https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa

Authors

  • Tri Yugo Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394

Keywords:

Pembiasaan, sholat Duha, Kedisiplinan , Ibadah

Abstract

Pembiasaan sholat dhuha berjamaah sebagai bentuk latihan religius dapat menjadi instrumen yang efektif dalam membentuk kedisiplinan ibadah siswa. Dengan kedisiplinan ibadah yang baik, diharapkan siswa dapat menginternalisasikan nilai – nilai keagamaan dan mempraktekkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari – hari, baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiasaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket atau kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan dianggap homogen.  Sampel diambil dari populasi yaitu siswa SMP KP Baros, dan sampel yang diambil sebanyak 31 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembiasaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan ibadah siswa. Dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,366 yang menunjukkan bahwa sebesar 36,6% kedisiplinan ibadah siswa (Y) dipengaruhi oleh pembiasaan sholat dhuha (X), maka ho ditolak dan ha diterima.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Tri Yugo. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1 Maret), 40–52. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3394