https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Percikan Filosofis Al-Wujud Mulla Sadra terhadap Tradisi Filsafat Islam

Penulis

  • muh ibnu sholeh sholeh STAIMAS Tulungagung
  • M Munif IAIFA Kediri
  • Sokip IAIFA Kediri
  • Asrop Syafi’i UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i2.4870

Kata Kunci:

Filsafat wujud, Ibn Arabi, Suhrawardi, al-harakat al-jauhariyyah, aspek ontologis, theologis, kosmologis

Abstrak

Penelitian ini mengkaji konsep al-Wujud dalam pemikiran Mulla Sadra yang memercikkan diri terhadap filsafat Islam. Mulla Sadra, seorang filsuf besar dalam tradisi Islam, mengembangkan konsep ini dengan menekankan pandangan filosofis pada bahwa segala sesuatu yang ada hanyalah manifestasi dari satu Wujud Tunggal, yaitu Allah. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan menganalisis karya-karya utama Mulla Sadra dan membandingkannya dengan pandangan filsuf dalam Islam lainnya seperti Ibn Arabi dan Suhrawardi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Filsafat al-Wujud dalam pemikiran Mulla Sadra  bersinggungan dengan Wahdat al-Wujud yangbersinggungan secara menadasr dengan sistematika filsafat Islam, yang memuat aspek ontologsi, kosmologis, teologis, dan etika. Salah satu kontribusi utama dari filsafat al-Wujud Mulla Sadra adalah teori tentang gerak substansial (al-harakat al-jauhariyyah), yang menyatakan bahwa setiap entitas di alam semesta mengalami perubahan substansial menuju kesempurnaan wujud. Teori ini mendukung gagasan bahwa seluruh makhluk terus bergerak menuju penyatuan dengan Wujud Ilahi. Percikan dari konsep ini memperkaya pemahaman sisi metafisik dalam filsafat Islam, di mana realitas dipandang sebagai spektrum wujud yang terhubung, dan etika manusia diarahkan pada penyempurnaan spiritual yang berujung pada kedekatan dengan Tuhan. Selain itu, penelitian ini juga menyinggung sisi inti sari pemikiran filsafat al-Wujud Mulla Sadra secara  perbandingan dengan pemikiran Ibn Arabi dan Suhrawardi, serta memberikan percikan relatif baru sekaitan dengan sisi integrasi spiritualitas dengan rasionalitas dalam perkembangan dan pengembangan filsafat Islam.

Referensi

Daftar Pustaka

Ahmed, E. (2018). Mulla Sadra’s Notion Of Existence:A Comparative Review. Al-Hikmat: A Journal of Philosophy, 38.

Akbar, A. (2016). Looking at Ibn ‘Arabi’s Notion of Wahdat al-Wujud as a Basis for Plural Path to God. Journal of Islamic Studies and Culture, 4(1). https://doi.org/10.15640/jisc.v4n1a6

Akbari, R. (2021). Mulla Sadra on Beauty and Art. The International Journal of Humanities, 28(1).

Ali, N. (2016). Religious language in the transcendent philosophy of Mulla Sadra. Kom : Casopis Za Religijske Nauke, 5(2), 23–38. https://doi.org/10.5937/kom1602023N

Aziz, M. (2015). Mulla Shadra [1571 M - 1636 M] (Study Tentang Pemikiran Al-Hikmah Al-Muta’aliyah Dan Al-Asfar Al-Arba’ah). Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 5(1).

Bowen, G. A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Corbin, H. (2014). History of Islamic philosophy. routledge.

Dewi Nur Asiyah. (2022). Pandangan Ibn Al-Arabi Mengenai Wahdat Al-Wujud dan Konsep Kebahagiaan. Spiritualita, 5(2), 73–82. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v5i2.844

Elahi, M., Behesht, I., Razavi, S. H., Mousavi, S. A. A., & Hosseini, S. M. (2022). A comparative study of the status of the perfect human being from the perspective of Mulla Sadra and Kant. Journal of Positive School Psychology, 6(3).

Faruque, M. U. (2018). The Labyrinth of Subjectivity: Constructions of the Self from Mullā Ṣadrā to Muḥammad Iqbāl. University of California, Berkeley.

Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper. Sage publications.

Gliner, J. A., & Morgan, G. A. (2017). Research Methods in Applied Settings: An integrated approach to design and analysis.

