Model Konseptual Integrasi Kurikulum Untuk Pembentukan Karakter Ulul Albab Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6001Keywords:
Integrasi Kurikulum, Ulul Albab, Pembentukan KarakterAbstract
Pendidikan bertujuan membentuk manusia seutuhnya dengan mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam pendidikan Islam, konsep Ulul Albab mencerminkan individu yang seimbang dalam spiritualitas, intelektualitas, dan amal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model konseptual integrasi kurikulum untuk membentuk karakter Ulul Albab di SD Ar Rafi’ Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan utama menunjukkan bahwa model konseptual integrasi kurikulum mencakup empat komponen kurikulum yakni tujuan, isi, implementasi, dan evaluasi untuk menciptakan pendidikan holistik, yang diterapkan dalam tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Model ini menawarkan pendekatan sistematis dalam mengintegrasikan nilai agama dengan akademik, menciptakan pendidikan berbasis akidah yang holistik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan perspektif baru dalam pengembangan kurikulum Islam untuk membentuk siswa berkarakter unggul dan dapat menjadi referensi bagi pendidikan berbasis karakter.
References
Abidin, B, Z. (2005). Integrasi ilmu dan agama: interpretasi dan aksi. Mizan.
Afwadzi, B. (2019). Spider Web atau Syajarah al-‘Ilm?: Mencari Format Ideal Kajian Hadis Integratif di Indonesia. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 7(1), 26–65. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v7i01.4527
Alhamuddin. (2019). Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia: Sejak Zaman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947-2013). Prenada Media.
Arzaqi, F. A., & Soleh, A. K. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur`an: Kajian Konsel Ulul Albab Pada Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 6(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.260
Aziz, H. (2018). Kurikulum Integratif Berbasis Nilai-Nilai Islam (Penelitian di SMP IT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat). Tadris, 13(1), 94–111. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1535
Aziz, R. (2007). Pendidikan Ulul Albab Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Progresiva: Jurnal Pemikiran & Pendidikan Islam, 2(1), 310.
Drake, S. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi Yang Berbasis Standar. PT Indeks.
Firdaus. (2021a). Ulul Albab dalam Al Qur`an. Al Mubarak (Jurnal Kajian Al Qur`an Dan Tafsir), 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i2.490
Firdaus, D. H. (2021b). Ulul Albab Perspektif al-Qur’an (Kajian Maudlu’iy dan Integrasi Agama dan Sains). Ats-Tsaqofi Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 3(1).
Fogarty, J. R., & Pete, M. B. (2009). How to Integrate the Curricula. SAGE Publication.
Huda, M. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517
Lestari, A. D., Mutaqin, Z. M., & Solihin. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Karakterdalam Perspektif Deming, Juran dan Crosby. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 162–179. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2November.5430
Listyian, N. (2021). “Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dalam Membentuk Karakter Religius Sabar Siswa Kelas IV di MI Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.”
Mailita. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 91. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i1.3118
Muhajir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Prespektif Kontekstual. Ar Ruzz Media.
Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170
Nata, A. (2002). Tafsir ayat-ayat pendidikan (tafsir al-ayat Al-Tarbawiy). Raja Grafindo Persada.
Nata, A. (2010). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Rajawali.
Rahman, K. (2014). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi di Sekolah/Madrosah. J-PAI, 1(1), 13. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3358
S Nasution. (2003). Pengembangan Kurikulum. Citra Aditya Bakti.
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.
Sofiana, F., & Afwadzi, B. (2021). Kurikulum Pendidikan Islam Di UIN Malang: Studi Pemikiran Imam Suprayogo Dan M. Zainuddin. At Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 20(2), 257. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i2.2842
Suderadjat, H. (2023). Kurikulum Ar Rafi’ Tahun 2022. CV Cipta Cekas Grafika.
Sumanto, E., Noviana, D., & Ramona, D. P. (2024). Konsep Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Dan ImplikasinyaTerhadap Generasi Muda. J-Ceki : Jurnal Cendikia Ilmiah, 3(6). https://journal-nusantara.id/index.php/J-CEKI/article/view/5717/4538
Syafei, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. At Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 6, 152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876
Wedyaswari, M., Susanto, H., & Dalimunthe, K. L. (2024). HARMONI Profile: Examining Levels and Predictors of Student Well-Being in Indonesia. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 194-218. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.5431
Wijaya, A. (2023). Rekonstruksi Pendidikan Pesantren: Telaah Konsep Tarbiyah Ulul Albab Pemikiran Imam Suprayogo. Risalah: Jurnal Pendidikan & Studi Islam, 9(4).
Yugo, T., & Muhardi. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak dari Kitab Akhlak Lil Banin dalam Konteks Pendidikan Modern. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 102–123. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.4408
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arya Brahmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/