https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523

Keywords:

Uswah Hasanah, Pendidikan Islam, Rasulullah

Abstract

Di antara faktor penyebab terjadinya dekadensi moral peserta didik adalah minimnya keteladanan dari orang tua, guru, individu dan komunitas masyarakat, dan para pemimpin. Era supra informasi ini pun memberikan dampak yang cukup signifikan, sebab peserta didik dihadapkan pada peniruan melalui media masa dan elektronik, dan termasuk manusia mempunyai fitrah ghazirah yang cenderung meniru orang lain. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang konsep dan hakikat uswah hasanah dalam perspektif pendidikan Islam sudah menjadi suatu keniscayaan dikuasai yang kemudian diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep uswah hasanah (keteladanan yang baik) menjadi salah satu komponen inti dalam transformasi konten pendidikan Islam yang berlandaskan pada Q.S. Al-Ahzab: 21 dan hadis bahwa akhlak Rasulullah saw. adalah Alquran. Uswah hasanah dianggap sebagai metode pendidikan Islam yang paling efektif dan berpengaruh pada kebiasaan, sikap, hingga menjadi tindakan. Urgensi konsep uswah hasanah dalam kehidupan adalah sebagai bukti ketaatan pada Allah dan Rasulullah saw. Dan bangsa yang berperadaban baik dimulai dari individu yang baik. Adapun pengembangan model penanaman nilai karakter melalui peneladanan dapat dilakukan dengan keteladanan dan pembiasaan baik yang disengaja ataupun tidak. Serta, implikasi pedagogi metode uswah hasanah ini  menunjukkan bahwa pendidik adalah pewaris pada nabi, pendidikan adalah uswah hasanah, dan keteladanan itu dimulai dari diri sendiri.  

References

Ahmad, Abu al-Husayn ibn Faris ibn Zakariya. (1994). Al-Maqayis fi al-Lughah, tahqiq oleh Syihab al-Din Abu Amr. Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Ahwani, Ahmad Fuad. Al-Tarbiyyat fi al-Islam. Kairo: Dar al-Ma’arif, t.th.

Al-Asfahani, Al-Raghib. (1992). Mufradat Alfadh Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Qalam.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail Abu Abdillah. (2009). Sahih al-Bukhari, dalam Kitab 9 Imam [CD ROM], Lidwa Pusaka i-Software.

Amrullah, Abdul Malik Karim Amrullah. (1999). Tafsir Al-Azhar, jilid 9 Cet ke-3. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib (2000). Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid III. Jakarta: Gema Insani Press.

Hamalik, Oemar. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasanah, Aan. (2014). Jurnal Penjaminan Mutu Vol. 1 No. 1. Bandung: LPM UIN Bandung.

Hery, Noer Aly. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Hidayat, Nurul. (2015). Keteladanan dalam Pendidikan TA’ALLUM, Vol. 03, No. 02. Tulungagung.

Muhammad, G., Rahmawati, H., Rofiani, R., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Character Building Based on The State Philosophy in The Context of Islamic Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 7131–7138.

Muhammad, G., Suhardini, A. D., Suhartini, A., & EQ, N. A. E. Q. A. (2023). Implementasi pendidikan pesantren salaf pada pondok pesantren khalaf di era globalisasi. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 705–715.

Mustaqim. (2001). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustofa, Ali. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam Cendekia: Jurnal Studi Keislaman Volume 5, Nomor 1.

Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sanusi, I. (2019). Program Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik di SMA Melalui Kegiatan Pembelajaran Berbasis PAI di Luar Kelas.

Sanusi, I., Rahmawati, H., Arifin, B. S., & Ruswandi, U. (2021). Development Of Islamic Religious Education Learning In High School (Study At Sman 5 Bandung). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 297–310.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta.

Taklimudin. (20018). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam vol. 3 no. 1. STAIN Curup–Bengkulu.

Tim Penyusun. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Widiaworo, Erwin. (2014). Rahasia Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Iwan Sanusi, Andewi Suhartini, Haditsa Qur’ani Nurhakim, Ulvah Nur’aeni, & Giantomi Muhammad. (2024). Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1 Maret), 1–20. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523