Author Guideline
Petunjuk Penulisan Jurnal Riset Public Relations
- Artikel yang ditulis untuk Jurnal Riset Public Relations (JRPR) adalah meliputi hasil penelitian empiris, studi pustaka atau hasil kajian teoritis, khususnya di bidang Publik dan Media internal maupun Ekstenal, serta Marketing Public Relations. Tema-tema Jurnal Riset Public Relations antara lain:
Strategi Promosi, Brand, Citra, Corporate Social Responbility, Digital Public Relations, Diplomasi Publik, Dramaturgi, Hoax, Humas International, Informasi, Kampanye Public Relations, Transaksi, Krisis, Kinerja, Komunikasi Persuasi, Konseling, Konten, Kredibilitas, Kualitas Pelayanan, Literasi, Media Online, Media Sosial, Membangun Kepercayaan, Minat beli, Motif, Pelayanan, Pemberitaan, Peran Sosial, Perspektif, Pola Komunikasi Perusahaan, Profesionalisme, Publikasi, Rebranding, rebranding, Sikap, Special Event, Strategi media relations, Publikasi, Teknologi Informasi, Word of Mouth.
- Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 11 pts, dengan spasi 1, microsoft words, dengan ukuran kertas A4, margin top5, left 3.5, right 2.5, bottom 2.5. Banyak nya kata antara 3.500 – 4000 (termasuk daftar pustaka), dan diserahkan dalam bentuk file yang dikirim via laman web: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/about/submissions.
- Nama penulis dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Penulis dianjurkan mencantumkan nama lembaga dan e-mail koresponden.
- Seluruh judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal (bold), dan menggunakan huruf Kapital Alpabetis pada judul bagian.
- Sistematika penulisan artikel, adalah:
- Judul (tidak lebih dari 12 kata) ditulis dengan Huruf Times New Roman ukuran 14 pts.
- Nama penulis (tanpa gelar akademik) ditulis dengan Huruf Times New Roman ukuran 11 pts dan di Bold.
- Abstrak (bahasa Indonesia dan Inggris. Terdiri dari 200-250 kata. Dibuat dalam satu paragraf, terdiri dari: latar belakang, tujuan penelitian, asumsi-asumsi teoritis pemikiran, metodologi dan hasil penelitian).
- Pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan atau ruang lingkup tulisan, dan pendekatan ataupun teori untuk membantu atau mendukung proses menemukan jawaban secara singkat (umum).
- Metodologi berisi mengenai paradigma penelitian, metode yang digunakan termasuk populasi dan sample.
- Bahasan utama atau Hasil Penelitian dan Pembahasan (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian, pendekatan/landasan teori, data-data masalah, serta pembahasan masalah dengan pendekatan/landasan teori beserta logika penyimpulan).
- Kesimpulan (berisi tentang jawaban masalah/penelitian atau tujuan penelitian, juga berisi tentang hikmah, rekomendasi ataupun dukungan bidang Public Relations ).
- Bibliografi (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk tercermin dalam catatan kaki dan minimal 10 buku).
Catatan: Sistematika penulisan artikel menggunakan urutan Alpahbetis (A, B. dan C) dan Tidak tidak menggunakan istilah sebagaimana penulisan laporan penelitian dalam skripsi, thesis, desertasi, dan sejenisnya, seperti istilah metodologi penelitian cukup ditulis metodologi, tidak perlu ada bab/subbab variabel, sumber data, teknik pengumpulan data, dan sejenisnya, hal-hal tersebut dapat dijelaskan secara singkat dalam bab A. Pendahuluan atau b. Metodologi Penelitian.
- Penulisan dalam artikel harus menggunakan kalimat yang efektif dan baku sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI no. 46 tahun 2009. Dihindari penggunaan istilah penelitian, bisa diganti dengan istilah artikel/studi/tulisan, dan sejenisnya. Demikian pula istilah peneliti dan penulis tidak perlu digunakan, cukup langsung diungkapkan pokok pikiran yang hendak ditulis dalam kalimat.
- Untuk penulisan istilah asing (Inggris, Arab, dan sebagainya) di tulis cetak Apabila menggunakan istilah asing yang telah di serap ke dalam bahasa Indonesia (kata baku) maka tidak di tulis cetak miring. Untuk transliterasi dari istilah Arab ke Indonesia, mengacu pada Pedoman Transliterasi Arab Latin dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 158 tahun 1987, no. 0543 b/u/1987.
- Sumber pustaka dianjurkan merupakan hasil terbitan 5 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel penelitian dalam jurnal dan majalah ilmiah serta publikasi laporan penelitian, baik dalam bentuk buku maupun masih dalam bentuk disertasi maupun thesis.
- Penulisan pengutipan (catatan kaki/footnote) dan bibliografi berdasarkan Chicago Manual of Style (CMS) edisi ke-16. Berikut beberapa aturan umum dan contoh penulisan catatan kaki dan bibliografi dalam CMS :
Beberapa aturan umum penulisan catatan kaki dan bibliografi dalam CMS
- Semua catatan kaki tidak diperbolehkan dan diganti atau dicantumkan sumber dalam daftar Pustaka / reference.
- Untuk penulisan setiap bibliografi wajib menggunakan aplikasi Mendeley dengan akun: jrpr@unisba.ac.id dan paswordnya: 12345678, apabila terdiri dari dua baris atau lebih, maka baris kedua dan berikutnya dibuat menjorok kedalam.
- Gaya / Style yang digunakan untuk Jurnal JRPR adalah
- Seluruh naskah ditelaah secara anonym (double Blind Reviewer) oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh redaksi sesuai bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari dan atau redaksi. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan via email atau telepon.
- Kriteria umum tulisan yang disarankan oleh redaksi:
- Cakupan keilmuan yang diangkat dalam tulisan memiliki kespesialisasian di bidang manajemen dakwah
- Tulisan berwawasan internasional
- Karya orisinil artinya belum pernah ditulis oleh penulis manapun, sehingga tulisan termasuk tema baru dan orisinil
- Tulisan memiliki kontribusi yang cukup tinggi terhadap perkembangan studi manajemen dakwah atau dakwah sendiri
- Memiliki dampak ilmiah yang tinggi
- Proporsi penggunaan literatur primer (jurnal ilmiah) lebih dominan (80%) dibandingkan literatur primer
- Proporsi penggunaan literatur 5 tahun terakhir dominan (80%) dibandingkan penggunaan literatur dibawah 6 tahun terakhir.
- Analisa dan sintesa terhadap masalah yang diangkat baik dan ketat
- Peyimpulan dan perampatan baik.
- Artikel menjadi hak redaksi Jurnal riset Public Relations secara keseluruhan.