https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan

Authors

  • Muchammad Faisal Ramadhan Prodi Public Relation, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Udung Noor Rosyad Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.78

Keywords:

Strategi Branding, Kopi Kewadanan

Abstract

Abstract. Age is no longer a limitation in terms of enjoying a cup of coffee, a drink that is identical to the parents precisely for the time being is a drink that is very popular with many generations. The number of local coffee shops that have sprung up in Indonesia is also one of the factors causing this to happen, including Kopi Kebadanan which appears as one of the coffee shops in Banjar, West Java. Kopi Kewadanan sees several opportunities in building a coffee shop business, especially in cities that, because the numbers are quite small to make an opportunity in the face of competition.The purpose of this study is to find out how the branding strategy carried out by Coffee Entity, to find out how the implementation of the branding strategy carried out by Coffee Kebadanan, to find out the reason Coffee Entity uses Instagram social media as a branding strategy in the face of competition in the coffee shop business. The method chosen to conduct research on this branding strategy the author chose a qualitative method. This type of research is more emphasized to explore the meaning stored in a social phenomenon. That way this type of research can provide in-depth results because the data obtained is open. The strategy used in this research is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit and the researcher emphasizes the process. The results showed that the Branding Strategy undertaken by Kopi Kewadanan was to use Instagram social media. Kopi Kewadanan utilizes features found on Instagram such as photos, videos and Instagram stories to load content from previously created concepts. There is a planning stage that contains research, determines the concept and creates content as well as an implementation stage such as uploading the content via Instagram so that it can be seen by followers who are Banjar city residents even from outside the city.

Abstrak. Usia bukan lagi pembatas dalam hal untuk menikmati secangkir kopi, minuman yang identik dengan orang tua justru untuk saat ini menjadi minuman yang sangat digemari oleh banyak generasi. Banyaknya coffee shop lokal yang bermunculan di Indonesia juga menjadi salah satu faktor penyebab hal tersebut dapat terjadi termasuk Kopi Kewadanan yang muncul sebagai salah satu coffee shop yang ada di Banjar, Jawa Barat.Kopi Kewadanan melihat adanya beberapa peluang dalam membangun bisnis coffee shop khususnya di kota tersebut, karena jumlahnya yang cukup sedikit menjadikan kesempatan dalam menghadapi persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi branding yang dilakukan oleh Kopi Kewadanan, untuk mengetahui bagaimana implementasi dari strategi branding yang dilakukan Kopi Kewadanan, untuk mengetahui alasan Kopi Kewadanan menggunakan media sosial Instagram sebagai strategi branding dalam menghadapi persaingan bisnis coffee shop. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai strategi branding ini penulis memilih metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekankan untuk menggali makna yang tersimpan pada suatu fenomena sosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang didapat bersifat terbuka. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Branding yang dilakukan oleh Kopi Kewadanan adalah dengan menggunakan media sosial Instagram. Pihak Kopi Kewadanan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada Instagram seperti foto, video dan Instagram story untuk memuat konten dari konsep yang telah dibuat sebelumnya. Terdapat tahap perencanaan yang berisi riset, menentukan konsep dan membuat konten serta tahap pelaksanaan seperti mengunggah konten tersebut melalui Instagram agar dapat dilihat oleh followers yang merupakan masyarakat kota Banjar bahkan dari luar kota.

Downloads

Published

2021-07-06