https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Sistem Antrian Kendaraan Angkutan Barang pada Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Kayumalue

Authors

  • Dewi Ajeng Nurwandani Universitas Tadulako
  • Syamsuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sulaeman Miru Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mohammad Ega Nugraha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i2.4937

Keywords:

Sistem Antrian, Angkutan Barang, Jembatan Timbang

Abstract

Abstract. The high arrival flow of freight vehicles at Kayumalue Motor Vehicle Weighing Implementation Unit at certain times causes queues. The purpose of this study was to determine and analyze the utilization factor (utility) in the system, the average number of units (vehicles) in the system, the average time by units in the system, the average number of units (vehicles) in the queue, and the average time by units (vehicles) in the queue at UPPKB Kayumalue. The results of this observation show that at arrival door one (1) Time period 08.00-18.00 WITA the utilization factor (utility) in the system is 0.583, the average unit (vehicle) in the system is 1.40 vehicles, the average time of the unit (vehicle) in the system 12 minutes, the average unit (vehicle) in the queue is 0.817 vehicles, and the average time of the unit (vehicle) in the queue 7 minutes. While at the arrival door, two (2) time periods 08.00-18.00 WITA utilization factor (utility) in the system is 0.357, the average unit (vehicle) in the system is 0.555 vehicles, the average time of the unit (vehicle) in the system 6.66 minutes, the average unit (vehicle) in the queue is 0.198 vehicles, and the average time of the unit (vehicle) in the queue 2.4 minutes.

Abstrak. Tingginya arus kedatangan kendaraan angkutan barang di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Kayumalue pada waktu-waktu tertentu menyebabkan antrian. Antrian terjadi karena UPPKB Kayumalue memiliki keterbatasan layanan satu platform (jembatan timbang) dan satu server untuk sistem informasi, meskipun ada dua pintu kedatangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor pemanfaatan (utilitas) dalam sistem, jumlah rata-rata unit (kendaraan) dalam sistem, waktu rata-rata yang dihabiskan unit dalam sistem, jumlah rata-rata unit (kendaraan) dalam antrian, dan waktu rata-rata yang dihabiskan unit (kendaraan) dalam antrian pada UPPKB Kayumalue. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan purposive sampling sebanyak 30 sampel per pintu kedatangan. Hasil pengamatan ini menunjukan bahwa pada pintu kedatangan satu (1) periode waktu 08.00-18.00 WITA faktor pemanfaatan (utilitas) dalam sistem sebesar 0.583, rata-rata unit (kendaraan) dalam sistem 1.40 kendaraan, waktu rata-rata unit (kendaraan) dalam sistem 12 menit, rata-rata unit (kendaraan) dalam antrian 0.817 kendaraan, dan waktu  rata-rata unit (kendaraan) dalam antrian 7 menit. Sedangkan pada pintu kedatangan dua (2) periode waktu 08.00-18.00 WITA faktor pemanfaatan (utilitas) dalam sistem sebesar 0.357, rata-rata unit (kendaraan) dalam  sistem 0.555 kendaraan, waktu rata-rata unit (kendaraan) dalam sistem 6.66 menit, rata-rata unit (kendaraan) dalam antrian 0.198 kendaraan, dan waktu rata-rata unit (kendaraan) dalam antrian 2.4 menit.

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Aswaja Pressindo.

Agung Wahyu Utomo, Alex Alfandi, Firman Maulana, M. A. A. M. (2022). LAPORAN MAGANG 1 DI UNIT PELAKSANA PENIMBANGAN KENDARAAN BERMOTOR POJOK TULUNGAGUNG. http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/937

Anjani, D. D., Ratih Tresnati, & M. Malik Akbar Rohandi. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad di Kota Bandung). Jurnal Riset

Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.219

Cendekiawan, M. I., Idris, & Rahman, T. (2022). PENERAPAN MODEL ANTRIAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN DI PT. SUMBER INDAH PERKASA. Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE) Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung, 1(1), 48–58.

Chandra Chan, I. C. B., Paendong, M. S., & Manurung, T. (2023). Analisis Antrian Pada “Supermarket Cool” Tomohon Menggunakan Teori Antrian Untuk Menentukan Pelayanan Yang Optimal. D’Cartesian, 12(1), 26–34. https://doi.org/10.35799/dc.12.1.2023.48046

Djakaria, T. J., Lasmanah, & Setiyawan, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Penggunaan Fintech terhadap Peran Inklusi Keuangan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 79–85. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2826

Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4, 870–880.

Juanita, Z. (2020). ANALISIS ANTRIAN SPBU 34-13907 KOTA JAKARTA TIMUR.

Lijaya, A., & Ginting, P. J. (2019). Analisis Sistem Antrian Pemuatan Pupuk di Distributor Pupuk Kota Medan. JURITI PRIMA (Junal Ilmiah Teknik Industri Prima), 3(1), 13–17.

MZ, H., Pratiwi, I., Tamalika, T., & Husin, I. (2019). Analisis Sistem Antrian Dengan Metode Simulasi. Jurnal Desiminasi Teknologi, 7(1), 51–59.

Putri, M. D. D., & Rohandi, Moch. M. A. (2023). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Aksesoris Tjorak Mootera di Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 25–32. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i1.2029

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.

Salmaa. (2023, March 10). Penelitian Deskriptif: Pengertian, Kriteria, Metode, dan Contoh. Penerbit Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-deskriptif/

Sartika, D., Asngadi, A., & Syamsuddin, S. (2020). Analisis Pemeliharaan Mesin Cco (Crude Coconut Oil) Studi Kasus Pada Pt. Spo Agro Resources. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(1), 10–19. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i1.167

Seno W., N. A., Sulistiono, M. A., Riyanto, B., & Basuki, K. H. (2014). Analisis Antrian Angkutan Barang Pada Jembatan Timbang Dengan Metode Simulasi Multiple Channel (Studi Kasus Pada Jembatan Timbang Sarang). Jurnal Karya Teknik Sipil; Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, 3(3), 617–629. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/7198

Siahaan, N. B., & Yahfizham. (2024). Manajemen Proyek Pengembangan Sistem Informasi PPDB dengan Metode Agile Scrum. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 41–50. https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i1.3916

Sukmawati, R., & Hermana Cecep. (2024). Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 51–56. https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i1.4019

Syamsuddin, Saharuddin, Yusrizal, Dharmawati, T., Pujisari, Y., & Fatmawati, E. (2023). Utilizing Blockchain Technology in Global Supply Chain Management: An Exploration of Scalable Information Systems. EAI Endorsed Transactions on Scalable Information Systems, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.4108/eetsis.4374

Wati, R. (2017). Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Menggunakan Metode Waiting Line. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 91. http://www.bsi.ac.id

Wiranda, D., Muhardi, & Gumelar, E. T. (2022). Analisis Sistem Antrian Layanan Teller Dengan Menggunakan Metode Multi Channel-Single Phase (M/M/S) Untuk Mengoptimalkan Pelayanan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 71–80. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i2.1633

Downloads

Published

2024-12-24