https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Paradigma Islam Sebagai Alat Analisis Konsep-Konsep Pendidikan Islam

Authors

  • Nina Nursilah STAI Al-Azhary Cianjur
  • Uus Saripudin STAI Al-Azhary Cianjur
  • Maspuroh STAI Al-Azhary Cianjur https://orcid.org/0000-0002-2916-8945
  • Noni Salsabila STAI Al-Azhary Cianjur
  • Fitri Wulandari STAI Al-Azhary Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.5794

Keywords:

Paradigma Islam, Pendidikan Islam, Insan Kamil

Abstract

Paradigma Islam sebagai alat analisis konsep-konsep pendidikan Islam menawarkan pendekatan holistik yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual, moral, dan intelektual dalam proses pendidikan. Berakar pada prinsip tauhid dan akhlak, paradigma ini menempatkan pendidikan sebagai sarana untuk membentuk insan kamil, yaitu manusia yang seimbang dalam aspek spiritual, intelektual, dan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Paradigma Islam sebagai alat analisis konsep-konsep pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi pustaka yaitu dengan mengkaji dan menganalisis berbagai literatur yang relevan terkait paradigma Islam dan konsep-konsep pendidikan Islam. Sumber data dari dokumentasi yang berasal dari buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan objek penelitian. Metode dokumentasi pada penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data sesuai dengan teori untuk memperoleh kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pendekatan pendidikan berbasis keteladanan, dialog sehat, dan penyucian jiwa, paradigma Islam memberikan solusi untuk menciptakan generasi berkarakter dan berakhlak mulia yang mampu bersaing di tingkat global tanpa kehilangan identitas spiritualnya. 

References

Abdurrahman. (2024). Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam. In Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran (Vol. 3, Issue 2, pp. 102–113). https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i2.1563

Akhmad dkk. (2023). Etika, Moral, Akhlak. Jurnal Religion: Jurnal agama, sosial budaya, (Vol 1 No 2), https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index.

Amanda, D. L. (2022). Tanggung Jawab Pendidik dalam Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(3), 50–63. https://doi.org/10.47006/er.v6i3.13170

Amarullah, R. Q. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. 1(2), 84–101. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2

Anekasari, R. (2015). Paradigma Pendidikan Islam Multidimensional: Konsep dan Implikasinya dalam PAI di Sekolah/Madrasah. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 1(1). https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v1i1.474

Arif, M. (2016). Paradigma Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). https://repository.iainkediri.ac.id/429/1/Paradigma Pendidikan Islam.pdf

Azhari, J. F. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Deradikalisasi. Jurnal Subulana, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.47731/subulana.v1i2.15

Azizah, N., Tinggi, S., Islam, A., Mandailing, N., Prof, J., Hakim, A., Komplek, N., & Lombang, P. (2024). Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Globalisasi: Strategi untuk Membangun Pemahaman Keberagamaan yang Moderat. 06(04), 22907–22915. http://jonedu.org/index.php.joe

Bashori, B. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031

Dalmeri, D., Parhan, M., Hilmiyah, A., Dwi, R., & Bastiar, N. (2022). Sekularisme sebagai Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 222–239. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7193

Dayu, F A & Faridi Faridi. (2024). Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 355–367. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1487

Salminawati. (2015). Etika peserta didik perspektif islam. Jurnal Tarbiyah, Vol 22, No.1. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.3

Nasir. S. (2020). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam: Universal Keseimbangan, Kesederhanaan, Perberdaan Individu Dan Dinamis, Jurnal istiqra' Vol 7 No. 2. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/501

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Hafsah. (2014). Pendidikan Islam Di Indonesia (Studi Pemberdayaan Madrasah). Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 29–35. www.jurnal.faiunwir.ac.id

Hamidah, D. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. Tsamratul -Fikri, 15(1), 183–194. https://doi.org/10.36667/tf.v15i2.941

Hasan, Z., Ali, M., Nasution, A., Ibrahimy, U., Islam, U., Sumatera, N., & Makassar, U. N. (2024). Menggagas Pendidikan Islam Holistik melalui Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Spiritualitas. 2(1), 81–89. https://journal.civiliza.org/index.php/gej

Hasanah, N. Z., Sutra, S. D., Istiqomah, I., Dewantara, M. H., & Boulahnane, S. (2022). The Role of Islamic Education in Teaching Moral Values to Students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 14(1), 33–47. https://doi.org/10.18326/mdr.v14i1.33-47

Yus, H, Endang, R, Mangun, R, Elly, K, Badru, S (2023). Pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai keislaman dalam sistem pendidikan di sekolah islam. Vol 8 No 2. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v8i2.3445

Rohman, F. (2021). Tujuan pendidikan Islam pada hadis-hadis populer dalam Shahihain. 10(3), 367–380. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.5107

Roiyatul, M, N., Rahmah, A., Hidayat, W., Indriana, D., Bahasa Arab, P., & Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2024). Paradigma Pendidikan Islam: Perspektif Filsafat Islamic Education Paradigm: Philosophical Perspective. 20, 2736–2742. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Sirait, S. (2020). Tauhid dan Pembelajarannya. 1–310. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43052

Justi, S.(2017) Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk meningkatkan Hasil Belajar IA Pada Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 4, Desember 2017 |681. 3(4), 681–688. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4851

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi Penelitian Pendidikan Agama Islam melalui Kajian Literatur: Pemahaman konseptual dan Aplikasi Praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.13829

Sumarto, H. A., & Nahar, S. (2024). Inovasi dalam penguatan pendidikan ibadah: studi kasus di sekolah menengah atas. 10(1), 737–745. https://doi.org/10.29210/1202424618

Sutarman, S. (2019). Guru Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 5(1), 34–50. https://doi.org/10.26555/almisbah.v5i1.165

Mardeli (2011) Konsep al-qur’an tentang metode pendidikan islam. Jurnal: Ta'dib Vol. XVI, 1–18. https://doi.org/10.19109/td.v16i01.58

Tri, Y. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394

Tumin, T., & Faizuddin, A. (2017). Education and Character Building: Ethical Aspects of Learning from Al-zarnūjī’s Ta ‘līm Al-Muta ‘allim. Ulumuna, 21(1), 109–128. https://doi.org/10.20414/ujis.v21i1.1180

Yana, H. H., & Susanti, L. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi di Madrasah. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i1.47

Yugo, T. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak dari Kitab Akhlak Lil Banin dalam Konteks Pendidikan Modern. 1(2), 102–123. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2

Yusri M. Daud. (2021). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia (Suatu Kajian Historis). Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry, 10(2), 1–9. http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i02.12616

Downloads

Published

2025-03-02

How to Cite

Nursilah, N., Saripudin, U., Maspuroh, Noni Salsabila, & Fitri Wulandari. (2025). Paradigma Islam Sebagai Alat Analisis Konsep-Konsep Pendidikan Islam: . Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 280–297. https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.5794