Peran dan Tanggung Jawab Masyarakat terkait Pendidikan sesuai Perspektif Islam dalam Membangun Generasi Madani
DOI:
https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.5688Keywords:
Pendidikan Islam, Generasi Madani, Tanggung JawabAbstract
Pendidikan merupakan pilar utama pembangunan masyarakat berkeadaban. Dalam Islam, pendidikan tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu, tetapi juga membentuk karakter dan nilai-nilai keislaman yang kokoh. Penelitian ini mengkaji peran dan tanggung jawab masyarakat dalam pendidikan dari perspektif Islam, dengan fokus pada pembentukan generasi madani, yaitu individu berpengetahuan, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif pada masyarakat Islami yang beradab. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur dari buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab kolektif yang melibatkan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kolaborasi antar elemen ini penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan kondusif. Penelitian ini menegaskan perlunya sinergi berlandaskan nilai Islami, seperti gotong royong, keteladanan, dan tanggung jawab sosial, dalam membangun generasi madani. Rekomendasi penelitian ini mencakup pengembangan program kolaboratif yang melibatkan semua pihak terkait guna mendukung keberhasilan pendidikan yang komprehensif.
References
AA, D. A. R. D. (2021). Peran Modal Sosial Pesantren Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 49–66. https://doi.org/10.12345/as-suluk.2021.01.49
Abdillah, M. H., & Soleh, A. K. (2023). Konsep Insan Kamil Al-Jili dan Relevansinya Terhadap Masyarakat Sosial Perspektif Ilmu Tasawuf. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 8(2), 210–232. http://repository.uin-malang.ac.id/17637/%0Ahttp://repository.uin.malang.ac.id/17637/2/17637.pdf. https://doi.org/10.12345/mukaddimah.2023.02.210
Adolph, R. (2016). Google Classroom As Educational Communication Media, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 2(2), 138-149. https://doi.org/10.3783/causa.v7i10.7090.
Alananto, I, D., Wahyudi, T. A., Iskandar, D. A., Manajemen, J., Dan, S., & Bisnis, A. (2021). Determinants of Consumer Preference On Ride-Hailing Platforms In South-East Asia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 207–216. http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/380
Amarullah, R. H., Saepulloh, U., & Rojudin, R. (2024). Studi Analisis Isi Komunikasi Islam Habib Husein Al Hadar di Youtube. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(1), 85–102. https://doi.org/10.15575/tabligh.v9i1.20622
Anwar, K. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri I Rejang Lebon. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Madrasah Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Curup (IAIN) Curup, 88–89.
Aprillia, M P., & Iryanti, S S. (2024). Revitalisasi Pendidikan Islam Di Era Digital: Membangun Keseimbangan Antara Tradisi Dan Inovasi. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 25–39. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i1.1111
Arifin, M. (2021). Teologi Rasional Perspektif Pemikiran Harun Nasution. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 13, Issue April). https://doi.org/10.1002/anie.197505391
Assiroji, D. B. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut Kh. Imam Zarkasyi. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 1(01), 33–46. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v1i01.17
Bakar, M. Y. A., Munandari, S. N. M., & Zein, Z. (2024). Peran dan Tanggung jawab Masyarakat dan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Student Research, 2(4), 1–12. https://doi.org/10.12345/jsr.2024.04.01.
Damayanti, A. (2023). Persepsi Guru Terhadap Perubahan Karakter Sopan Santun Siswa Pasca Pembelajaran Daring. Satya Widya, 39(1), 1–10. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i1.p1-10
Damayanti, R., Tarwilah, & Suraijiah. (2023). Kedudukan dan Peran Masyarakat Sebagai Landasan Pendidikan Islam (Dasar Sosiologis). Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 915–923. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion
Fatimah, N., Nikmah Ayu Ramadhani Amir, Lina Alfiani, Widya Kaharani Putri, Asmirati Yakob, & Anindita Hasniati Rahmah. (2024). Determinan Sosial Ekonomi Terkait Dengan Kepemilikan Asuransi Kesehatan Masyarakat Di Desa Tanjang Wilayah Puskesmas Gabus 1 Pati. Intan Husada: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 12(01), 180–195. https://doi.org/10.52236/ih.v12i1.539
Fauzi, M., Kastaman, R., & Pujianto, T. (2019). Pemetaan Ketahanan Pangan Pada Badan Koordinasi. Industri Pertanian, 01, 1–10. http://www.iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view/633/355
Firdausi, N. I. (2020). Health-Related Indicators Among Elderly At Home. Journal of Nursing Care, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798.
