Strategi Marketing Public Relations Salon Christopher dalam Meningkatkan Customer di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i2.4830Keywords:
Strategi public relations, Marketing, CustomerAbstract
Abstrak. Pokok permasalahan dalam penelitian ini bagaimana strategi marketing public relations Salon Christopher untuk meningkatkan customer di masa pandemi. Hal ini ditandai dengan berkurangnya customer yang datang ke salon Christopher dikarenakan pembatasan atau pengurangan customer datang ke mall sehingga di adakan treatment home service yang dimana customer masih bisa melakukan perawatan dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing public relations Salon Christopher untuk meningkatkan jumlah pelanggan di masa pandemi. Pendekatan penelitian dilakukan secara kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah secara deskriptif. Informasi diperoleh dari informan sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Data penelitian diolah secara kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik coding, selective coding and axial coding. Hasil analisis dari penelitian ini bahwa strategi yang digunakan salon Christopher dalam meningkatkan customer di masa pandemi adalah strategi pull, push and pass dari Kotler.
References
Abadi, S. Marketing Public Relations. Lembaga Management FEUI.
Bala, T., Jahan, I., Amin, Md. Al, Tanin, M. H., Islam, Md. F., Rahman, Md. M., & Khatun, T. (2021). Service Quality and Customer Satisfaction of Mobile Banking during COVID-19 Lockdown; Evidence from Rural Area of Bangladesh. Open Journal of Business and Management, 09(05), 2329–2357. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.95126
Effendy, O. U. (2009). Human Relations & Public Relations. MandarMaju.
El Rahman, F. A., & Fahmi, M. H. (2022). Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi. Jurnal Riset Public Relations, 35–41. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.881
Ghifari, D. A., & Zulfebriges. (2023). Pemanfaatan Konten Kuliner sebagai Promosi UMKM pada Platform Media Informasi. Jurnal Riset Public Relations, 133–140. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3127
Hutasoit, C. S. (2011). Pelayanan Publik. MAGNAScript Publishing. Jakarta.
Indriani Putri Amadea, & Hernawati, R. (2023). Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.5927
Irabella, L., & Chatamallah, M. (2021). Manajemen Krisis Public Relations PT. X Kota Pekanbaru pada Pengunduran Haji dan Umrah di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 130–135. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.420
Irfan Fauzi, M., & Yuliati, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 148–155. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.500
Iskandar, A., Ryanto, M., & Patrianti, T. (2024). Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3302
Kencana, W. H. (2020). Peran dan Manfaat Komunikasi Pembangunan pada Aplikasi Pelacak Covid-19 sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 83–95. https://doi.org/10.33884/commed.v5i1.2495
Khairunnisa, A., & Ahmadi, D. (2022). Strategi Marketing Public Relations Daily Folks Coffee melalui Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.2973
Kotler, Philip. Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Millenium). PT. Prenhallindo. Jakarta.
Lexy J, M. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.
McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2010). Research in education: evidence-based inquiry (7th ed.). Pearson.
Muhammad Givansyah, & Palapah, M. A. O. (2023). Tinjauan Kognisi Sosial Mahasiswa Fikom Unisba. Jurnal Riset Public Relations, 125–132. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3126
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mulyana, D. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial lainnya. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nasution, M. A. R., & Hendrasmo. (2022). Identifikasi Permasalahan Komunikasi Publik Masyarakat Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Public Relations, 85–92. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1353
Nur Ilham, M., & Amalia Oesman Palapah, M. (2022). Strategi Marketing Public Relations X Motorcycle. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 156–161. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.501
Pedro Bautista, & Ririh Dwiantari. (2023). Marketing Public Relations dalam Program CSR Kiyopi Kopi melalui Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 77–84. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.2332
Prihandini, F., & Hadi, A. S. P. (2021). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.114
Priyono, A., & Ahmadi, D. (2021). Strategi Komunikasi Marketing Public Relations Barli Coffee. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 90–95. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.306
Putra, R. A., & Doddy Iskandar. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 141–148. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3128
Putri, S.A., et al (2020). Pandemi Covid-19 dalam Sudut Pandang Demografi Sosial penyebaran, tantangan, dampak sosial – ekonomi serta potensi. Universitas Indonesia
Putri, N. R., & Drajat, M. S. (2022). Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak.” Jurnal Riset Public Relations, 23–30. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.753
Rachmadi, F. (1993). Public Relations dalam Teori dan Praktek.
Rafii Muhammad Ris Zikrullah, & Oji Kurniadi. (2023). Telegram sebagai Media Pemasaran di Era Pandemi. Jurnal Riset Public Relations, 25–32. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1954
Rahmattullah Harianja, Rifki Rahmanda Putra, Asep Nurul Ajiid Mustofa, Mentari Pratami, Andi Syahputra, & Surya Tri Esthi Wira Hutama. (2022). Perilaku Berwisata Wisatawan Nusantara Pasca Pandemi Covid-19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 7(1), 34–44. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v7i1.184
Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087
Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
Ruslan R. (2012). Manajemen Public Relation Dan Media Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada, Depok.
Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT. Rajawali Pers. Jakarta.
Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada. Depok.
Satori, A. K. dan D. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. In Bandung:Alfabeta
Sihaloho, E. D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.
Silviani, I. (2020). Public relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Scopindo Media Pustaka.
Yualianita, N. (2005). Dasar – Dasar Public Relations. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung.