https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Manajemen Mutu Pendidikan Karakter dalam Perspektif Deming, Juran dan Crosby

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.5430

Keywords:

Deming, Juran, Crosby, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali standarisasi manajemen sebagai pengejewantahan pragmatisme hingga perlu mengetahui kontribusi manajemen mutu yang diadopsi oleh lembaga pendidikan berdasarkan perspektif Deming, Juran dan Crosby. Ketiga tokoh tersebut memiliki dasar pemikiran dan strategi untuk penjaminan mutu yang kuat sebagai rujukan dalam meningkatkan produk yang bermutu atau berkualitas. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi, menganalisis literatur yang relevan, dan mengembangkan pemahaman mendalam tentang pemikiran Deming, Juran dan Crosby terhadap manajemen mutu pendidikan karakter. Hasil dan Pembahasan dalam penelitian ini terkait pemikiran dan kontribusi Deming, Juran dan Crosby terangkum dalam istilah Total Quality Management (TQM). TQM dianggap sebuah pendekatan yang cukup tepat, maka lembaga Pendidikan diharuskan mencoba, mengadopsi dan mulai beradaptasi dengan konsep ini, sebagai langkah strategis guna meningkatkan pelayanan maksimal pada pelanggannya. TQM perlu diterapkan pada setiap satuan pendidikan guna mendorong kualitas pelayanan prima kepada stakeholders dalam menerapkan Pendidikan karakter.

References

Afifa, A. (2024). Peningkatan Mutu Pendidikan Menurut Dr. W. Edward Deming. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 84–96. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.6152

Andiarini, S. E., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://core.ac.uk/download/pdf/287323636.pdf

Andriani, U. (2024). Perspective Of Joseph M. Juran’s Educational Quality Development Model And Implementation In Educational Prospects. Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity, 2(1), 1417–1422. https://doi.org/https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/8037

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/100754021/pdf-libre.pdf?1680763397=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DManajemen_Peningkatan_Mutu_Pendidikan.

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619

Huda, M. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517

Junita, S., Zaini, Z. A. H., Muhith, A., & Ghani, M. F. A. (2024). Implementation of the Trilogy Concept: Improving Student Quality and Education Standards at the Islamic Education Foundation. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 10(01), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i02.9507

Kalsum, U., Zulkarnen, Z., Iskandar, T., Satriyadi, S., Syahri, P., & Mesiono, M. (2024). Strategi Ketua Jurusan PAI Kampus Universitas Ahmad Dahlan dalam Mengembangkan Kampus Merdeka untuk Mutu Lulusan. Journal of Education Research, 5(1), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.764

Khamaludin, K., Respatiningsih, I., & Kustiawan, B. (2024). Manajemen Mutu. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lamdjad, I., & AlFalahi, B. O. S. (2024). Total Quality Management (TQM) for the development of future smart and integrated cities and sustainable development. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(12), 8456. https://doi.org/https://doi.org/10.24294/jipd.v8i12.8456

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490

Mayangsari, M., Ulwiyah, N., & Qoyyimah, U. (2023). William Edward Deming’s Model Planning. Edusoshum: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 3(3), 146–153. https://doi.org/https://doi.org/10.52366/edusoshum.v3i3.86

Muhammad, G., Nurhakim, H. Q., Rifaldi, M., & Pamungkas, M. I. (2024). Pencegahan Perundungan pada Peserta Didik Melalui Elemen Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.51468/jpi.v6i1.483

Muhammad, G., Ruswandi, U., Nurmila, N., & Zakiyah, Q. Y. (2023). Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools. European Journal of Education and Pedagogy, 4(6), 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.6.768

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), 123–144. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347

Rahminawati, N. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 212–219.

Sanusi, I., Suhartini, A., Nurhakim, H. Q., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523

Schilizzi, R. T., Ekers, R. D., Dewdney, P. E., & Crosby, P. (2024). Evolution of the SKA Science Case. Dalam The Square Kilometre Array: A Science Mega-Project in the Making, 1990-2012 (hlm. 199–278). Springer. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-031-51374-9_5

Smith, R. (2021). W. Edwards Deming, an influential statistician. Research-Technology Management, 64(5), 58–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/08956308.2021.1949850

Solechan, S., Afif, Z. N., Sintasari, B., & Kartiko, A. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Melalui Manajemen Mutu Terpadu. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/annafah.v2i2.1638

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Tafsir, A. (2019). Ilmu Pendidikan Islami. Rosdakarya.

Zohriah, A., Adnan, A., Firdaos, R., & Badri, M. S. M. N. (2024). Implementasi Total Quality Manajemen (TQM) Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 295–301. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/manageria.v4i1.4073

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Dirga Ayu Lestari, Mumu Zainal Mutaqin, & Solihin. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Karakter dalam Perspektif Deming, Juran dan Crosby . Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 162–179. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.5430