Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3302Keywords:
Digital Public Relations, Strategi, InstagramAbstract
Dalam menghadapi persaingan ketat di industri Food and Beverage (F&B), PT MAP boga, melalui merek unggulannya Pizza Marzano, berhasil mengimplementasikan strategi digital public relations yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teori digital public relations. Dalam menghadapi persaingan ketat di industri Food and Beverage (F&B), PT MAP boga, melalui merek unggulannya Pizza Marzano, berhasil mengimplementasikan strategi digital public relations yang efektif. Analisis mendalam terhadap lingkungan industri F&B memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teori digital public relations. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang di lakukan oleh pizza marzano berhasil karena melalui media instagram banyak konsumen yang antusias dalam menunggu informasi yang di berikan oleh pizza marzano dalam bentuk postingan. Strategi Pizza Marzano bukan hanya membantu membangun citra positif dan meningkatkan keterlibatan konsumen, tetapi juga memperkuat posisi perusahaan di pasar F&B yang kompetitif. Terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren konsumen akan menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing di era digital yang terus berkembang.
In the face of fierce competition in the Food and Beverage (F&B) industry, PT MAP boga, through its flagship brand Pizza Marzano, has successfully implemented an effective digital public relations strategy. This research uses qualitative methods as well as digital public relations theory. In the face of fierce competition in the Food and Beverage (F&B) industry, PT MAP boga, through its flagship brand Pizza Marzano, has successfully implemented an effective digital public relations strategy. In-depth analysis of the F&B industry environment allows companies to tailor this research using qualitative methods as well as digital public relations theory. The results of this study show that the strategy carried out by pizza marzano is successful because through Instagram media many consumers are enthusiastic in waiting for information provided by pizza marzano in the form of posts. Pizza Marzano's strategy not only helps build a positive image and increase consumer engagement, but also strengthens the company's position in the competitive F&B market. Continuing to adapt to technological developments and consumer trends will be key to maintaining competitiveness in the ever-evolving digital era.
References
Dr. Irene Silviani, M. S. P., Prabudi Darus, S. M. I., & Pustaka, S. M. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Scopindo Media Pustaka.
Hermawan, E. (2020). Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 140. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1028
Kartikasari, N. (2017). Viral: Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital. Gramedia Pustaka Utama.
Muchammad Faisal Ramadhan, & Rosyad, U. N. (2021). Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.78
Mboeik, C., Ana Andung, P., & Mandaru, S. S. E. (2020). Praktik Digital Public Relations dalam Upaya Meningkatkan Citra Positif Perusahaan PT. PLN (Persero) UIW NTT. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(2), 40–54. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i2.4207
Onggo, B. J. (2004). Cyber Public Relations. Elex Media Komputindo.
Paramesti, A., & Setyanto, Y. (2022). Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi. Kiwari, 1(1), 62. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15508
Paramita, I., & Adawiyah, S. El. (2021). Model Customer Relationship Management Dalam Komunikasi Bisnis Pt Kalibrasi Instrumen Bersama. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 140. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.140-152
Rachmansyah, M. R., & Palapah, M. A. O. (2023). Promosi Concept Store melalui Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 7–14. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1798
Rahman, F. A., & Fahmi, M. H. (2022). Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi. Jurnal Riset Public Relations, 35–41. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.881
Saputra, N., & Marta, R. F. (2020). Optimalisasi Model Strategi Public Relations Museum Penerangan dalam Membentuk Citra Publik. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.37715/calathu.v2i1.1257
Sonani, N., & Sudrajat, A. P. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Brand Awareness. … Kepada Masyarakat, 1(3).
Thareeq Akbar Perkasa, & Rafinita Aditia. (2023). Strategi Komunikasi Kepemimpinan : Suatu Tinjauan Teoritis. Journal of Student Research, 1(2), 367–377. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1042