Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak”
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.753Keywords:
Kegiatan, PT. X Bandung, Program “Komunitas Siap Gerak”Abstract
Abstract. Currently, there are many young, beautiful and accomplished Muslim designers who make modern clothing without leaving Islamic law. The purpose of this research is to find out the management of Marketing Public Relations activities, optimization of the media used and the reasons for PT. X Bandung chose the “Ready to Move Community” Program. The theory used is, three ways strategy, new media, and the operational concept of public relations. This research was structured using a qualitative method with a case study approach. Meanwhile, the data collection technique was done by interview, observation, literature study and documentation. The results of this study found that in program management, namely determining goals, time & activities carried out, determining the target public, then collaborating with professional trainers, strategies to attract consumer interest and the results of the "Community Ready to Move" program activities. then optimizing the media used by PT. X is by using Instagram social media where Instagram has Instagram business features, feeds and stories to maximize its promotion. Meanwhile, Arktiv's reason for choosing the "Komunitas Ready Gerak" program to market Muslim clothing is to introduce healthy living, and as a form of Arktiv's social care for the community.
Abstrak. Saat ini banyak desaigner muslim muda, cantik dan berprestasi yang membuat busana modern tanpa meninggalkan syariat islam. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kegiatan Marketing Public Relations, optimalisasi media yang dimanfaatkan dan alasan dari PT. X Bandung memilih Program “Komunitas Siap Gerak”. Teori yang digunakan yaitu, three ways strategy, new media, dan konsep operasional public relations. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam pengelolaan program yaitu menentukan tujuan, waktu & kegiatan yang dilakukan, menentukan publik sasarannya, lalu bekerjasama dengan pelatih professional, strategi menarik minat konsumen dan hasil dari kegiatan program “Komunitas Siap Gerak”. lalu optimalisasi media yang dimanfaatkan PT. X yaitu dengan menggunakan media sosial Instagram dimana Instagram memiliki fitur instagram business, feeds dan story untuk memaksimalkan promosinya. Sedangkan alasan Arktiv memilih program “Komunitas Siap Gerak” untuk memasarkan busana muslim yaitu untuk memperkenalkan hidup sehat, dan sebagai bentuk kepedulian sosial dari Arktiv untuk masyarakat.