Iqbal, M. (Ed.). (2017). Between Physics And Metaphysics: Mulla Sadra On Nature And Motion (1 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315259475

Kalin, I. (2010). An Annotated Bibliography of the Works of Sadr al-Din al-Shirazi (Mulla Sadra) with a Brief Account of His Life. Islamic Studies, 42(1).

Kavyani, M. S., Razmi, H., & Parsania, H. (2024). Reconstructing William Lane Craig’s Explanation of Absolute Time Based on Mulla Sadra’s Philosophy. Sophia, 23(3). https://doi.org/10.1007/s11841-024-01038-6

Kermani, T. (2014). Diskursus Akhlak dalam Filsafat Mulla Sadra. Kanz Philosophia : A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 4(1), 78. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v4i1.56

Maliki, A. (2021). Menggagas Epistemologi Dalam Filsafat Islam. At-Thariq: Jurnal Studi Islam dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.57210/trq.v1i2.80

McKenney, S. E., & Reeves, T. C. (2012). Conducting educational design research. Routledge.

Nasr, S. H. (2006). Islamic Philosophy from Its Origin to the Present: Philosophy in the Land of Prophecy. State University of New York Press.

Nur Laini, H. U., & Soleh, A. K. (2024). Ajaran Isyrāqi: Studi Kritis-Epistemologis Filsafat Iluminasi Suhrawardi. Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 22(1), 1–24. https://doi.org/10.21111/klm.v22i1.12274

Rahman, A. R. (2022). KONSEP JIWA MENURUT MULLA SHADRA. https://doi.org/10.31219/osf.io/uwyxa

Rahman, F., & Muzammil, S. (2023). Penafsiran Paradigma Wahdah Al-Wujud Dalam Pemikiran Islam: Studi Komparasi Gagasan Kesatuan Wujud Ibrahim Al-Kurani Dan Mulla Sadra. ESOTERIK, 9(1), 53. https://doi.org/10.21043/esoterik.v9i1.18461

Rezazadeh, R. (2011). Thomas Aquinas and Mulla Sadra on the Soul-Body Problem: A Comparative Investigation. Journal of Shi’a Islamic Studies, 3(2).

Rizvi, S. (2020). Tradition and Islamic Philosophy: Some Recent Urdu Publications on Mullā Ṣadrā. Journal of Urdu Studies, 1(1), 27–52. https://doi.org/10.1163/26659050-12340002

Rustom, M. (2009). QurÞanic Exegesis in Later Islamic Philosophy: MullÁ ÑadrÁ’s TafsÐr SÙrat al-FÁtiÎa. University of Toronto (Canada).

Saputra, H. (2016). Konsep Epistemologi Mulla Shadra. Substantia, 18(2).

Saputra, M. D. H. (2022). Islam Sebagai Alternatif Paradigma Dan Epistemologi Ilmu Pengetahuan. Jurnal Al-Aqidah, 14(1), 57–73. https://doi.org/10.15548/ja.v14i1.3970

Shah, S. A. (2018). Conception Of Time And Being In The Transcendent Philosophy Of Mulla Sadra. Journal of Social Sciences and Humanities, 50(1).

Shah-Kazemi, R. (2012). The spirit of tolerance in Islam. I.B. Tauris in association with the Institute of Ismaili Studies.

Shull, F., Singer, J., & Sjøberg, D. I. K. (Ed.). (2008). Qualitative Methods in Empirical Studies of Software Engineering. Springer.

Trisno, A. (2022). Model Penalaran Epistemologi Irfani; Filsafat Al-Hikmah Al-Muta’aliyah Mulla Shadra. Journal of Islamic Thought and Philosophy, 1(02).

متولی حقیقی, م., صحاف, م. خ., & کمالی زاده, ط. (2023). تعالی در معماری ایرانی با تاملی در حکمت متعالیه. باغ نظر, Online First. https://doi.org/10.22034/bagh.2023.404885.5410

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

sholeh, muh ibnu sholeh, Munif, M., Sokip, & Syafi’i, A. (2024). Percikan Filosofis Al-Wujud Mulla Sadra terhadap Tradisi Filsafat Islam. Tamadduna: Jurnal Peradaban, 1(2), 54–66. https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i2.4870

Terbitan

Bagian

Articles