Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3898Keywords:
Instagram, Komunitas, Edukasi SampahAbstract
Persoalan masalah sampah dewasa ini menjadi sebuah tamparan tidak hanya bagi pemerintahan namun juga bagi masyarakat sekitar. Sampah tersebut dikelola dengan beragam cara agar lingkungan kehidupan menjadi lebih baik. Isu sampah ini lalu dilihat dari perspektif kemanusiaan dan pendidikan yang diserap kedalam media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk memalhami bagaimana pengelolaan media sosial Instagram yang membedakan komunitass Jabar Bergerak Zillenial dengan berfokus pada masalah sampah melalui pesan edukasi. Penulis menggunakan teori New Media oleh Pierre Levy. Metode yang digunalkan dalam penelitian ini adalalh kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial Instagram @Jaberzillenial ini selama prosesnya melibatkan identifikasi identifikasi informasi, seleksi konten relevan, dan pembentukkan realitas media.
The issue of waste today is a slap in the face not only for the government but also for the surrounding community. The waste is managed in various ways so that the living environment becomes better. This waste issue is then seen from a humanitarian and educational perspective that is absorbed into the social media Instagram. The purpose of this research is to analyse the balgalimalnal management of Instagram social media that differentiates the Jabar Bergerak Zillenial Communities by focusing on the waste problem through educational messages. The author uses the theory of New Media by Pierre Levy. The method used in this research is quallaltif with a case study approach. The results showed that the management of Instagram @Jaberzillenial social media during the process involved the identification of information identification, selection of relevant content, and the formation of media reality.
References
Andi Dwi Riyanto. Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report; 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Anindyadevi Aurellia. Melihat Peran Pengelolaan Sampah Pada Ketahanan Pangan di Bandung; 2023. https://www.detik.com/jabar/berita/d-7042614/melihat-peran
Antony. Mayfield. What Is Sosial Media?. London: ICrossing;2008.
Atmoko Dwi. Bambang. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel; 2012.
Berger & Luckmann. The Social Construction of Reality; 1966.
Herawati, Anetty. 2016. “Analisis Isi Pesan Edukasi dalam Tayangan Kartun Animasi Adit dan Sopo Jarwo di MNC TV.”
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Indeks.
MC Quail. McQualil's Malss Communicaltion Theory (6th ed.). SAlGE Publicaltions; 2010.
MC Quail. Dennis. Communication Theory (4th edition). London: Sage Publications; 2000.
Nasrullah. R. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan sosioteknologi; 2016
Nur, F. E., & Yulianti, N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Konstruksi Kesan Positif tentang Protokoler Unisba. Jurnal Riset Public Relations, 95–100. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3015
Prinada. Cara Kerja Algoritma Instagram 2021: Tingkat Intereset & Following; 2021.
Rahmadhani Ayu Harvianti, & Kurniadi, O. (2021). Kampanye Komunikasi Ecotransport dalam Mengurangi Transportasi Pribadi. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.77
Schramm. W. How Communicaltion Works. In W. Schralmm (Ed.), The Process alnd Effects of Malss Communicaltion (pp. 3-26). University of Illinois Press;1954.