Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Siswa
Landasan dan Arahan Pendidikan Berdasarkan Ajaran Islam
DOI:
https://doi.org/10.29313/tamadduna.v1i1.3616Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Filsafat, Kualitas HidupAbstrak
Filsafat pendidikan Islam merupakan kajian yang mengkaji hakikat, tujuan, dan metode pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Hal ini dikarenakan filsafat pendidikan Islam memberikan pemahaman yang luas dan mendalam tentang makna dan tujuan hidup, serta dapat membantu manusia menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan bermanfaat. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran filsafat pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa filsafat pendidikan Islam berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia melalui tiga dimensi, yaitu: (1) Memberikan landasan sekaligus mengarahkan proses penyelenggaraan Pendidikan. berdasarkan ajaran Islam, (2) Kritik dan koreksi terhadap proses pelaksanaan, (3) Evaluasi terhadap metode proses pendidikan.
Referensi
Alkhair, Nida. “Kualitas Hidup Orang Indonesia Sangat Rendah, Bukti Kita Terjajah!” https://muslimahnews.net/2023/07/29/22185/, 29 Juli 20213.
Arifin. Filsafat Pendidikan Islam . Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Ke-3. Bumi Aksara, 2021.
Gani NJ, Abdul. “PEMBELAJARAN EDUTAINMENT: TINJAUAN FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Vol.3, no. No.2 (Desember 2017).
Halik, Abdul. “Ilmu Pendidikan Islam: Perspektif Ontologi, Epistemologi, Aksiologi.” Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam Vol.1, no. No.2 (Desember 2020): 11–24.
Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam . Edisi pertama. Depok: KENCANA, 2017.
Kailani, Masid Irsan. Falsafat Al-Tarbiyyah al-Islamiyyah . Dubai: Dar al-Qalam, 2002.
Mohammad, Umar. Falsafat Al-Tarbiyah al-Islamiyah (Falsafah Pendidikan Islam) . Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam . Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
angka. "Kualitas hidup." https://www.numbeo.com/quality-of-life/, Desember 2023.
Rahman, Fazlur. Islam dan Modernitas . Chicago: Universitas Chicago Press, 1982.
Ridwan, Muannif, Suhar, Bahrul Ulum, dan Fauzi Muhammad. “Pentingnya Penerapan Tinjauan Pustaka Pada Penelitian Ilmiah (Pentingnya Penerapan Tinjauan Pustaka Dalam Penelitian Ilmiah),” 2021. http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356.
Rohinah. “Filsafat Pendidikan Islam; Studi Filosofi Atas Tujuan Dan Metode Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam II (Desember 2013): 310–26.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D . Bandung: Alfabet, 2019.
Suharjo, Zulmuqim, Muhammad Zalnur, Reo Chandrika, dan Meliya. “Evaluasi Pendidikan Agama Islam Yang Perspektif Ideal Filsafat Pendidikan Islam.” Arus Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2022): 244–51. http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajuphttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajup.
Tolchah, Moch. “Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Dalam Pengembangan Kurikulum.” TSAQAFAH 11, no. 2 (30 November 2015): 381. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.274.
Program Pembangunan PBB. “Indeks Pembangunan Manusia (HDI).” https://hdr.undp.org/data-center/human-development-index#/indicies/HDI, 2023.