https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Arah Pendidikan Indonesia dalam Tataran Filsafat Pendidikan dan Karakter

Authors

  • Gelar Riksa Abdillah Yayasan Negeri Senyum

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2%20November.4593

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pendidikan Indonesia

Abstract

Praktik pendidikan di Indonesia selama lima tahun terakhir mengacu pada Kurikulum Merdeka, kurikulum ini menuai berbagai reaksi baik positif maupun negatif dari masyarakat. Beberapa ahli meragukan dasar pemikiran dan kesesuaian penerapannya dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang diklaim sebagai landasan filosofis dari kurikulum ini. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengkaji dasar pemikiran dan landasan filsafat yang digunakan oleh pemangku kebijakan pendidikan saat ini, untuk melihat arah pendidikan Indonesia secara filosofis. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk mengeksplorasi filsafat pendidikan Indonesia dan mengidentifikasi karakteristik yang diharapkan dari pelajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka lebih condong kepada pendidikan umum yang berorientasi pada perkembangan individu dan inovasi daripada pembangunan ekonomi yang bersifat kolektif.

References

Carr, W. (2006). Adopting an educational philosophy. Cambridge Journal of Education, 14(2), 1-4. https://doi.org/10.1080/0305764840140201

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Jurnal Istiqra`, 1(2), 129-135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181

Herdianto, R., Setyosari, P., Kuswandi, D., Wibawa, A. P., Nafalski, A., & Pradana, I. (2022). Indonesian education: A future promise. International Journal of Education and Learning, 4(3), 202-213. https://doi.org/10.31763/ijele.v4i3.733

Huda, M. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 24-30. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517

Indonesia Corruption Watch. (2022, March 18). Rapor Merah Kinerja Mendikbudristek Nadiem Makarim. ICW. Retrieved July 18, 2024, from https://antikorupsi.org/id/rapor-merah-kinerja-mendikbudristek-nadiem-makarim

INOVASI. (2022). Reforming Indonesia’s curriculum: How Kurikulum Merdeka aims to address learning loss and improve learning outcomes in literacy and numeracy. PSPK Indonesia. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/1686663304_Learning-Gap-Reforming-Indonesias-curriculum-Paper-2-Final.pdf

Jenilan, J. (2018). Filsafat pendidikan. EL-AFKAR: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 7(1), 69. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588

Katadata. (2023). INFOGRAFIK: Rapor Merah Pendidikan Indonesia Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "INFOGRAFIK: Rapor Merah Pendidikan Indonesia" , https://katadata.co.id/infografik/65818776749f2/infografik-rapor-merah-pendidikan-indonesia Penulis: Reza. Kata Data. https://katadata.co.id/infografik/65818776749f2/infografik-rapor-merah-pendidikan-indonesia

Kemendikbud. (n.d.). Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar. Retrieved July 20, 2024, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan. Valia Pustaka.

Krueger, D., & Kumar, K. (2004). Skill-Specific rather than General Education: A Reason for US–Europe Growth Differences? Journal of Economic Growth, 9, 167-207. https://doi.org/10.1023/B:JOEG.0000031426.09886.bd

Latham, J. (2010). Pestalozzi and James Pierrepont Greaves: a shared educational philosophy. History of Education, 31(1), 59-70. https://doi.org/10.1080/00467600110102327

Laubach, M. (2011). Pestalozzi and his significance in democratic education. Journal of Philosophy and History of Education, 61(1), 185-194.

McLaughlin, T. H. (2000). Philosophy and educational policy: Possibilities, tensions and tasks. Journal of Education Policy, 15(4), 441-457. https://doi.org/10.1080/026809300413446

Morrison, K. (2008). Educational philosophy and the challenge of complexity theory. Complexity Theory and the Philosophy of Education, 16-31. https://doi.org/10.1002/9781444307351.ch2

Mudana, I. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Nurgiansah, H. (2021, May 5). Filsafat Pendidikan. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/9FPEM

Phela, Y. J., Hasibuan, N., Rohy, A. R., & Manodohon, M. A. (2023). Challenges of educational philosophy (Humanism, idealism, naturalism, pragmatism, materialism, existentialism) and its impact on PAK in the era of globalization. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 809-820. https://doi.org/10.55927/fjmr.v2i5.4315

Pratikno, Y., Hermawan, e., & Arifin, A. (2022). Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’ from Design to Implementation in the School: What Worked and What not in Indonesian Education. Jurnal Iqra`: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 326-343. https://doi.org/10.25217/ji.v7i1.1708

Puslapdik Kemendikbudristek. (2022, June 21). Hasil Survei: Program-Program Kemendikbudristek Diapresiasi Positif - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. Retrieved July 18, 2024, from https://puslapdik.kemdikbud.go.id/hasil-survei-program-program-kemendikbudristek-diapresiasi-positif/

Sanusi, I., Suhartini, A., Nurhakim, H, Q., Nur'aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523

Saturaev, J. (2021). 2045: Path to nation’s golden age (Indonesia Policies and Management of Education). Science and Education Scientific Journal, 2(12). https://www.researchgate.net/profile/Jakhongir-Shaturaev/publication/357556479_2045_Path_to_nation's_golden_age_Indonesia_Policies_and_Management_of_Education/links/61d42556b6b5667157c615c3/2045-Path-to-nations-golden-age-Indonesia-Policies-and-Management-

Sellars, M., & Imig, D. (2021). Pestalozzi and pedagogies of love: pathways to educational reform. Early Child Development and Care, 191(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.1080/03004430.2020.1845667

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat pancasila dalam pendidikan Di Indonesia menuju bangsa berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286

Sullivan, W. M. (2016). How vocation integrates. Liberal Learning as a Quest for Purpose, 113-138. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780190499242.003.0006

Supardi, S. (2015). Arah Pendidikan Di Indonesia dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92

Suparlan, H. (2016). Filsafat pendidikan Ki hadjar dewantara Dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Riksa Abdillah, G. (2024). Arah Pendidikan Indonesia dalam Tataran Filsafat Pendidikan dan Karakter. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2 November), 124–135. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2 November.4593