Kegiatan CSR dalam Meningkatkan Corporate Image

Authors

  • Indah Dwi Lestari Public Relation, Universitas Islam Bandung
  • Riza Hernawati Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.626

Keywords:

Citra Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PT.X

Abstract

Abstract.

The Covid-19 has put Indonesia on the verge of an economic recession, causing companies to drastically decline. Therefore, the purpose of this study is to find out the activities of PT. X Indonesia Regional III-West Java in improving corporate image through CSR activities of the Free Online Learning Program. The research method used is a qualitative method with a case study approach. By using triangulation source data analysis techniques. The results of this study found that the brand image of PT.X was considered very positive by the people of the village of Melatiwangi, so that it experienced an increase and a good image of the company. The approach taken by PT.X in CSR activities by conducting outreach conducted directly to the community regarding the installation of wifi technology and seminar activities carried out is also a direct approach with the community. The process of CSR activities carried out was firstly determining the concept, then looking for information, brainstorming, coordinating, and surveying. There are obstacles that occur in the field in the implementation of this free online learning csr program because of the unavailability of a good network, no access points available, the distance between beneficiaries is far.

Abstrak. Pandemi Covid-19 telah membuat Indonesia berada di ambang resesi ekonomi sehingga menyebabkan perusahaan-perusahaan menurun secara drastis. Maka dari itu,tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan PT.X Indonesia Regional III-Jawa Barat dalam meningkatkan corporate image melalui kegiatan CSR Program Bebas Belajar Online. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Dengan menggunakan teknik analisis data triangulasi sumber. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa brand image pada PT.X dinilai sangat positif oleh masyarajat desa melatiwangi, sehingga mengalami peningkatan dan citra yang baik terhadap perusaan. Pendekatan yang dilakukan oleh PT.X pada kegiatan csr dengan melakukan penyuluhan yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat  mengenai pemasangan teknologi wifi serta kegiatan seminar yang dilakukan juga merupakan pendekatan langsung dengan masyarakat. Proses kegiatan csr yang dilakukan yang pertama penentuan konsep, lalu mencari informasi,  brainstorming, berkoordinasi, dan suvey. Ada hambatan yang terjadi dilapangan pada pelaksanaan program csr bebas belajar online ini karena tidak tersedianya jaringan yang bagus, tidak tersedia akses point, jarak antara penerima manfaat yang jauh.

Downloads

Published

2022-07-04