https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Ekofeminisme dalam Film Dokumenter “Our Mother’s Land”

Authors

  • Annisa Rahyanatuqolbi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Doddy Iskandar Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Dadi Ahmadi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3824

Keywords:

Semiotika, Ekofemnisme, John Fiske

Abstract

Film menjadi media massa untuk merepresentasikan sebuah empiris yang terjadi dalam masyarakat. Film dokumenter “Our Mothers Land” memberitakan ekofeminisme yang dirilis pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk ekofeminisme yang terdapat pada scene-scene film dokumenter Our Mothers’ Land dengan menggunakan semiotika John Fiske. Tulisan ini akan membahas perihal film Our Mother’s Land yang rilis di tengah berita lingkungan yang mencuat pasca sahnya Undang-Undang Minerba dan  Omibus Law Cipta Kerja. Film ini hadir pada format dokumenter yang mendeskripsikan perjuangan warga norma pada mempertahankan tanahnya berasal eksploitasi korporat. Our Mother’s Land penekanan mengangkat kisah-kisah gerakan perlawanan yang digagas serta diorganisir langsung oleh para wanita. Pada film ini terdapat scene-scene yang ingin dicari memahami makna nya melalui teori semiotika milik John Fiske, menggunakan melalui tiga level proses pengkodean asal teori The Codes of Television yaitu level empiris, level representasi, dan  level ideologi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ekofeminisme dalam film Our Mothers’ Land digambarkan oleh sosok para perempuan yang semangat dan tidak pantang menyerah dalam setiap peristiwa melawan perusahaan yang akan mengambil hak warga, seorang yang mampu menjadi pemimpin di dalam masyarakat, walaupun dengan labelnya yang seorang perempuan.

Film is a mass media representing a reality in society. Documentary film “Our Mothers Land” released in 2020 tells about ecofeminism. This study aims to analyze the forms of ecofeminism that exist in the scenes of the documentary film Our Mothers' Land using John Fiske's semiotics. This article will discuss the film Our Mother's Land, released amid environmental issues that arose after the Minerba Law and Job Creation Omnibus Law came into force. This film is presented in a documentary format that depicts the struggle of indigenous peoples in defending their land from corporate exploitation. Our Mother's Land focuses on stories of resistance movements initiated and directly organized by women. In this film there are scenes whose meaning you want to find out through John Fiske's semiotic theory, by going through three levels of the coding process of The Codes of Television theory, namely the level of reality, the level of representation, and the level of ideology. The results of the research show that ecofeminism in the film Our Mothers' Land is depicted by the figures of women who are enthusiastic and never give up in every incident against companies that will take away citizens' rights, someone who is able to become a leader in society, even though she is labeled as a woman.

References

Alfathoni, M.A.M (ed). (2022). Pengantar Teori Semiotika. Bandung. CV. Media Sains Indonesia.

Ariesto Gibran. 2013. Kekerasan Dalam Film Romeo-Juliet (Viking Dan The Jak). Skripsi. Bandung. Program Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Astuti Pudji. 2012. Ekofeminisme Dan Peran Perempuan Dalam Lingkungan. Dalam jurnal Indonesian Journal Of Conservation. Vol.1. No.1 .2012.

Darma, Surya, et al. (2022). Pengantar Teori Semiotika. Bandung: Media Sains Indonesia.

Larasati, Amari Putri. 2021. Marginalisasi Dalam Ranah Publik (Analisis Wacana Kritis Sara Mils Dalam Film Kim Ji-Young Born 1982). Dalam Jurnal Integrasi dan harmonisasi Inovatif Ilmu-ilmu Sosial. Vo.1, N.2, 2021.

Maulidina Sabarina. 2020. Representasi Feminisme Dalam Film 3 Srikandi. Skripsi. Medan. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Muzakiah, A., & Trigartanti, W. (2021). Hubungan antara Tayangan Drama Serial Korea X dengan Minat Mahasiswa menjadi Reporter. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 104–111. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.410

Nasution, Sahara Nurul. 2021. Studi Semiotika Feminisme Tentangt Fil Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. Dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique. Vo.,4, No. 1, 2021.

Ridwan Muhammad. 2021. Analisis Semiotika John Fiske Diskriminasi Ras Kulit Hitam Pada Fil The Hate U Give. Skripsi. Pekanbaru. Program Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau.

Syayekti Dwi. 2021. Feminisme Dalm Film “Tilik”. Skripsi. Ponogoro. KomunikasiDan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Ponogoro.

Vera, Nawiroh. (2013). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015. Wiyatmi. Menjadi Perempuan Terdidik. Yogyakarta:UNY Press.

Downloads

Published

2024-07-22