https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19

Authors

  • Muhammad Irfan Fauzi Public Relation, Universitas Islam Bandung
  • Nova Yuliati Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.500

Keywords:

COVID-19, Instagram, Edukasi

Abstract

Abstract. All efforts have been made by the central and regional governments to break the chain of the spread of COVID-19. In this case, the public relations of the Cimahi city government through its Instagram social media @cimahikota tries to provide education about preventing the spread of COVID-19. This study aims to find out information management, the reasons for using Instagram social media as an educational effort, planning for the creation of educational content, and solutions to problems that occur when conducting educational activities through social media. By using qualitative research methods with a case study approach, it is expected to be able to answer how the use of Instagram social media as an educational effort to prevent the spread of COVID-19 takes place as a whole. related to the COVID-19 pandemic, coordinate with related institutions and after that carry out validation. Then the reason for the public relations of the Cimahi city government to use Instagram social media is because of the pandemic conditions that cause limitations in space and time, Instagram is currently in great demand by the public, Instagram has advantages in terms of cheaper costs, relatively easy use and information can be conveyed quickly. and broad apart from that, content creation planning is initiated by selecting the appropriate information, the information is managed, validated after that it is adjusted according to the type of information and segmentation then the last solution to the obstacles in educating through Instagram includes conducting a survey to find out the effectiveness of using social media in providing information or educating the public which will later become a measure of success.

Abstrak. Segala upaya dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dalam hal ini humas pemerintah kota Cimahi melalui media sosial Instagramnya @cimahikota mencoba memberikan edukasi mengenai pencegahan penyebaran COVID-19. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan informasi, alasan menggunakan media sosial instagram sebagai upaya edukasi, perencanaan pembuatan sebuah konten yang mengedukasi, dan solusi dari kendala yang terjadi ketika melakukan kegiatan edukasi melalui media sosial. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus diharapkan dapat menjawab tentang bagaimana pemanfaatan media sosial instagram sebagai upaya edukasi pencegahan penyebaran COVID-19 ini berlangsung secara menyeluruh.Hasil dari penelitian ini yaitu pengelolaan informasi yang dilakukan oleh humas pemerintah kota Cimahi diawali dengan mencari informasi yang berkaitan dengan pandemi COVID-19, melakukan kordinasi dengan lembaga terkait dan setelah itu melakukan validasi. Lalu alasan humas pemerintah kota Cimahi menggunakan media sosial instagram karena kondisi pandemi yang menyebabkan keterbatasan akan ruang dan waktu, instagram saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat, instagram memiliki kelebihan dari segi biaya yang lebih murah, penggunaan yang relatif mudah dan informasi dapatĀ  tersampaikan dengan cepat dan luas selain itu perencanaan pembuatan konten yaitu diawali dalam pemilihan informasi yang sesuai, informasi tersebut dikelola, divalidasi setelah itu disesuaikan dengan jenis informasi dan segmentasinya lalu yang terakhir solusi dari kendala yang dalam mengedukasi melaui instagram diantaranya melakukan survei untuk mengetahui efektifitas penggunaan media sosial dalam memberikan informasi atau mengedukasi masyarakat yang dimana nantinya menjadi tolak ukur keberhasilan untuk bahan evaluasi dan selain itu terus mencoba memperbaiki dan memperkuat kordinasi agar kedepannya semakin baik.

Downloads

Published

2022-02-07