Manajemen Mutu Pendidikan Karakter dalam Perspektif Deming, Juran dan Crosby
DOI:
https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.5430Keywords:
Deming, Juran, Crosby, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali standarisasi manajemen sebagai pengejewantahan pragmatisme hingga perlu mengetahui kontribusi manajemen mutu yang diadopsi oleh lembaga pendidikan berdasarkan perspektif Deming, Juran dan Crosby. Ketiga tokoh tersebut memiliki dasar pemikiran dan strategi untuk penjaminan mutu yang kuat sebagai rujukan dalam meningkatkan produk yang bermutu atau berkualitas. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi, menganalisis literatur yang relevan, dan mengembangkan pemahaman mendalam tentang pemikiran Deming, Juran dan Crosby terhadap manajemen mutu pendidikan karakter. Hasil dan Pembahasan dalam penelitian ini terkait pemikiran dan kontribusi Deming, Juran dan Crosby terangkum dalam istilah Total Quality Management (TQM). TQM dianggap sebuah pendekatan yang cukup tepat, maka lembaga Pendidikan diharuskan mencoba, mengadopsi dan mulai beradaptasi dengan konsep ini, sebagai langkah strategis guna meningkatkan pelayanan maksimal pada pelanggannya. TQM perlu diterapkan pada setiap satuan pendidikan guna mendorong kualitas pelayanan prima kepada stakeholders dalam menerapkan Pendidikan karakter.
References
Afifa, A. (2024). Peningkatan Mutu Pendidikan Menurut Dr. W. Edward Deming. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 84–96. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.6152
Andiarini, S. E., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://core.ac.uk/download/pdf/287323636.pdf
Andriani, U. (2024). Perspective Of Joseph M. Juran’s Educational Quality Development Model And Implementation In Educational Prospects. Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity, 2(1), 1417–1422. https://doi.org/https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/8037
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/100754021/pdf-libre.pdf?1680763397=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DManajemen_Peningkatan_Mutu_Pendidikan.
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Huda, M. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517
Junita, S., Zaini, Z. A. H., Muhith, A., & Ghani, M. F. A. (2024). Implementation of the Trilogy Concept: Improving Student Quality and Education Standards at the Islamic Education Foundation. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 10(01), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i02.9507
Kalsum, U., Zulkarnen, Z., Iskandar, T., Satriyadi, S., Syahri, P., & Mesiono, M. (2024). Strategi Ketua Jurusan PAI Kampus Universitas Ahmad Dahlan dalam Mengembangkan Kampus Merdeka untuk Mutu Lulusan. Journal of Education Research, 5(1), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.764
Khamaludin, K., Respatiningsih, I., & Kustiawan, B. (2024). Manajemen Mutu. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lamdjad, I., & AlFalahi, B. O. S. (2024). Total Quality Management (TQM) for the development of future smart and integrated cities and sustainable development. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(12), 8456. https://doi.org/https://doi.org/10.24294/jipd.v8i12.8456
Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490
Mayangsari, M., Ulwiyah, N., & Qoyyimah, U. (2023). William Edward Deming’s Model Planning. Edusoshum: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 3(3), 146–153. https://doi.org/https://doi.org/10.52366/edusoshum.v3i3.86
Muhammad, G., Nurhakim, H. Q., Rifaldi, M., & Pamungkas, M. I. (2024). Pencegahan Perundungan pada Peserta Didik Melalui Elemen Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.51468/jpi.v6i1.483
Muhammad, G., Ruswandi, U., Nurmila, N., & Zakiyah, Q. Y. (2023). Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools. European Journal of Education and Pedagogy, 4(6), 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.6.768
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), 123–144. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347
Rahminawati, N. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 212–219.
Sanusi, I., Suhartini, A., Nurhakim, H. Q., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523
Schilizzi, R. T., Ekers, R. D., Dewdney, P. E., & Crosby, P. (2024). Evolution of the SKA Science Case. Dalam The Square Kilometre Array: A Science Mega-Project in the Making, 1990-2012 (hlm. 199–278). Springer. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-031-51374-9_5
Smith, R. (2021). W. Edwards Deming, an influential statistician. Research-Technology Management, 64(5), 58–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/08956308.2021.1949850
Solechan, S., Afif, Z. N., Sintasari, B., & Kartiko, A. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Melalui Manajemen Mutu Terpadu. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/annafah.v2i2.1638
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Tafsir, A. (2019). Ilmu Pendidikan Islami. Rosdakarya.
Zohriah, A., Adnan, A., Firdaos, R., & Badri, M. S. M. N. (2024). Implementasi Total Quality Manajemen (TQM) Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 295–301. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/manageria.v4i1.4073
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dirga Ayu Lestari, Mumu Zainal Mutaqin, Solihin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/