https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Hubungan antara Citra Merek Universitas Al – Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi

Authors

  • Akbar Hanf Zuhdi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Tia Mutia Umar Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3764

Keywords:

Universitas Al - Azhar, Citra Merek, Pondok Modern Tazakka

Abstract

Universitas Al-Azhar mempunyai reputasi yang sangat baik di kalangan umat muslim di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya hubungan antara citra merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan minat santri untuk melanjutkan studi. Teori yang diuji pada penelitian ini adalah teori citra merek Aaker & Biel (2009) dengan indikator yaitu citra universitas, citra pendidikan, citra alumni yang dikorelasikan dengan teori minat Gie (2014). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian ini didapat dengan para santri Pondok Modern Tazakka sebanyak 77 orang. Penelitian ini menggunakan uji validitas Pearson R dan uji reliabilitas alpha Cronbach dengan teknik analisis data Rank Spearmann. Hasil dari uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa data valid dan reliabel. Berdasarkan koefisien korelasional Rank Spearman semua variabel X menunjukkan nilai yang positif dan nilai signifikansi 0,00<0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Hasil diperoleh nilai X sebesar 0,659 hal ini berarti citra merek yang terdiri dari citra universitas, citra pendidikan, dan citra alumni mempunyai hubungan dengan minat santri melanjutkan studi. Hal ini menjadi bukti bahwa citra merek Universitas Al-Azhar dapat membentuk minat pada santri di Indonesia.

Al-Azhar University has an excellent reputation among Muslims in the world This research aims to determine the relationship between the brand image of Al-Azhar University in Egypt and students' interest in continuing their studies. The theory tested in this research is Aaker & Biel's (2009) brand image theory with indicators namely university image, education image, alumni image which are correlated with Gie's (2014) interest theory. The method used is quantitative with a correlational approach. This research data was obtained from 77 students of Pondok Modern Tazakka. This research uses the Pearson R validity test and Cronbach's alpha reliability test with the Spearmann Rank data analysis technique. The results of the validity test and reliability test show that the data is valid and reliable. Based on the Spearman Rank correlation coefficient, all X variables show positive values ​​and the significance value is 0.00<0.05, which indicates that the relationship that occurs is significant. The results obtained an X value of 0.659, this means that the brand image consisting of the university image, education image and alumni image has a relationship with students' interest in continuing their studies. This is proof that the brand image of Al-Azhar University can shape interest among students in Indonesia

References

Aaker, A. D., & Biel, A. L. (2009). Brand Equity And Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates.

Anwar, C. R., Gani, R., Andriani, & Arkam, N. F. (2022). Pendidik, Pelajar dan Orangtua, Ketika Kelas Berada dalam Genggaman. Jurnal Riset Public Relations, 111–116. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1356

Corrylia Almira Rahma Raissa, & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087

Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai. LP3ES.

Gie, T. L. (2014). Cara belajar yang efektif (Vol. 1). Liberty.

Mahbub, M. A., Jayawinangun, R., & Amaliasari, D. (2023). Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orangtua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit. Jurnal Riset Public Relations, 85–94. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.2482

Maldani, D. I., & Setiawan, E. (2021). Pengalaman Komunikasi Lintas Budaya Mahasiswa Undergraduate Indonesia di Belanda. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 79–89. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.176

Mandasari, J. R. (2023, February 6). Jumlah Mahasiswa Indonesia di Al Azhar Terus Bertambah. Rri.Co.Id.

Mas, S. R., & Haris, I. (2020). Komunikasi Dalam Organisasi (Teori dan Aplikasi). UNG Press.

Purwadi, M. (2022, June 9). 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa. Sindonews.Com.

Qorib, F., Utami Rezkiawaty Kamil, S., Jumrana, & la Tarifu. (2022). Reshaping Today’s Education with Social Media. Jurnal Riset Public Relations, 105–110. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1355

Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Rofiqoh, S. N. I., Sukmana, R., Ratnasari, R. T., Muhammad Nafik HR, Mufidah, Z., Rufaidah, A., & Ala’uddin, M. (2022). Sistematik Literatur Review: Persepsi Mahasiswa Indonesia pada Pembelajaran Elektronik Era Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 117–122. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1358

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta

Downloads

Published

2024-07-22