https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk mengembangkan model pendidikan karakter di masyarakat. Latar belakang ini muncul seiring dengan peran penting karakter dalam membentuk identitas individu dan kemampuan sosialisasi mereka dengan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki potensi pengembangan model pendidikan karakter berbasis masyarakat dengan memanfaatkan metode studi kepustakaan atau library research. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakter mencerminkan cara berprilaku dan berfikir yang menjadi ciri khas setiap individu, memberikan landasan kuat untuk bersosialisasi dengan keluarga, masyarakat, dan negara. Nilai-nilai karakter tersebut bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Dalam konteks pengembangan, model pendidikan karakter dapat diperkuat melalui pendekatan seperti Model PML (Pembangunan Masyarakat Lokal), Model PS (Perencanaan Sosial), dan Model AS (Aksi Sosial). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penguatan model ini bukan hanya meningkatkan pemahaman nilai-nilai karakter, tetapi juga mempromosikan keterlibatan masyarakat dalam membentuk fondasi moral dan etika yang kuat. Dengan demikian, model ini berpotensi memberikan kontribusi positif dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan nilai-nilai karakter dan berdaya saing tinggi.

References

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Yusniasari, Y., Selpita, S., Anisa, M., & Purnamasari, I. (2023). Pendidikan Islam Dalam Menangani Tantangan Global. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(1), 201–208. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1306

Bagong, S. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat:Prasyarat yang Dibutuhkan. Jurnal Edukasi, 1(1).

Hasanah, A. (2013). Pendidikan dalam Perspektif Karakter. Bandung: Insan Komunika.

Ife, J. (1995). Community Development: Creating Community Alternatives : Vision, Analysis, and Practice. Longman.

Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Edukasia Islamika : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.28918/jei.v1i1.1228

Kesuma, D. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Masnur, M. (2011). Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, M. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sihombing, U. (2009). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumpeno, W. (2009). Sekolah Masyarakat; Penerapan Rapid-Training-Design Dalam Pelatihan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanta, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i1.568

Syarbini, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Studi Tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam. Yogyakarta: Arruz Media.

Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wirasasmita, R., & Hendriawan, E. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 5(2).

Zubaedi. (2006). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Miftahul Huda. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1 Maret), 39–51. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3517