Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001Keywords:
Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kualitas PelayananAbstract
Abstract. The purpose of this study was to identify the influence of marketing mix variables on purchasing decisions on clothing products at Ramayana Cimahi which was moderated by service quality variables. The results showed that partially, the marketing mix variable had a negative and insignificant effect on purchasing decisions for clothing products at Ramayana Cimahi. Partially, the service quality variable has a positive and significant influence on purchasing decisions for clothing products at Ramayana Cimahi. Simultaneously, there is a positive and significant influence on the influence of the marketing mix on purchasing decisions for clothing products which is strengthened by the moderating variable of service quality. Thus, this study shows that service quality has a positive and significant influence on consumer purchasing decisions, but there are other variables that influence consumer purchasing decisions besides marketing mix and service quality.
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh antara variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada produk pakaian di Ramayana Cimahi yang dimoderasi oleh variabel kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, variabel bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk pakaian di Ramayana Cimahi. Secara parsial, variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pakaian di Ramayana Cimahi. Secara simultan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk pakaian yang diperkuat oleh variabel moderasi kualitas pelayanan. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, namun masih ada variabel lain yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen selain bauran pemasaran dan kualitas pelayanan.