Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3826Keywords:
Personal Branding, Instagram, Minat MemilihAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara berdemokrasi, sejumlah tokoh dan politisi mulai aktif menggunakan media sosial. Salah satunya, Ganjar Pranowo yang turut menggunakan media sosial instagram pribadinya sebagai alat personal branding menjelas capres 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya hubungan antara Personal Branding di akun Instagram @ganjar_pranowo dengan Minat memilih Ganjar sebagai calon presiden RI 2024, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian ini didapatkan dari Mahasiswa Fikom Unisba angkatan 2020,2021, dan 2022 yang mengikuti Instagram @ganjar_pranowo sebanyak 70 orang menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Penelitian ini menggunakan uji validitas Pearson R dan uji reliabilitas alpha Cronbach dengan teknik analisis data Rank Spearman. Hasil dari uji validitas dan uji reliabilitas menunjukan bahwa data valid dan reliabel. Berdasarkan koefisien korelasional Rank Spearman semua variabel X menunjukan nilai yang positif dan nilai signifikansi 0,00<0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Dari penelitian ini diperoleh nilai X sebesar 0,659 hal ini berarti Personal Branding yang terdiri dari kekhasan, relevansi, dan konsistensi memiliki hubungan dengan minat memilih Ganjar sebagai Presiden RI.
Indonesia is a democratic country which a number of figures and politicians have begun to actively use social media. one of them, Ganjar Pranowo who also uses his personal Instagram social media as a personal branding tool to explain the 2024 presidential candidate. This research aims to determine the relationship between personal branding on the Instagram account @ganjar_pranowo and interest in choosing Ganjar as the 2024 Indonesian presidential candidate. The method used in this research is a quantitative method with a correlational approach. This research data was obtained from 70 Fikom Unisba students from the 2020, 2021 and 2022 classes who follow Instagram @ganjar_pranowo using data collection techniques in the form of a questionnaire. This research uses the Pearson R validity test and Cronbach's alpha reliability test with the Spearman Rank data analysis technique. The results of the validity test and reliability test show that the data is valid and reliable. Based on the Spearman Rank correlation coefficient, all X variables show positive values and the significance value is 0.00<0.05, which indicates that the relationship that occurs is significant. From this research, an X value of 0.659 was obtained, this means that Personal Branding, which consists of distinctiveness, relevance and consistency, has a relationship with interest in electing Ganjar as President of the Republic of Indonesia.
References
Amadea, I. P., & Hernawati, R. (2023). Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. Jurnal Riset Public Relations, 69–76. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.2049
Ardianti, Elvinaro. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitaitf dan Kualitatif. Bandung. RemajaRosdakarya.
Cangara, Hafied.(2009) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT Raja GrafindoPersada.
Daniel Halim B, Moch.( 2020). Implementasi Personal Branding Gubernur SKI Jakarta Melalui Akun Instagram Pribadi.
Dewi Shofa, Selfia. (2023). Analisis Personal Branding Ayana Moon di Instagram. Surakarta
Dyah Arini, Pamerdi Gili, Seto Herwandito. Analisis Personal Branding Di Media Sosial
Haifa Khoirunnisa Mutiara Ardia, & Nova Yuliati. (2023). Pengelolaan Kesan Petugas Protokoler Berkarakter Islami. Jurnal Riset Public Relations, 41–46. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1962
Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan berkiprah di Dunia Politik.Jakarta. PT GramediaPustaka Utama.
Ilham Akbar Zam Zamy, & Dadi Ahmadi. (2023). Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image. Jurnal Riset Public Relations, 47–54. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1995
Muchammad Faisal Ramadhan, & Rosyad, U. N. (2021). Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.78
Nur, F. E., & Yulianti, N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Konstruksi Kesan Positif tentang Protokoler Unisba. Jurnal Riset Public Relations, 95–100. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3015
Pricyllia, Sherley. (2018). Personal Branding Melalui Instagram. Jakarta.
Rakhmat. Jalaluddin. (2014). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT RemajaRosdakarya.
Rauta, Umbu. (2014). Menggagas Pemilihan Presiden Yang Demokratis dan Aspiratif.
Siregar, Syofian.(2013). Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitaitf. Jakarta. PT BumiAksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta