https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Tasydid Asli dan Asimilasi pada Bacaan Idgham dalam Penulisan dan Pengucapan

Analisis Fonetik dan Implikasi Tajwid

Penulis

  • Dede Mulyaningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lina Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ar Romli Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.4030

Kata Kunci:

Tasydid, Tajwid, Analisis Fonetik, Idgham, Tilawah Al-Qur'an

Abstrak

Tulisan ini adalah studi kasus tentang Ilmu Tajwid Al-Qur’an yang meneliti pola bacaan tasydid sebagai salah satu bahasan fonetik dalam lingkup ilmu al-ashwat. Penelitian ini mendeskripsikan dua jenis tasydid: tasydid yang tertulis dalam mushaf dan diterapkan dalam bacaan, serta tasydid yang terjadi karena asimilasi kata, mengacu kepada referensi ilmu tajwid dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data diambil dari beberapa sampel bacaan dalam Al-Qur'an, khususnya dari Surah As-Syams yang mengandung tasydid, dan diklasifikasikan menurut dua kategori tersebut. Melalui penelitian ini, diharapkan ada kesesuaian antara bacaan dan tulisan masing-masing kelompok tasydid, yakni tasydid asli dan tasydid hukmi. Faktor-faktor yang mempengaruhi durasi tasydid termasuk perbedaan sistem fonetik, pemilihan gaya bacaan, dan preferensi kaidah ilmu tajwid. Mengingat pentingnya ilmu al-ashwat dalam pembelajaran bahasa Arab serta urgensi pembelajaran tahsin dan tajwid di semua jenjang pendidikan, penelitian ini meneliti aspek fonetik dalam pengucapan tasydid. Berdasarkan hasil analisis bacaan surah Al-Isra ayat 1 dan surah An-Najm ayat 1-15 oleh qari’ M. Yasser Arafat, ditemukan 14 entri tasydid, dengan rincian 7 tasydid asli dan 7 tasydid dari proses asimilasi Idgham. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur'an atau kompetensi qira'ah maupun ilmu tajwid di masyarakat luas.

Referensi

Gunarti, T.T. “Fonologi Al-Qur’an Pada Surah Asy-Syamsy Analisis Keserasian Bunyi Pada Sajak Dan Efek Yang Ditimbulkannya” (2020).

Herdiansyah, Haris. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Irawan, Yusuf. Fonetik Akustik: Sebuah Pengantar Telaah Wujud Akustik Bahasa. Bandung: Angkasa, 2017.

Lubis, Muhammad Irsyad. Pelajaran Tajwid. Medan: Sumber Ilmu Jaya, 1950.

Mahfan. Pelajaran Tajwid Praktis. Jakarta: Sandoro Jaya, 2000.

Mukhtar. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group, 2013.

Octaviyanti, Sri. “Durasi Asimilasi Vokal Tanwin Dalam Pembacaan Al- Qur’an Surah Al- Isra’ Oleh Qa Ri’ Internasonal” 6, no. 1 (2023): 63–73.

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Mulyaningsih, D., Marlina, L., & Ar Romli, F. B. (2024). Tasydid Asli dan Asimilasi pada Bacaan Idgham dalam Penulisan dan Pengucapan: Analisis Fonetik dan Implikasi Tajwid. Tamadduna: Jurnal Peradaban, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.4030