Pengaruh Kualitas Pelayanan Event terhadap Partisipasi dalam Pengembangan Geopark
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i2.5474Keywords:
Kualitas Pelayanan Event, Partisipasi, UNESCOAbstract
Abstrak. Event “UNESCO Global Geoparks Youth Marine Camp 2023” adalah kegiatan sebagai tempat bagi pemuda dalam pengembangan geopark. Namun, data menunjukkan penurunan partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial sehingga menekankan pentingnya kualitas pelayanan event untuk meningkatkan partisipasi pada event. Berdasarkan fenomena tersebut, maka identifikasi masalah, yaitu: Seberapa besar pengaruh reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible pada event UNESCO Global Geopark Youth Marine Camp 2023 terhadap partisipasi dalam pengembangan geopark?. Peneliti menerapkan metode teknik analisis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu peserta event UNESCO Global Geopark Youth Marine Camp 2023, yang berjumlah 87 orang. Dengan metode pengambilan sampel Simple Random Sampling, mendapat 47 responden sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui penggunaan angket/kuesioner serta studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible pada event UNESCO Global Geopark Youth Marine Camp 2023 terhadap partisipasi dalam pengembangan geopark.
Abstract. The "UNESCO Global Geoparks Youth Marine Camp 2023" event is an activity as a place for youth to develop geoparks. However, the data shows a decline in youth participation in social activities, thus emphasizing the importance of event service quality to increase participation in events. Based on this phenomenon, identify the problem, namely: How big is the influence of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles at the 2023 UNESCO Global Geopark Youth Marine Camp event on participation in geopark development? Researchers apply correlational analysis techniques with a quantitative approach. The population is the participants of the UNESCO Global Geopark Youth Marine Camp 2023 event, totaling 87 people. Using the Simple Random Sampling sampling method, 47 respondents were obtained as the research sample. Data was collected through the use of questionnaires and literature study. Data analysis was carried out using descriptive and inferential analysis techniques. The results of this research are that there is a positive and significant influence of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles at the 2023 UNESCO Global Geopark Youth Marine Camp event on participation in geopark development.
References
Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(01), 94–99. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11
Any, N. (2009). Management Event. Alfabeta.
Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin, 2018- 2021.
Baker, D. A., & Crompton, J. L. (2000). Quality, satisfaction and behavioral intentions. Annals of Tourism Research, 27(3), 785–804. https://doi.org/10.1016/S0160-7383(99)00108-5
Bala, T., Jahan, I., Amin, Md. Al, Tanin, M. H., Islam, Md. F., Rahman, Md. M., & Khatun, T. (2021). Service Quality and Customer Satisfaction of Mobile Banking during COVID-19 Lockdown; Evidence from Rural Area of Bangladesh. Open Journal of Business and Management, 09(05), 2329–2357. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.95126
Bappenas. (2021). Inisiasi Indonesia Geopark Youth Forum, Bappenas Libatkan Pemuda dalam Pengelolaan Taman Bumi. Bappenas.
Checkoway, B. (2011). What is Youth Participation? . ReThink Urban Space.
Cohen, J. (1977). Rural development participation. Cornell UP.
Fandy, T., Chandra, G., & Adriana, D. (2012). Pemasaran strategik. Andi.
Gaspersz, V. (2002). Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa.
Hamzyah. (2019). Pengaruh Responsiveness, Tangible, dan Empathy terhadap Kepuasan Pelayanan Pelanggan pada PT. PLN. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Herayomi, I. (2016). Peran Pemuda dalam Pengembangan Desa Wista di Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hogan, C. (2023). Establishing the instances of empathy and friendship among youth peer groups involved in the four juvenile sports clubs . https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-3158058/v1
Hussein, A. S. (2016). How Event Awareness, Event Quality and Event Image Creates Visitor Revisit Intention?: A Lesson from Car free Day Event. Procedia Economics and Finance, 35, 396–400. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)00049-6
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Pearson.
Larassary, A. (2020). Perspektif Pengalaman Konsumen Terhadap Kesuksesan Event Lari Borobudur Marathon 2019. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 163–174. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.889
Lestari, M. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi dan Mutual Understanding. Prenada Media.
Noviarum, E. K. (2019). Persepsi Klien terhadap Kualitas Komunikasi dan Kualitas Fisik Layanan Jasa Event Organizer (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Klien Wedding terhadap Pelayanan Xposs Event Organizer Ditinjau dari Kualitas Komunikasi dan Kualitas Fisik tahun 2017 - 2018). Universitas Sebelas Maret.
Primasiwi, A. (2021). Bappenas Inisiasi Indonesia Geopark Youth Forum, Libatkan Para Pemuda. Suara Merdeka.
Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations and Media Komunikasi Dalam Donni Juni Priansa Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.
Safa Camila Rahma Nur Annisa Priono, & Sophia Novita. (2023). Peran PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung dalam Program Corporate Social Responsibility. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 871–877. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.9363
Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communicatioin : Teks dan Kasus. Pustaka Pelajar.
Valerie, P. A. (2001). Delivering quality service.