Paradigma Islam Sebagai Alat Analisis Konsep-Konsep Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.5794Keywords:
Paradigma Islam, Pendidikan Islam, Insan KamilAbstract
Paradigma Islam sebagai alat analisis konsep-konsep pendidikan Islam menawarkan pendekatan holistik yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual, moral, dan intelektual dalam proses pendidikan. Berakar pada prinsip tauhid dan akhlak, paradigma ini menempatkan pendidikan sebagai sarana untuk membentuk insan kamil, yaitu manusia yang seimbang dalam aspek spiritual, intelektual, dan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Paradigma Islam sebagai alat analisis konsep-konsep pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi pustaka yaitu dengan mengkaji dan menganalisis berbagai literatur yang relevan terkait paradigma Islam dan konsep-konsep pendidikan Islam. Sumber data dari dokumentasi yang berasal dari buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan objek penelitian. Metode dokumentasi pada penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data sesuai dengan teori untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pendekatan pendidikan berbasis keteladanan, dialog sehat, dan penyucian jiwa, paradigma Islam memberikan solusi untuk menciptakan generasi berkarakter dan berakhlak mulia yang mampu bersaing di tingkat global tanpa kehilangan identitas spiritualnya.
References
Abdurrahman. (2024). Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam. In Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran (Vol. 3, Issue 2, pp. 102–113). https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i2.1563
Akhmad dkk. (2023). Etika, Moral, Akhlak. Jurnal Religion: Jurnal agama, sosial budaya, (Vol 1 No 2), https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index.
Amanda, D. L. (2022). Tanggung Jawab Pendidik dalam Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(3), 50–63. https://doi.org/10.47006/er.v6i3.13170
Amarullah, R. Q. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. 1(2), 84–101. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2
Anekasari, R. (2015). Paradigma Pendidikan Islam Multidimensional: Konsep dan Implikasinya dalam PAI di Sekolah/Madrasah. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 1(1). https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v1i1.474
Arif, M. (2016). Paradigma Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). https://repository.iainkediri.ac.id/429/1/Paradigma Pendidikan Islam.pdf
Azhari, J. F. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Deradikalisasi. Jurnal Subulana, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.47731/subulana.v1i2.15
Azizah, N., Tinggi, S., Islam, A., Mandailing, N., Prof, J., Hakim, A., Komplek, N., & Lombang, P. (2024). Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Globalisasi: Strategi untuk Membangun Pemahaman Keberagamaan yang Moderat. 06(04), 22907–22915. http://jonedu.org/index.php.joe
Bashori, B. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031
Dalmeri, D., Parhan, M., Hilmiyah, A., Dwi, R., & Bastiar, N. (2022). Sekularisme sebagai Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 222–239. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7193
Dayu, F A & Faridi Faridi. (2024). Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 355–367. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1487
Salminawati. (2015). Etika peserta didik perspektif islam. Jurnal Tarbiyah, Vol 22, No.1. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.3
Nasir. S. (2020). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam: Universal Keseimbangan, Kesederhanaan, Perberdaan Individu Dan Dinamis, Jurnal istiqra' Vol 7 No. 2. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/501
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Hafsah. (2014). Pendidikan Islam Di Indonesia (Studi Pemberdayaan Madrasah). Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 29–35. www.jurnal.faiunwir.ac.id
Hamidah, D. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. Tsamratul -Fikri, 15(1), 183–194. https://doi.org/10.36667/tf.v15i2.941
Hasan, Z., Ali, M., Nasution, A., Ibrahimy, U., Islam, U., Sumatera, N., & Makassar, U. N. (2024). Menggagas Pendidikan Islam Holistik melalui Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Spiritualitas. 2(1), 81–89. https://journal.civiliza.org/index.php/gej
Hasanah, N. Z., Sutra, S. D., Istiqomah, I., Dewantara, M. H., & Boulahnane, S. (2022). The Role of Islamic Education in Teaching Moral Values to Students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 14(1), 33–47. https://doi.org/10.18326/mdr.v14i1.33-47
Yus, H, Endang, R, Mangun, R, Elly, K, Badru, S (2023). Pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai keislaman dalam sistem pendidikan di sekolah islam. Vol 8 No 2. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v8i2.3445
Rohman, F. (2021). Tujuan pendidikan Islam pada hadis-hadis populer dalam Shahihain. 10(3), 367–380. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.5107
Roiyatul, M, N., Rahmah, A., Hidayat, W., Indriana, D., Bahasa Arab, P., & Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2024). Paradigma Pendidikan Islam: Perspektif Filsafat Islamic Education Paradigm: Philosophical Perspective. 20, 2736–2742. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Sirait, S. (2020). Tauhid dan Pembelajarannya. 1–310. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43052
Justi, S.(2017) Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk meningkatkan Hasil Belajar IA Pada Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 4, Desember 2017 |681. 3(4), 681–688. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4851
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi Penelitian Pendidikan Agama Islam melalui Kajian Literatur: Pemahaman konseptual dan Aplikasi Praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.13829
Sumarto, H. A., & Nahar, S. (2024). Inovasi dalam penguatan pendidikan ibadah: studi kasus di sekolah menengah atas. 10(1), 737–745. https://doi.org/10.29210/1202424618
Sutarman, S. (2019). Guru Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 5(1), 34–50. https://doi.org/10.26555/almisbah.v5i1.165
Mardeli (2011) Konsep al-qur’an tentang metode pendidikan islam. Jurnal: Ta'dib Vol. XVI, 1–18. https://doi.org/10.19109/td.v16i01.58
Tri, Y. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394
Tumin, T., & Faizuddin, A. (2017). Education and Character Building: Ethical Aspects of Learning from Al-zarnūjī’s Ta ‘līm Al-Muta ‘allim. Ulumuna, 21(1), 109–128. https://doi.org/10.20414/ujis.v21i1.1180
Yana, H. H., & Susanti, L. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi di Madrasah. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i1.47
Yugo, T. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak dari Kitab Akhlak Lil Banin dalam Konteks Pendidikan Modern. 1(2), 102–123. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2
Yusri M. Daud. (2021). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia (Suatu Kajian Historis). Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry, 10(2), 1–9. http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i02.12616
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Nursilah, Uus Saripudin, Maspuroh, Noni Salsabila, Fitri Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/