Tasydid Asli dan Asimilasi pada Bacaan Idgham dalam Penulisan dan Pengucapan
Analisis Fonetik dan Implikasi Tajwid
DOI:
https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.4030Kata Kunci:
Tasydid, Tajwid, Analisis Fonetik, Idgham, Tilawah Al-Qur'anAbstrak
Tulisan ini adalah studi kasus tentang Ilmu Tajwid Al-Qur’an yang meneliti pola bacaan tasydid sebagai salah satu bahasan fonetik dalam lingkup ilmu al-ashwat. Penelitian ini mendeskripsikan dua jenis tasydid: tasydid yang tertulis dalam mushaf dan diterapkan dalam bacaan, serta tasydid yang terjadi karena asimilasi kata, mengacu kepada referensi ilmu tajwid dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data diambil dari beberapa sampel bacaan dalam Al-Qur'an, khususnya dari Surah As-Syams yang mengandung tasydid, dan diklasifikasikan menurut dua kategori tersebut. Melalui penelitian ini, diharapkan ada kesesuaian antara bacaan dan tulisan masing-masing kelompok tasydid, yakni tasydid asli dan tasydid hukmi. Faktor-faktor yang mempengaruhi durasi tasydid termasuk perbedaan sistem fonetik, pemilihan gaya bacaan, dan preferensi kaidah ilmu tajwid. Mengingat pentingnya ilmu al-ashwat dalam pembelajaran bahasa Arab serta urgensi pembelajaran tahsin dan tajwid di semua jenjang pendidikan, penelitian ini meneliti aspek fonetik dalam pengucapan tasydid. Berdasarkan hasil analisis bacaan surah Al-Isra ayat 1 dan surah An-Najm ayat 1-15 oleh qari’ M. Yasser Arafat, ditemukan 14 entri tasydid, dengan rincian 7 tasydid asli dan 7 tasydid dari proses asimilasi Idgham. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur'an atau kompetensi qira'ah maupun ilmu tajwid di masyarakat luas.
Referensi
Gunarti, T.T. “Fonologi Al-Qur’an Pada Surah Asy-Syamsy Analisis Keserasian Bunyi Pada Sajak Dan Efek Yang Ditimbulkannya” (2020).
Herdiansyah, Haris. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Irawan, Yusuf. Fonetik Akustik: Sebuah Pengantar Telaah Wujud Akustik Bahasa. Bandung: Angkasa, 2017.
Lubis, Muhammad Irsyad. Pelajaran Tajwid. Medan: Sumber Ilmu Jaya, 1950.
Mahfan. Pelajaran Tajwid Praktis. Jakarta: Sandoro Jaya, 2000.
Mukhtar. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group, 2013.
Octaviyanti, Sri. “Durasi Asimilasi Vokal Tanwin Dalam Pembacaan Al- Qur’an Surah Al- Isra’ Oleh Qa Ri’ Internasonal” 6, no. 1 (2023): 63–73.