https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Tasydid dalam Tilawah Al Quran dengan Langgam Jawa M. Yaser Arafat

Analisis Fonetik Akustik dan Temuan Penelitian

Penulis

  • Fikri Bahruddin Ar Romli Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdulrahman
  • Dedemulyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.3663

Kata Kunci:

Fonetik, Mad al-Qur’an, Tilawah, Langgam Jawa

Abstrak

Tulisan ini adalah studi kasus tentang pembacaan al-Qur’an versi Langgam Jawa sebagai objek kajian dalam meneliti pembacaan atau pelafalan bacaan tasydid sebagai salahsatu kajian fonetik akustik dalam lingkup ilmu ashwat (fonologi). Sampel tilawah diambil dari video bacaan qori, M. Yaser Arafat pada tanggal 15 Mei 2015 yang melantunkan al Quran dengan irama Macapat. Peneliti mendeskripsikan dan mengukur durasi tasydid serta menjelaskan durasi bacaan tasydid dari qari tersebut dengan mengacu kepada ilmu tajwid dengan menggunakan pendekatan fonetik akustik deskriptif-kontrasif. Data diambil dari bacaan yang mengandung tasydid. Data direkam kemudian diidentifikasi dalam tabel dan diukur menggunakan fitur timer.. Penelitian ini menunjukkan bahwa durasi untuk setiap kategori tasydid bervariasi. Untuk kelompok mad 2 harakat, rentangnya adalah 0,4 hingga 0,8 detik, sedangkan untuk kelompok mad 2/4/6 harakat, rentangnya dari 0,7 hingga 2,7 detik. Durasi untuk kelompok mad 4-5 harakat berada di antara 1,3 hingga 2 detik. Faktor-faktor yang memengaruhi durasi ini termasuk variasi dalam sistem fonetik, preferensi gaya membaca, dan kepatuhan terhadap aturan Tajwid.

Referensi

Al-Khully, Muhammad Aly. 1982. Mu’jam Ilmu al-Ashwat. Riyadh: Universitas Riyadh.

Anis, Ibrahim,Al-Ashwat Al-Lughawiyyah. Mesir: Maktabah Nahdlah.

Ahmad Sayuti Anshari Nasution, M.A., Bunyi Bahasa, (Jakarta: Amzah, 2010), cet. 11

Nasution, Ahmad Sayuti Anshari. 2010. Bunyi Bahasa. Jakarta: Amzah.

Moh. Matsna HS, M.A dan Erta Mahyudin, Pengembangan Evaluasi dan Tes Bahasa Arab,(Tangerang: Al- Kitabah, 2012)

https://cte.univsetif2.dz/moodle/mod/book/view.php?id=13092&chapterid=3052

Pratikno, H. (2022). Distinctive Marker ‘-an’ on the Lingual Unit in Online Mass Media Diction. Buletin Al-Turas, 28(1), 45–58. https://doi.org/10.15408/bat.v28i1.21477

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Ar Romli, F. B., Rahman, A., & Mulyaningsih, D. (2024). Tasydid dalam Tilawah Al Quran dengan Langgam Jawa M. Yaser Arafat : Analisis Fonetik Akustik dan Temuan Penelitian. Tamadduna: Jurnal Peradaban, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.3663