https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Model Konseptual Integrasi Kurikulum Untuk Pembentukan Karakter Ulul Albab Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6001

Keywords:

Integrasi Kurikulum, Ulul Albab, Pembentukan Karakter

Abstract

Pendidikan bertujuan membentuk manusia seutuhnya dengan mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam pendidikan Islam, konsep Ulul Albab mencerminkan individu yang seimbang dalam spiritualitas, intelektualitas, dan amal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model konseptual integrasi kurikulum untuk membentuk karakter Ulul Albab di SD Ar Rafi’ Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan utama menunjukkan bahwa model konseptual integrasi kurikulum mencakup empat komponen kurikulum yakni tujuan, isi, implementasi, dan evaluasi untuk menciptakan pendidikan holistik, yang diterapkan dalam tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Model ini menawarkan pendekatan sistematis dalam mengintegrasikan nilai agama dengan akademik, menciptakan pendidikan berbasis akidah yang holistik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan perspektif baru dalam pengembangan kurikulum Islam untuk membentuk siswa berkarakter unggul dan dapat menjadi referensi bagi pendidikan berbasis karakter.

References

Abidin, B, Z. (2005). Integrasi ilmu dan agama: interpretasi dan aksi. Mizan.

Afwadzi, B. (2019). Spider Web atau Syajarah al-‘Ilm?: Mencari Format Ideal Kajian Hadis Integratif di Indonesia. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 7(1), 26–65. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v7i01.4527

Alhamuddin. (2019). Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia: Sejak Zaman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947-2013). Prenada Media.

Arzaqi, F. A., & Soleh, A. K. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur`an: Kajian Konsel Ulul Albab Pada Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 6(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.260

Aziz, H. (2018). Kurikulum Integratif Berbasis Nilai-Nilai Islam (Penelitian di SMP IT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat). Tadris, 13(1), 94–111. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1535

Aziz, R. (2007). Pendidikan Ulul Albab Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Progresiva: Jurnal Pemikiran & Pendidikan Islam, 2(1), 310.

Drake, S. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi Yang Berbasis Standar. PT Indeks.

Firdaus. (2021a). Ulul Albab dalam Al Qur`an. Al Mubarak (Jurnal Kajian Al Qur`an Dan Tafsir), 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i2.490

Firdaus, D. H. (2021b). Ulul Albab Perspektif al-Qur’an (Kajian Maudlu’iy dan Integrasi Agama dan Sains). Ats-Tsaqofi Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 3(1).

Fogarty, J. R., & Pete, M. B. (2009). How to Integrate the Curricula. SAGE Publication.

Huda, M. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517

Lestari, A. D., Mutaqin, Z. M., & Solihin. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Karakterdalam Perspektif Deming, Juran dan Crosby. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 162–179. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2November.5430

Listyian, N. (2021). “Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dalam Membentuk Karakter Religius Sabar Siswa Kelas IV di MI Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.”

Mailita. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 91. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i1.3118

Muhajir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Prespektif Kontekstual. Ar Ruzz Media.

Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170

Nata, A. (2002). Tafsir ayat-ayat pendidikan (tafsir al-ayat Al-Tarbawiy). Raja Grafindo Persada.

Nata, A. (2010). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Rajawali.

Rahman, K. (2014). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi di Sekolah/Madrosah. J-PAI, 1(1), 13. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3358

S Nasution. (2003). Pengembangan Kurikulum. Citra Aditya Bakti.

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.

Sofiana, F., & Afwadzi, B. (2021). Kurikulum Pendidikan Islam Di UIN Malang: Studi Pemikiran Imam Suprayogo Dan M. Zainuddin. At Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 20(2), 257. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i2.2842

Suderadjat, H. (2023). Kurikulum Ar Rafi’ Tahun 2022. CV Cipta Cekas Grafika.

Sumanto, E., Noviana, D., & Ramona, D. P. (2024). Konsep Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Dan ImplikasinyaTerhadap Generasi Muda. J-Ceki : Jurnal Cendikia Ilmiah, 3(6). https://journal-nusantara.id/index.php/J-CEKI/article/view/5717/4538

Syafei, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. At Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 6, 152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876

Wedyaswari, M., Susanto, H., & Dalimunthe, K. L. (2024). HARMONI Profile: Examining Levels and Predictors of Student Well-Being in Indonesia. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 194-218. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.5431

Wijaya, A. (2023). Rekonstruksi Pendidikan Pesantren: Telaah Konsep Tarbiyah Ulul Albab Pemikiran Imam Suprayogo. Risalah: Jurnal Pendidikan & Studi Islam, 9(4).

Yugo, T., & Muhardi. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak dari Kitab Akhlak Lil Banin dalam Konteks Pendidikan Modern. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 102–123. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.4408

Downloads

Published

2025-03-04

How to Cite

Arya Brahmana Nurlaela, Aep Saepudin, & Alhamuddin. (2025). Model Konseptual Integrasi Kurikulum Untuk Pembentukan Karakter Ulul Albab Pada Siswa Sekolah Dasar: . Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 298–317. https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6001