https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Strategi Promosi Produk Perbankan di Media Sosial

Authors

  • Jessica Febrianty Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Doddy Iskandar Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Dadi Ahmadi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i2.5290

Keywords:

Strategi Promosi, Bank BTPN, Instagram

Abstract

Abstrak.

Instagram kini menjadi sarana promosi bagi perusahaan yang membutuhkannya, tidak terkecuali dengan Bank BTPN yang telah lama memanfaatkan aplikasi Instagram untuk menjadikannya alat komunikasi digital dalam promosi produk perbankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi promosi, pemanfaatan Instagram sebagai alat promosi serta alasan memilih aplikasi Instagram sebagai strategi promosi Bank BTPN. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Mix Marketing berfokus pada Product, Promotion, People dan Place. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kasus, yaitu bertujuan untuk mencari dan menggali informasi secara lebih mendalam mengenai promosi melalui aplikasi Instagram. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, dilakukan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah pihak Bank BTPN  yaitu branch service manager dan branch assistant. Hasil yang didapat dari penelitian ini membuktikan bahwa ada kegiatan promosi produk perbankan di aplikasi Instagram yang dilaksanakan oleh Bank BTPN dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Instagram didukung oleh adanya strategi dalam pembuatan konten yang disesuaikan dengan target BankBTPN.

Abstract. Instagram has now become a promotional tool for companies that need it, including Bank BTPN which has long used the Instagram application to make it a digital communication tool in promoting banking products. The purpose of this research is to determine the implementation of promotional strategies, the use of Instagram as a promotional tool and the reasons for choosing the Instagram application as a promotional strategy for Bank BTPN. In this research, researchers used the theory Mix Marketing focus on Product, Promotion, People and Place. The researcher used a qualitative method with a case approach, which aims to find and explore more in-depth information regarding promotions through the Instagram application. The data collection techniques used in this research used interviews, observation and documentation. In this research, data validity was tested using source triangulation and method triangulation. The research subjects in this study were Bank BTPN is branch service managers and branch assistants. The results obtained from this research prove that there are promotional activities for banking products on the Instagram by Bank BTPN through utilizing the features in the Instagram application supported by a strategy in creating content which is adjusted to Bank BTPN's targets.

References

Abdul, Yusuf. 2022. Pengertian Strategi: Tujuan, Jenis Dan Contoh, https://penerbitanbukudeepu blish.com/materi/pengertian-strategi/

Ahmadi, D. (2014). Strategi Marketing Public Relations bagi Perguruan Tinggi dalam Memanfaatkan Media Sosial “Twiter.” Prosiding SNaPP2014 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 617–622.

Ahmadi, D., & Adzhani, A. V. (2019). The use Instagram with visiting interest: The correlation between the use @littlecollins.bdg Instagram with visiting interest. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012055

Ahmadi, D., & Natasya Giyar Dwisyafitri. (2022). Implementasi Strategi Promosi Wisata Melalui Website Sipinter Berisi. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 108–118. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1529

Al Mega, A. N. P., & Ahmadi, D. (2022). Perencanaan Komunikasi Digital Akun Instagram @ASPAN_Lampung. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3592

Amalia, N.S.S. 2019. Digital marketing. Semarang: STEKOM.

Digital Marketing (Studi Kasus Pemasaran Omni Channel Pada PT. Guardia Teknologi Indonesia/Jubelio) Jakarta.

Fariha, H. 2020. Pengaruh Implementasi Strategi Content Marketing Terhadap Customer Engagement di Era

Ilham Akbar Zam Zamy, & Dadi Ahmadi. (2023). Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image. Jurnal Riset Public Relations, 47–54. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1995

Karim Ridwan. 2020. Pengertian dan Konsep Marketing Mix (Bauran Pemasaran) 7P. Yogyakarta: Deepublish

Khairunnisa, A., & Ahmadi, D. (2022). Strategi Marketing Public Relations Daily Folks Coffee melalui Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.2973

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta. Erlangga

Kotler, Phlip dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit. Salemba Empat. Jakarta

Laporan Tahunan 2021 PT. Bank BTPN Tbk. 2022.

Mulki, S. S., & Kurniadi, O. (2021). Strategi Komunikasi Krisis pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Bank Bukopin KCP Cianjur. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 71–78. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.175

Mulki, S. S., & Kurniadi, O. (2021). Strategi Komunikasi Krisis pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Bank Bukopin KCP Cianjur. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 71–78. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.175

Musyaffa, F. D., & Ahmadi, D. (2023). Strategi Komunikasi PT. G dalam Menangani Isu Negatif di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 109–114. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3116

Musyaffa, F. D., & Ahmadi, D. (2023). Strategi Komunikasi PT. G dalam Menangani Isu Negatif di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 109–114. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3116

Ningrum, E.R.P. 2021. Skripsi. Strategi Digital Marketing Peningkatan Nasabah Bank Muamalat Cabang Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Nurhayaty, M. 2022. Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119-127.

Pratama, D. A. (2017). TA: Perancangan Video Profil Museum Surabaya Berbasis Online Sebagai Upaya Mengenalkan Kepada Masyarakat di Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087

Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087

Sabil M Sungkar, & Dadi Ahmadi. (2023). Pengelolaan Konten Instagram dalam Konten Dakwah #Shift1MinuteBooster Shift Media. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 121–124. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3226

Zamy Ilham Akbar Zam, & Ahmadi, D. (2023). Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image. Jurnal Riset Public Relations, 3(1), 47–54. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1995

Downloads

Published

2024-12-25