Kewajiban Dan Hak Siswa Dalam Pandangan Imam Az Zarnuji
Studi Kitab Ta’lim Muta’allim
DOI:
https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.3692Kata Kunci:
Kewajiban, Hak, Siswa, Ta'lim Muta'allimAbstrak
Kitab Ta’lim Muta’allim karya Imam Az Zarnuji, seorang cendekiawan Islam yang dihormati, memperkenalkan pandangan yang mendalam tentang hubungan antara guru dan siswa serta tanggung jawab masing-masing pihak dalam proses pendidikan. Guru adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengajarkan ilmu dan nilai-nilai Islam dan mereka berhak untuk dihormati dan dihargai oleh siswa mereka. Siswa harus mendengarkan dengan penuh perhatian, menghormati, dan mematuhi guru, harus tetap berperilaku sopan di dalam dan di luar ruangan belajar serta menghargai lingkungan belajar mereka. Metode kajian pustaka digunakan untuk menyelidiki sumber-sumber primer yang relevan, termasuk karya-karya Imam Az Zarnuji dan interpretasi para cendekiawan Islam lainnya. Penelitian ini mengeksplorasi konsep-konsep seperti adab (etika) dalam pembelajaran, hak-hak siswa dalam mendapatkan pendidikan yang layak, dan tanggung jawab guru dalam membimbing dan memberikan teladan. Analisis mendalam terhadap karya-karya Imam Az Zarnuji memperlihatkan relevansinya dalam konteks pendidikan modern dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam yang diperjuangkan beliau. Penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi penting bagi pemahaman kita tentang pendidikan dalam tradisi Islam dan implikasinya dalam konteks masa kini.
Referensi
A. Rosmiaty Aziz 2016. Imu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Sibuku.
Bunyamin 2021. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori). Jakarta: Uhamka Press.
Damayanti, L., Saragih, S. & Hasibuan, T.P. 2023. Hakikat Peserta Didik Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. 3(3).
Drajat, Z. 2020. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Gumati, R.W. 2024. Hak Serta Kewajban Peserta Didik Menurut Sistem Pendidikan Islam Dan Sisteam Pendidikan Nasional. Academia. Tersedia di https://www.academia.edu/9790322/Hak_dan_Kewajiban_Peserta_Didik_Menurut_Sistem_Pendidikan_Islam_dan_Sistem_Pendidikan_Nasional?sm=b.
Harahap, M. 2016. Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. 1(113): 140–155.
Hidayat, R. & Abdillah 2019. Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori dan Aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Khadijah 2013. Belajar dan pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Lidwa.com 2024. Ensiklopedi Hadits. Tersedia di https://hadits.in/muslim/328.
M. Fathu Lillah 2015a. Ta’lim Mutta’alim. Kediri: Santri Salaf Press.
M. Fathu Lillah 2015b. Terjemah Ta’im Muta’alm. Kediri: Santri Salaf Press.
Muslim, S. & Hadits, K. 2010. Shahih Bukhari. Telkom Hadits9 Imam, (d): 1–3314. Tersedia di http://telkom-hadits9imam.com.
Nawawi, I. 2018. Adabul ’Alim Wal Muta’allim (Terjemah). Yogyakarta: DIVA Press.
Ramayulis 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Kalam Mulia.
Sopian, A. 2016. Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. RAUDHAH (Jurnal Tarbiyah Islamiyah), 1: 88–97.
Sugiyono 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zarnuji, I.B.A. 2018. Ta’lim Muta’alim. Jakarta: Darul ’Amiyyah.