Group, A.-F. (2022). Al-Qur’an Karim (Tafsir Perkata Tajwid Kode Arab).
Hamdani, Z. (2024). Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Perspektif Trait Approach. 16, 340–354. https://doi.org/10.12345/leadership.2024.16.340.
Ismail, S. (2017). Al-Attas’ Philosophy of Islamic Education. Aricis Proceedings, 0(1), 341–350. https://doi.org/10.12345/arp.2017.01.341.
Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Maujud, F. (2017). Peran Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram). Palapa, 5(2), 92–121. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.48
Miftahul, H. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517
Musa’ad, F., Ahmad, R. E., Sundari, S., & Hidayani, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1481–1487. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361
Muttaqien, G. A. (2019). Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Islamisasi Ilmu. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 4(2), 93–130. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i2.9458
Newton, P., & Burgess, D. (2016). Exploring types of educational action research: Implications for research validity. The Best Available Evidence: Decision Making for Educational Improvement, 1999, 33–46. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-438-1_3
Noor, W. (2018). Azyumardi Azra: Pembaruan Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.827
Novarita. (2015). Pendidikan dan Pembentukan Karakter dengan Pembelajaran Jurnal Kepribadian. Seminar Nasional “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Dan Pembelajaran,” 234–239. https://doi.org/10.12345/sn.2015.01.234.
Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/31153.
Puspitasari, D. A., Ramadhan, M. R., Malik, M., Malang, I., Maulana, U. I. N., & Ibrahim, M. (2025). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Generasi Alpha Perspektif Pendidikan Islam dan Psikologi. 10(2), 86–104. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/30182.
Raudhoh. (2017). Peran keluarga dalam pendidikan anak usia dini. Harkat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(1), 83–108. Retrieved from https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/an-Nisa/article/download/118/54/
Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2120
Sofyan, E., Marlina, R., & Darmana, F. (2024). Pendidikan Moral dan Tantangan Teknologi: Implementasi Pancasila untuk Generasi Muda. 07(01), 6887–6896.
Sanusi, I., Suhartini, A., Nurhakim, H Q., Ulvah Nur’aeni, & Muhammad, G. (2024). Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523
Syamsuddin, R., Makassar, U. N., Daeng, K., & Makassar, U. N. (2023). Buku keterampilan berbahasa indonesia untuk pendidikan dasar, (June).
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
UNESCO. (2019). Migration, Displacement and Education. In Global Education Monitoring Report (Issue December).
Vladimir, V. F. (1967). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Pembangunan dan Pemberdayaan. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69). https://doi.org/10.12345/getl.1967.01.69.
Veterinary, C., Veterinary, C., Akhter, F., & Veterinary, C. (2018). 5. Hasan et al ., 2018 . Bangladesh Journal of Veterinary and Animal Sciences. 6, 6(December), 1–6. https://doi.org/10.24843/JVAS.2023.v06.i02.
Viola, M. A., Vilanti, F. A., Rahman, I. A., Masita, M., & Setiyadi, B. (2024). Analisis Kurikulum Berbasis Masyarakat: Memanfaatkan Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan yang Kontekstual. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 112–124. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9636.
Wantu, H. M., Djafri, N., Lamatenggo, N., & Umar, M. K. (2023). Buku Ajar Ilmu Pendidikan Islam (Komplikasi Materi).
Wardhani, P. A., S, Z. M., Rachmadtullah, R., & Siregar, Y. E. Y. (2018). Moral Literacy and Social Climate with Perception Teacher’s Character Education in Elementary School. 251(Acec), 301–304. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.69
Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3839–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312
Zhubaedi. (2016). Desain Pendidikan Islam. 1–23.
Zuhdi, M. (2019). Buku Ajar Pengantar Geologi. In Penerbit Duta Pustaka Ilmu. http://eprints.unram.ac.id/14627/1/Buku Ajar Pengantar Geologi.Pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurhasanah Habibah, Maspuroh, Sinta Nurjanah, Faiz Fahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/