MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS IKLAN DENGAN METODE SAINTIFIK PROBLEM BASED LEARING KELAS VIII SMPN 3 RAKIT KULIM
DOI:
https://doi.org/10.29313/jal.v1i1.3097Keywords:
Menulis teks iklan, metode saintifik, problem based learningAbstract
Menulis sebagai siswa atau sebagai guru Adalah Kegiatan Dalam Sehari-Hari. Menulis berarti menambakan gagasan atau pemikiran ke dalam tulis menulis. Jadi banyaknya kita menulis, banyak pula kita mengungkapkan pikiran kita dalam bentuk tulisan. Studi ini dilatarbelakangi oleh skor yang rendah copywriting di SMP yang muncul dari wawancara dengan guru Bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa copywriting merupakan materi baru untuk pembelajaran SMP. Itu sebabnya para ilmuwan merumuskan apa hasil sebelum dan sesudah belajar menulis iklan dengan menggunakan cara Scientific Problem Based Learning untuk peseta didik kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode Scientific Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks iklan. Oleh sebab itu, metodenya pembelajaran yang digunakan peneliti adalah metode pembelajaran berbasis masalah saintifik. Dalam pengamatan ini peneliti mengambil judul meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Siswa Menggunakan Metode Scientific Problem Based Learning Kelas VIII SMP Negeri 3 Rakit Kulim. Dalam pengamatan ini, peneliti menggunakan metode observasi. banyaknya pengamatan ini terdiri dari 22 siswa kelas VIII. berlandaskan informasi menurut yang diterima, jumlah masuk nilai mean siswa adalah 50. Untuk ujian terakhir yang menggunakan cara pembelajaran, nilai rata-rata siswa adalah 80.
References
Aris S. (2014). 68 noviga Lernmodelle. Jogjakarta.
Abdullah. (2014). Kurikulum Pembelajaran IPA 2013. Jakarta
Dalman. (2015). kemampuan menulis Jakarta:
Rineka Cipta
Daryanto (2014). Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik Pembelajaran. Yogyakarta:
Penerbit Gav. Fasikah, Nur. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Catatan Kelas Menggunakan Metode Quantum Learning pada Siswa Kelas IX B Semester 1 SMP Negeri 5 Pemalang. Jurnal Riset Media, 6(2), 1-20.
Ismawati, penghalang. (2012). Metode penelitian dalam bidang pendidikan dan sastra. Yogyakarta:
Gelombang
Kamus Besar Bahasa Indonesia (https:
//kbbi.web.id/analisis)
Lestari, D.D., Ansori, L., & Karyadi, B. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Diklabia:
Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Matematika, 2 (2), 129-138.
Mawadda, S. dan Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran. PLP Semester Nasional.
Setyorini, U., Sukiswo, SE, & Subali, B. (2011). Menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7 (1), 52-56.
dokter (2014). Pembelajaran Ilmiah untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta:
naskah bumi. Wahyudi dan Devi. (2016). Model Pembelajaran Narrative Writing di Bandung:
Aditama Refika.
Yasinta P, Meirista E and Rahman Taufik A (2020). untuk belajar sastra. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). asimtot:
Jurnal, 5 (1), 20-40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Masitoh, Irma Yulita Silviany
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.