Hubungan antara Citra Merek Universitas Al – Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3764Keywords:
Universitas Al - Azhar, Citra Merek, Pondok Modern TazakkaAbstract
Universitas Al-Azhar mempunyai reputasi yang sangat baik di kalangan umat muslim di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya hubungan antara citra merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan minat santri untuk melanjutkan studi. Teori yang diuji pada penelitian ini adalah teori citra merek Aaker & Biel (2009) dengan indikator yaitu citra universitas, citra pendidikan, citra alumni yang dikorelasikan dengan teori minat Gie (2014). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian ini didapat dengan para santri Pondok Modern Tazakka sebanyak 77 orang. Penelitian ini menggunakan uji validitas Pearson R dan uji reliabilitas alpha Cronbach dengan teknik analisis data Rank Spearmann. Hasil dari uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa data valid dan reliabel. Berdasarkan koefisien korelasional Rank Spearman semua variabel X menunjukkan nilai yang positif dan nilai signifikansi 0,00<0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Hasil diperoleh nilai X sebesar 0,659 hal ini berarti citra merek yang terdiri dari citra universitas, citra pendidikan, dan citra alumni mempunyai hubungan dengan minat santri melanjutkan studi. Hal ini menjadi bukti bahwa citra merek Universitas Al-Azhar dapat membentuk minat pada santri di Indonesia.
Al-Azhar University has an excellent reputation among Muslims in the world This research aims to determine the relationship between the brand image of Al-Azhar University in Egypt and students' interest in continuing their studies. The theory tested in this research is Aaker & Biel's (2009) brand image theory with indicators namely university image, education image, alumni image which are correlated with Gie's (2014) interest theory. The method used is quantitative with a correlational approach. This research data was obtained from 77 students of Pondok Modern Tazakka. This research uses the Pearson R validity test and Cronbach's alpha reliability test with the Spearmann Rank data analysis technique. The results of the validity test and reliability test show that the data is valid and reliable. Based on the Spearman Rank correlation coefficient, all X variables show positive values and the significance value is 0.00<0.05, which indicates that the relationship that occurs is significant. The results obtained an X value of 0.659, this means that the brand image consisting of the university image, education image and alumni image has a relationship with students' interest in continuing their studies. This is proof that the brand image of Al-Azhar University can shape interest among students in Indonesia
References
Aaker, A. D., & Biel, A. L. (2009). Brand Equity And Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates.
Anwar, C. R., Gani, R., Andriani, & Arkam, N. F. (2022). Pendidik, Pelajar dan Orangtua, Ketika Kelas Berada dalam Genggaman. Jurnal Riset Public Relations, 111–116. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1356
Corrylia Almira Rahma Raissa, & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087
Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai. LP3ES.
Gie, T. L. (2014). Cara belajar yang efektif (Vol. 1). Liberty.
Mahbub, M. A., Jayawinangun, R., & Amaliasari, D. (2023). Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orangtua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit. Jurnal Riset Public Relations, 85–94. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.2482
Maldani, D. I., & Setiawan, E. (2021). Pengalaman Komunikasi Lintas Budaya Mahasiswa Undergraduate Indonesia di Belanda. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 79–89. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.176
Mandasari, J. R. (2023, February 6). Jumlah Mahasiswa Indonesia di Al Azhar Terus Bertambah. Rri.Co.Id.
Mas, S. R., & Haris, I. (2020). Komunikasi Dalam Organisasi (Teori dan Aplikasi). UNG Press.
Purwadi, M. (2022, June 9). 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa. Sindonews.Com.
Qorib, F., Utami Rezkiawaty Kamil, S., Jumrana, & la Tarifu. (2022). Reshaping Today’s Education with Social Media. Jurnal Riset Public Relations, 105–110. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1355
Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 59–66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087
Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.
Rofiqoh, S. N. I., Sukmana, R., Ratnasari, R. T., Muhammad Nafik HR, Mufidah, Z., Rufaidah, A., & Ala’uddin, M. (2022). Sistematik Literatur Review: Persepsi Mahasiswa Indonesia pada Pembelajaran Elektronik Era Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 117–122. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1358
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta