Eksplorasi Nilai Nilai Stoikisme Dalam Sudut Pandang Islam
DOI:
https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i2.4968Kata Kunci:
Stoikisme, Islam, Filsafat, Etika, Pengendalian Diri, Keberanian, KebijaksanaanAbstrak
Filsafat Stoikisme telah lama menjadi dasar bagi kehidupan moral dan etika di dunia Barat. Di sisi lain, Islam memberikan panduan moral dan spiritual yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip utama Stoikisme, seperti pengendalian diri, keberanian, kebijaksanaan, dan keadilan, memiliki kesamaan dengan ajaran Islam. Dengan pendekatan komparatif, jurnal ini membahas persamaan dan perbedaan antara kedua pandangan tersebut, serta bagaimana Stoikisme dapat dipahami dalam kerangka ajaran Islam
Referensi
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58.
Pinell, P. (2024). Pemikiran dan Pertimbangan Politik: Gnômê dalam Filsafat Politik Stoik Epictetus. Peninjau Ilmu Politik, 48(1), 87-112.
Sellars, J. (2020). Marcus Aurelius. Routledge.
Zulkarnain, M. F., Hilalludin, H., & Suny, F. S. A. (2024). Relevansi Pengampunan Korupsi dalam Perspektif Islam Dengan Hukum yang Berlaku. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 2(4), 139-147.
Fitra, A., & Salman, AMB (2024). Menjunjung tinggi keadilan Surah An-Nisa ayat 135 (menurut Sayyid Qutb dan Quraisy Shihab). AL-IKHSAN: Jurnal Interdisipliner Studi Islam, 2(1), 64-75.
JAMILAH, U. (2017). DEIKSIS DALAM TERJEMAHAN AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 1 SAMPAI 286 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).
Andy, S. (2018). Hakikat puasa Ramadhan dalam perspektif tasawuf (tafsir QS Al-Baqarah: 183). Jurnal Ibn Abbas, 1(1), 1-17.
Aliyatul, W. (2018). studi komparasi: pemikiran imam al-ghazali dalam kitab ihya’ulumuddindan ibnu taimiyah dalam kitab majmu’fatawa tentang konsep etika murid terhadap guru dalam pendidikan islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Mubarok, M. F. (2020). Ilmu Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 8(1), 22-38.
Dahar, D., Abidin, Z., & Eri, E. (2019). Analisis komparatif produksi gula aren dan gula semut dengan pendekatan metode Hayami di Desa Dulamayo Selatan. Jurnal Agercolere, 1(2), 67-72.
Hilalludin, H., & Althof, G. (2024). Perbedaan Tingkat Kematangan Sosial Antara Santri Pondok Pesantren Modern Dan Tradisional. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(3), 201-208.
Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Nilai-nilai perjuangan pendidikan karakter Islam KH Abdullah Sa'id. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 283-289.
Halza, KE, Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Melihat secara mendalam tentang tantangan dalam mengelola pesantren potret dan prospek masa depan. Jurnal Dunia Pembelajaran dan Pengajaran Islam, 1(2), 19-30.
Adri, A., & Hadi, S. (2018). Descartes, Spinoza, Berkeley: Menguak Tabir Pemikiran Filsafat Rasionalisme dan Empirisme. Anak Hebat Indonesia.
AFFREZI, R. (2024). KONSEP KEBAHAGIAAN PERSPEKTIF FILSAFAT STOIKISME MARCUS AURELIUS DAN AL-GHAZALI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Dwi Septiwiharti, S. S. (2024). Filsafat Pendidikan: Memahami Pendidikan dari Socrates sampai Fuad Hassan. Prenada Media.
Rahman, M. A. (2023). STOIKISME KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDEKATAN HERMENEUTIKA WILHELM DILTHEY (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PTIQ JAKARTA).
Simangunsong, A. A. (2024). Konsep Pengendalian Diri Filsafat Stoikisme dalam Perspektif Al-Qur'an (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
ASSHYDDIQ, A. L. KONSEP KEBAHAGIAAN DALAM PERSPEKTIF SENECA DAN HAMKA DI ERA MASYARAKAT MODERN (Bachelor's thesis, FU).
MUNA, F. A. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN STOIKISME SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF PERILAKU BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelaku UMKM Sektor Laundry Di Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).