https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394

Keywords:

Pembiasaan, Sholat Duha, Kedisiplinan, Ibadah

Abstract

Pembiasaan sholat dhuha berjamaah sebagai bentuk latihan religius dapat menjadi instrumen yang efektif dalam membentuk kedisiplinan ibadah siswa. Dengan kedisiplinan ibadah yang baik, diharapkan siswa dapat menginternalisasikan nilai – nilai keagamaan dan mempraktekkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari – hari, baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiasaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket atau kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan dianggap homogen.  Sampel diambil dari populasi yaitu siswa SMP KP Baros, dan sampel yang diambil sebanyak 31 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembiasaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan ibadah siswa. Dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,366 yang menunjukkan bahwa sebesar 36,6% kedisiplinan ibadah siswa (Y) dipengaruhi oleh pembiasaan sholat dhuha (X), maka ho ditolak dan ha diterima.

References

Abror, K. (2019). Fiqh Ibadah (Cet. 1). Yogyakarta: Phoenix Publisher.

Alled, J. E. (2005). Disiplin Positif. Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.

Arief, A. (2022). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Az-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Munir Aqidah, Syariah, Manhaj (Al-Mulk - An-Naas) juz 29 & 30, Jilid 15. Depok: Gema Insani.

Aziz, H., Rahila, R., & Halimi, A. (2020). Implementation of Islamic Character Education Through Morning Habit Program. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 69–77.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2005). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Halimi, A., Sobarna, A., & Hakim, A. (2017). Pembinaan Karakter Religius dan Cinta Damai dalam Pelaksanaan Kegiatan Pesantren Mahasiswa. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 7(3), 744–750.

Indonesia, T. P. K. B. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (xvi). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Agama, R. I. (2011). Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 2 (Edisi Yang Disempurnakan). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Khon, A. M. (2018). Hadis Tarbawi (cet. 4). Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhammad, G., Rofiani, R., Arifin, B. S., & Ruswandi, U. (2022). Penerapan Pendidikan Agama Islam untuk menjaga kualitas pendidikan islami di Aisyiyah Boarding School Bandung. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 388–399.

Muhammad, G., Ruswandi, U., Nurmila, N., & Zakiyah, Q. Y. (2023). Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools. European Journal of Education and Pedagogy, 4(6), 113–120.

Nuroni, E., & K. (2016). No TitleImplementasi Pembentukan Karakter pada Peserta Didik di MI Asih Putera Kota Cimahi. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan SPSS Statistic 20.0. Yogyakarta: Deepublish.

Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Kalam Mulia.

Ramirez, L. M. (2004). Mengasuh Anak dengan Visi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Rasjid, S. (2019). Fikih Islam (Cet. 85). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

RI, B. L. dan D. K. A. (2019). Al - Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta.

RI, K. (n.d.). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sabiq, S. (2008). Fikih Sunnah. (M. N. Al-Albani, Ed.). Jakarta: Cakrawala Publishing.

Sabiq, S. (2018). Ringkasan Fikih Sunnah (Cet. 4). Jakarta Timur: Beirut Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Surawan Martinus. (2008). Kamus Kata Serapan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tafsir, A. (2019). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Rosdakarya.

Wathoni, L. M. N. (2020). Hadis Tarbawi (Cet. 1). Lombok: Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Tri Yugo. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1 Maret), 64–83. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394