226179
Zuriati, D., Fathira, V., Tinggi Bahasa Asing Persada Bunda, S., Diponegoro No, J., Inggris, S., & Kegiatan, A. (2022). Penerapan PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pengajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulvah Nuraeni, Giantomi Muhammad, Iwan Sanusi, Nadri Taja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/