https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Kegiatan Pengelolaan Bank Sampah dalam Clean and Green di Perguruan Tinggi

Authors

  • Ajeng Siti Fatimah Azzahra Universitas Islam Bandung
  • Dadi Ahmadi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmb.v4i1.3432

Keywords:

Pola Komunikasi, Bank Sampah , clean and green

Abstract

Abstrak. Sampah merupakan masalah yang tidak terpecahkan dari tahun ke tahun, penyebab limbah sampah semakin bertambah jumlahnya Penelitian ini di lakukan di perguruan tinggi Universitas Islam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sampah di Bank Sampah Clean and Green dan mengetahui peran Bank sampah sebagai pusat daur ulang dan pengurangan sampah pada skala lokal. Menjaga keberlanjutan operasional bank sampah merupakan hal yang penting. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi, sedangkan pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kelompok internal pengelolaan bank sampah terdiri dari aktivis lingkungan, Cleaning service, lalu manajemen pengelolaan. Sedangkan media yang digunakan adalah media sosial, lalu pengumuman fisik, dan diskusi. Lalu komunikasi yang digunakannya pertemuan tatap muka dan chat grup.

Sampah merupakan masalah yang tidak terpecahkan dari tahun ke tahun, penyebab limbah sampah semakin bertambah jumlahnya Penelitian ini di lakukan di perguruan tinggi Universitas Islam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sampah di Bank Sampah Clean and Green dan mengetahui peran Bank sampah sebagai pusat daur ulang dan pengurangan sampah pada skala lokal. Menjaga keberlanjutan operasional bank sampah merupakan hal yang penting. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi, sedangkan pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kelompok internal pengelolaan bank sampah terdiri dari aktivis lingkungan, Cleaning service, lalu manajemen pengelolaan. Sedangkan media yang digunakan adalah media sosial, lalu pengumuman fisik, dan diskusi. Lalu komunikasi yang digunakannya pertemuan tatap muka dan chat grup.

Abstract. Garbage is a problem that is not solved from year to year, the reason is that the amount of waste continues to increase. This research was conducted at Bandung Islamic University. This research aims to analyze waste management at the Clean and Green Waste Bank and determine the role of the Waste Bank as a recycling and waste reduction center on a local scale. Maintaining the sustainability of waste bank operations is important. The method used was descriptive qualitative with an ethnographic approach, while the data collection used in this research was interviews and observation. The results of this research showed that the internal waste bank management group consisted of environmental activists, cleaning services, and management. Meanwhile, the media used are social media, then physical announcements and discussions. Then the communication used is face-to- face meetings and group chats.

References

Fitria, F., & Fatiah, F. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Bank Sampah (Studi Kass Bank Sampah Kota Prabumulih).ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 1–14.

Hartono, R. (2008). Penanganan Dan Pembangunan Sampah. TPS

Painem, P., Hari Soetanto, Anindya Putri Pradiptha, & Utomo Budiyanto. (2022). Optimaslisasi Penggunaan Website Sebagai Media Publikasi Informasi Bank Sampah Budi Luhur. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat , 304–313.

Mufty Machmud, A., & Yuningsih, A. (2022). Hubungan Kampanye Vaksinasi dengan Sikap Followers untuk Divaksin. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 162–168. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.502

Vika Azkiya Dihni. (2021). Sampah Harian Warga Jawa Barat Berkurang pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/02/sampah-harian-.

Walidin, Prof.Dr. H. Warul, Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (ed. M. Ag Masbur). FTK Ar-Raniry Press.

Wardany, Kusuma, Reni Permata Sari, & Erni Mariana. (2020). Sosialisasi Pendirian ‘Bank Sampah’ Bagi Peningkatan Pendapatan Dan Pemberdayaan Perempuan Di Margasari (1st ed.)

Downloads

Published

2024-07-20